5 Kelebihan Investasi Reksa Dana Yang Wajib Kamu Ketahui

Tujuh Keunggulan Berinvestasi di Reksa Dana
September 25, 2019
Cara Kerja Reksa Dana Terproteksi
October 9, 2019
Show all

5 Kelebihan Investasi Reksa Dana Yang Wajib Kamu Ketahui

Ada kalanya kamu merasa kebutuhan saat ini kok banyak banget, sedangkan gaji (masih) kecil ataupun belum turun dan uang belum mencukupi untuk membeli langsung secara kontan. Mungkin dalam mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil, kamu bisa mempertimbangkan untuk berutang. Eits, yang mau dibahas kali ini bukan sembarang ngutang lho, yaitu cicilan utang yang bisa kamu manfaatkan melalui kartu kredit yang kamu pakai.

Misalnya saja kamu baru pindah tempat tinggal dan kamu memiliki beberapa kebutuhan dasar yang kamu perlukan, ketika dikumpulkan kok totalnya jadi banyak banget ya? Nah, kalau seperti ini, mungkin cicilan utang bisa menjadi salah satu pertimbangannya.

Emang boleh ngutang?

Boleh saja asal berutang dijadikan pilihan terakhir serta kamu tahu bagaimana caranya mengatur cicilan utang yang sehat. Kalau kamu memiliki kartu kredit, manfaatkan dengan baik fitur dan promo yang diberikan oleh provider kartu kredit kamu. Tentukan juga utang yang kamu lakukan untuk membeli barang itu merupakan keinginan atau kebutuhan.

Nah bagi kamu yang berniat untuk berinvestasi, Reksa Dana bisa menjadi salah satu produk investasi yang tepat untuk kamu. Dalam artikel ini kita akan mengenal kelebihan investasi yang ditawarkan oleh Reksa Dana. Tak kenal maka tak sayang, peribahasa tersebut cocok untuk menggambarkan kenapa kamu harus ‘mengenal’ kelebihan investasi Reksa Dana.

Berikut ini lima kelebihan berinvestasi di Reksa Dana:

  1. Biaya Rendah, Untung Maksimal

Alasan utama Reksa Dana cocok untuk generasi millennials adalah biaya awal yang sangat murah, mulai dari Rp 10.000 kamu sudah bisa mulai merasakan manfaat berinvestasi Reksa Dana!  Lebih murah dari biaya sekali makan kan.

Modal yang minim bukan berarti juga keuntungan yang minim. Rata-rata investasi Reksa Dana bisa memberikan imbal hasil hingga 20% dalam waktu satu tahun. Menurut data Bloomberg keuntungan tersebut beberapa persen di atas keuntungan berinvestasi emas.

  • Dikelola oleh Manajer Investasi profesional

Keterbatasan waktu dan pengetahuan untuk melakukan analisa investasi, bukan merupakan sebuah hambatan dalam investasi Reksa Dana. Pengelolaan investasi Reksa Dana kamu sepenuhnya akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Masalah fee Manajer Investasi? Kamu tidak perlu pusing-pusing memikirkan hal tersebut. Karena sifat investasi Reksa Dana merupakan kumpulan dari banyak investor, maka fee Manajer Investasi akan dibagi rata oleh semua investor yang dananya ia kelola. Dengan cara itu fee Manajer Investasi akan menjadi terjangkau.

  • Aman

Jangan takut dana mu akan dibawa kabur oleh Manajer Investasi atau pihak tidak bertanggung jawab lainnya. Dana investasi Reksa Dana kamu tidak langsung dipegang oleh Manajer Investasi. Namun dana tersebut tersimpan di rekening bank khusus atas nama Reksa Dana yang diadministrasikan oleh bank kustodian.

  • Berbasis Online

Saat ini sudah banyak investasi Reksa Dana yang berbasis online. Kamu bisa dengan mudah melakukan transaksi pembelian maupun penjualan Reksa Dana melalui laptop dan smartphone.

  • Transparan

Kamu dapat dengan mudah dan jelas melihat informasi perkembangan portofolio dan biaya secara terus menerus. . Kamu bisa memantau keuntungan investasi Reksa Dana, biaya, serta risiko setiap saat secara online. Manajer Investasi sebagai pengelola Reksa Dana juga wajib mengumumkan Nilai Aktiva Bersih setiap hari di surat kabar dan menerbitkan laporan keuangan tengah tahunan dan tahunan juga prospektus yang dilakukan secara teratur.

Gimana Sobat Reksa Dana, sudah tertarik untuk mulai berinvestasi Reksa Dana? Jangan lupa untuk selalu mengikuti info tentang Reksa Dana di Instagram @reksadanacom ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *