Keunggulan Reksa Dana

Cara Memilih Reksa Dana Terbaik
August 28, 2019
KENALI PROFIL RISIKO SEBELUM MEMULAI INVESTASI
September 9, 2019
Show all

Keunggulan Reksa Dana

Investasi Reksa Dana semakin populer dari hari ke hari. Banyak orang tertarik untuk berinvestasi Reksa Dana karena tertarik dengan manfaat Reksa Dana dan kelebihan-nya. Tapi, kamu tahu nggak sih Reksa Dana itu apa. Buat yang belum tahu, Reksa Dana adalah instrumen investasi yang menjadi wadah bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi di Pasar Modal melalui jasa Manajer Investasi.

Di Indonesia, ada 4 jenis Reksa Dana yang populer, yaitu:

  • Reksa Dana pasar uang
  • Reksa Dana saham
  • Reksa Dana pendapatan tetap
  • Reksa Dana campuran

Walaupun Reksa Dana pasti tetap memiliki risiko, namun risiko-risiko yang ada bisa dimitigasi dengan perencanaan dan manajemen investasi yang baik. Buat kamu yang sedang menimbang-nimbang untuk menginvestasikan uang pada Reksa Dana, harus tahu dulu kelebihan instrumen ini dibandingkan instrumen yang lain. Untuk membantu, berikut adalah keunggulan Reksa Dana yang tidak dimiliki instrumen investasi lain. Yuk, kita simak!

  1. Mudah Dipahami
Sumber gambar: Pexels

Reksa Dana adalah produk investasi yang sangat mudah dipahami dan dipraktikkan. Untuk memulainya, hanya perlu membeli unit penyertaan. Selanjutnya, segala transaksi menyangkut trade atau sell akan dilakukan oleh Manajer Investasi.

Setiap bulannya, Manajer Investasi akan mengirimkan laporan mengenai perkembangan investasi. Kamu bisa melihat sejauh mana imbal hasil yang didapatkan. Keuntungan investasi Reksa Dana satu ini sangat pas bagi anda yang tidak memiliki pengetahuan atau masih awam tentang dunia investasi, terlebih di bidang Pasar Modal.

2. Untuk Memulai Tidak Butuh Dana Besar

Sumber gambar: Pexels

Seperti sudah disinggung di awal artikel, Reksa Dana merupakan wadah pengelolaan dana yang ditangani oleh Manajer Investasi. Dana yang mereka kelola adalah kumpulan dana dari berbagai investor. Dengan sistem seperti ini, investor tidak harus berinvestasi dalam jumlah besar. Keuntungannya, cara ini membuat anda dapat memiliki saham unggulan berharga tinggi dengan uang yang tidak terlalu besar. Namun, saat harga unit penyertaan Reksa Dana meningkat dan mengalami untung, setiap profitnya akan dibagi secara adil sesuai jumlah unit penyertaan yang dimiliki masing-masing investor.

3. Risiko Investasi Rendah

Sumber gambar: Pexels

Salah satu cara untuk menurunkan tingkat risiko adalah mendiversifikasi portofolio investasi. Maksudnya, investasi tidak hanya dititikberatkan pada satu Efek atau instrumen investasi saja. Contoh, bila Reksa Dana-mu menempatkan dana investasi di 10 saham dan 4 mengalami resiko loss, jangan khawatir karena bisa saja investasi di 6 saham lain tidak mengalami kerugian bahkan risiko gain. Artinya, risiko kerugian yang dialami investor jadi berkurang.

4. Dikelola Oleh Profesional

Sumber gambar: Pexels

Di Reksa Dana, dana yang kamu berikan akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional. Untuk kamu pemula yang tak mengerti apapun tentang investasi, apalagi investasi pasar modal, lebih baik berinvestasi di Reksa Dana karena dana tersebut dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi dan diawasi oleh OJK.

5. Transparan

Sumber gambar: Pexels

Dalam investasi Reksa Dana, Manajer Investasi akan membuka segala transaksi yang melibatkan dana investasimu. Misalnya, informasi seputar perkembangan portfolio, biaya, resiko bahkan laporan keuangan juga dirilis setiap setengah tahun dan satu tahun sekali. Hal ini membuatmu memonitor perkembangan investasi yang kamu miliki.

6. Likuiditas Tinggi

Sumber gambar: Pexels

Reksa Dana disebut memiliki likuiditas tinggi karena kamu dapat menjual Unit Penyertaan Reksa Dana-mu (redemption) kapanpun kamu mau. Dengan catatan pada hari bursa yaa, dan kamu akan mendapatkan dana hasil redemption-mu maksimal dalam 7 hari bursa.

7. Mudah Mendapatkannya

Sumber gambar: Pexels

Saat ini Reksa Dana sangat mudah didapatkan. Kamu bisa membeli Reksa Dana di Manajer Investasi, Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD), maupun secara online melalui platform transaksi elektronik.

8. Keuntungan Tidak Dikenai Pajak

Sumber gambar: Pexels

Keuntungan yang diterima investor dari Reksa Dana bukan termasuk objek pajak. Hal ini berbeda dengan produk investasi lainnya yang mana akan mengenakan pajak pada setiap pendapatan atau keuntungan. Pada dasarnya, pajak sudah terbayarkan dalam perhitungan harga Reksa Dana.

9. Aman


Sumber gambar: Pexels

Reksa Dana dikatakan aman, karena selain sebelum ditawarkan ke masyarakat harus mendapatnya pernyataan efektif dari OJK, pihak pengelola yaitu Manajer Investasi, pihak pengadministrasian dan penyimpanan aset yaitu Bank Kustodian, dan pihak lain yang terlibat dalam pembentukan, pengelolaan dan pemasaran Reksa Dana wajib memiliki izin dari OJK.

Reksa Dana, Manajer Investasi, Bank Kustodian, APERD, Gerai penjualan dalam melakukan tugasnya diawasi oleh OJK.

Jika Manajer Investasi dicabut izin usahanya, bangkrut, atau pailit, kamu tidak perlu khawatir karena kekayaan Reksa Dana terpisah dari kekayaan Manajer Investasi, dan disimpan di Bank Kustodian sehingga tidak dapat menjadi budel pailit (bankrupty remote). Bagaimana? Mulai tertarik untuk berinvestasi reksa dana nggak? Kalau kamu memiliki dana yang terbatas namun punya niat yang tinggi untuk berinvestasi, kamu bisa coba jenis investasi ini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *