3 Hal Berguna yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menunggu Tanggal Wisuda

Reksa Dana Semakin Populer, nih! Ini Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Reksa Dana
May 31, 2019
Investasi Reksa Dana Syariah, Apa Bedanya dengan Reksa Dana Konvensional?
June 10, 2019
Show all

3 Hal Berguna yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menunggu Tanggal Wisuda

Bagaimana persaan kamu setelah berhasil melewati ujian demi ujian dalam menyelesaikan kuliahmu? Pasti lega dan senang ya? Nah, kalau kamu saat ini baru saja menyelesaikan skripsimu dan sedang menunggu tanggal wisuda 1 atau 2 bulan lagi serta belum menerima transkrip nilai dan surat keterangan lulus sehingga belum bisa mendaftar kerja atau melanjutkan program pasca sarjana, ada baiknya kamu mengisi hari-harimu dengan hal yang berguna. Mumpung masih segar banyak hal yang dapat kamu lakukan agar masa kosongmu tidak lewat begitu saja tanpa hasil. Berikut 3 hal yang dapat kamu lakukan saat menunggu tanggal wisuda, yaitu:

1. Ikut Kursus Bahasa Asing
Salah satu hal penting yang dapat membantu meningkatkan daya saing di era globalisasi ini adalah kemampuan berbahasa asing. Jika dahulu sumber daya manusia di Indonesia cukup menguasai Bahasa Inggris, saat ini ada baiknya kamu menambah kemampuan Bahasa asing kamu. Beberapa Bahasa asing yang kerap digunakan di dunia selain Bahasa Inggris adalah Bahasa Mandarin, Jepang, dan Prancis. Kamu dapat memilih untuk mengikuti kursus Bahasa sesuai dengan minat atau target tempat kamu kelak melanjutkan pendidikan pasca sarjana atau bekerja ya.

2. Mengembangkan Bakat Bisnis
Hal kedua yang dapat kamu lakukan disela-sela waktu kosongmu adalah belajar mengembangkan usaha. Sebagai millennial, saat ini kamu memiliki lebih banyak kesempatan dalam berbisnis. Tidak hanya secara konvensional, saat ini kamu bahkan dapat memulai berbisnis modern dengan modal minimal yakni menjadi reseller dan memasarkan produk secara online. Adanya sarana dan prasarana digital ini akan mempermudah langkahmu dalam berbisnis. Tidak hanya berjualan produk fisik, kamu bahkan dapat mengembangkan bisnis jasa kecil-kecilan dengan modal minimal dan bisa kamu lakukan dirumah. Misalnya, kamu memiliki hobi menggambar digital dan kamu tahu bahwa hal tersebut dapat menjadi peluang dalam menambah penghasilan, kamu dapat memanfaatkan social media, website atau platform-platform digital lainya untuk memasarkan produkmu. Menarik bukan?
3. Memulai Berinvestasi untuk Menyiapkan Masa Depan
Pasti sebagian dari kalian akan kaget ketika mendengar hal ini. Bagaimana mungkin belum bekerja dan berpenghasilan namun dapat berinvestasi? Jika saat ini kamu masih merasa hal tersebut tidak mungkin, saatnya kamu menjadi lebih optimis nih, karena jawabannya kamu bisa berinvestasi sejak dini meskipun tidak memiliki modal dalam nominal yang besar. Saat ini di Indonesia sedang berkembang pesat salah satu jenis investasi yang mudah dan dapat dimulai oleh siapapun sejak dini. Investasi tersebut adalah Reksa Dana. Reksa Dana adalah wadah guna menghimpun dana dari investor yang kemudian akan dikelola oleh perusahaan Manajer Investasi untuk dioperasikan dalam berbagai instrumen investasi seperti obligasi, saham, dan deposito. Hal yang menarik dari Reksa Dana ini, investor dapat menjadi pemodal dengan modal kecil mulai dari Rp10,000 saja. Inilah yang membuat kamu sebagai fresh graduate dapat dengan segera memulai berinvestasi. Meskipun dimulai dengan modal yang kecil, Reksa Dana ini dapat menjanjikan investornya bunga yang lebih besar daripada tabungan. Bunga atau keuntungan yang bisa kamu dapatkan berkisar antara 2% hingga 15% tergantung pada jenis Reksa Dana yang kamu pilih. Adapun jenis-jenis Reksa Dana antara lain; Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran dan Reksa Dana Saham. Masing-masing dari jenis Reksa Dana tersebut memiliki ciri khas, resiko dan keuntungan yang berbeda. Nah itu dia 3 hal yang dapat kamu lakukan sambil menunggu tanggal wisuda ya. Jadi, sebelum mulai sibuk bekerja atau sibuk mempersiapkan sekolah lanjutanmu, pastikan waktu luangmu terisi dan bermanfaat.

Sumber : cekaja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *