5 Tanya Jawab Seputar Investasi Reksa Dana, Part 1.

hal-hal-yang-perlu-dilakukan-sebelum-berinvestasi-reksa-dana
Hal-hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Berinvestasi Reksa Dana
August 2, 2021
5-tanya-jawab-seputar-investasi-reksa-dana-part-2
5 Tanya Jawab Seputar Investasi Reksa Dana, Part 2
August 12, 2021
Show all

5 Tanya Jawab Seputar Investasi Reksa Dana, Part 1.

5-tanya-jawab-seputar-investasi-reksa-dana-part-1

Apa yang Anda pikirkan ketika Anda mendengar tentang investasi Reksa Dana? Reksa Dana ialah  investasi  dimana dananya dikelola oleh Manajer Investasi ke dalam portofolio efek.

Sekitar 1,6% dari total populasi penduduk Indonesia merupakan investor Reksa Dana.  Tentu jumlah ini akan terus bertambah seiring meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang Reksa Dana.

Artikel kali ini berisi tanya jawab seputar Reksa Dana yang paling banyak ditanyakan oleh masyarakat.

  • Apa Itu Reksa Dana ?

Reksa Dana ialah investasi kolektif yang dananya dikelola oleh Manajer Investasi untuk selanjutnya diinvestasikan ke dalam portofolio efek seperti saham, obligasi, dan instrument pasar uang.

Meskipun dana dikelola oleh Manajer Investasi, tetapi ada Bank Kustodian yang bertugas menyimpan kekayaan Reksa Dana Apa Dasar Hukum Reksa Dana?

Dasar hukum tentang Reksa Dana ada pada Undang-undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995, dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan yang mengatur mengenai Reksa Dana, salah satunya POJK Nomor 23/POJK.04/2016 tentang Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif, dan juga peraturan perubahannya POJK 2/POJK.04/2020.

Pasal 1 ayat (27) Undang-undang Pasar Modal menyatakan “Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.”

  • Kenapa Harus Pilih Reksa Dana?

Reksa Dana adalah alternatif investasi bagi investor yang serba terbatas, baik dari segi waktu, pengetahuan tentang investasi maupun dana. Mengapa? karena investor tidak perlu  melakukan analisa teknikal atau fundamental seperti pada saham dan mengelola portofolio sendiri, namun ada Manajer Investasi yang akan mengelola dana Reksa Dana. Jadi, bagi Anda yang memiliki keterbatasan waktu dan pengetahuan dalam mengelola investasi, bisa memilih Reksa Dana.

Selain itu, Reksa Dana adalah investasi kolektif jadi hanya dengan minimal dana  Rp 100rb (bahkan ada yang minimal investasinya Rp 10rb) Anda sudah bisa berinvestasi. Tentu dana ini cukup ringan terutama bagi Anda yang hanya memiliki dana terbatas.

  • Apa Saja Jenis Reksa Dana?

Secara umum, Reksa Dana terbagi menjadi empat jenis. Pertama, Reksa Dana pasar uang, yang dananya hanya ditempatkan pada instrument pasar uang seperti deposito dan/atau efek bersifat utang seperti obligasi yang jangka waktunya tidak lebih dari satu tahun. Kedua, Reksa Dana pendapatan tetap, yang mayoritas dananya (paling sedikit 80%) diinvestasikan pada surat utang seperti obligasi.

Ketiga, Reksa Dana saham, yang paling sedikit 80%  dananya di tempatkan pada saham. Keempat, Reksa Dana campuran, yakni Reksa Dana yang menempatkan dananya pada berbagai efek  seperti saham, obligasi dan/atau instrumen pasar uang . Investasi pada berbagai efek tersebut paling banyak 79%, dimana wajib terdapat efek saham dan efek bersifat utang.

  • Bagaimana Cara Jual-Beli Reksa Dana

transaksi jual beli Reksa Dana sangat mudah dilakukan. Untuk membeli atau berinvestasi Reksa Dana, Anda perlu mencari produk Reksa Dana yang sesuai dengan tujuan investasi dan profil risiko Anda, pilih Manajer Investasinya, dan lakukan pembelian (subscription) dengan melakukan pembayaran.

Itulah 5 tanya jawab seputar Reksa Dana yang paling umum ditanyakan. Semoga menambah wawasan Anda tentang investasi Reksa Dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *