Alasan Kenapa Harus Coba Investasi Reksa Dana

5-kesalahan-investasi-reksa-dana-yang-wajib-dihindari-investor-pemula
5 Kesalahan Investasi Reksa Dana yang Wajib Dihindari Investor Pemula
May 13, 2020
kapan-dan-bagaimana-mencairkan-reksa-dana
Kapan dan Bagaimana Mencairkan Reksa Dana?
May 27, 2020
Show all

Alasan Kenapa Harus Coba Investasi Reksa Dana

alasan-kenapa-harus-coba-investasi-reksa-dana

Masih banyak yang beranggapan bahwa “Investasi butuh modal yang besar,  Investasi risikonya tinggi dan prosesnya ribet.” Padahal hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar jika investasi yang Anda pilih dan proses yang Anda lalui untuk berinvestasi dilakukan dengan benar.  Ada loh investasi yang mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan modal yang besar, Reksa Dana misalnya.

 Reksa Dana adalah produk investasi berupa kumpulan dana masyarakat untuk kemudian dikelola dan diinvestasikan ke portofolio efek Pasar Modal oleh Manajer Investasi. Investasi  Reksa Dana bukanlah investasi tanpa risiko, karena produk ini berinvestasi pada efek Pasar Modal yang nilainya terus berfluktuasi. Namun, tidak perlu khawatir berlebihan, karena di Reksa Dana ada yang namanya teknik diversifikasi, yaitu membagi risiko kedalam beberapa portofolio efek, sehingga dapat meminimalisir risiko investasi.  Yang harus Anda perhatikan dalam berinvestasi Reksa Dana adalah memilih Manajer Investasi dan Reksa Dana dengan benar dan tepat untuk Anda. Ingat ya, bahwa tidak ada yang Namanya janji imbal hasil pasti dalam Reksa Dana.

Lalu, Mengapa harus berinvestasi Reksa Dana? Berikut beberapa alasan tepat mengapa Anda  harus coba investasi Reksa Dana.

  • Modal yang Cukup Terjangkau

Berkaitan dengan modal, investasi Reksa Dana termasuk investasi yang cukup terjangkau. Pasalnya kamu sudah bisa berinvestasi hanya dengan modal Rp100 ribu saja bahkan beberapa produk Reksa Dana ditawarkan mulai dari Rp10 ribu. Hanya dengan modal minim,  Anda sudah bisa menjadi seorang investor yang turut serta memiliki saham di beberapa perusahaan terkenal. Tentunya besar kepemilikannya disesuaikan dengan porsi kepemilikan Anda di Reksa Dana.

Hal ini sangat memudahkan terutama bagi investor pemula yang sangat awam akan investasi untuk berani mencoba berinvestasi. Juga menjadi solusi bagi Anda  yang masih cemas berinvestasi dengan jumlah yang besar dan menghadapi risiko tinggi.

  • Pengelolaan Dana Secara Profesional

Selain terjangkau, Reksa Dana juga memiliki keunggulan yakni sistem pengelolaannya yang dilakukan oleh profesional yaitu Manajer Investasi. Jadi, Anda  tidak perlu repot-repot mengelola Investasi sendiri. Tidak perlu bisa membaca pergerakan saham, maupun menganalisa perusahaan manakah yang akan Anda  beli sahamnya. Cukup berinvestasi, dana Anda   akan dikelola dengan baik.

Hemat waktu, tenaga, dan pikiran, bukan ?

Yang Anda harus lakukan hanyalah bijak dalam memilih Manajer Investasi untuk mengelola dana Anda. Cari tau pengalaman, track record, dan kinerja Manajer Investasi sebelum memutuskan berinvestasi. Kemudian pilih Reksa Dana yang tepat sesuai tujuan investasi Anda.

  • Investasi yang Ter-Diversifikasi

Alasan ketiga mengapa kamu harus coba investasi Reksa Dana ialah bahwa Reksa Dana merupakan investasi yang ter-diversifikasi. Artinya, Manajer Investasi akan menempatkan dana investasi Reksa Dana ke berbagai  portofolio efek Pasar Modal dan instrument pasar uang.

Pembagian portfolio ini cukup penting untuk diperhatikan karena bertujuan meminimalisir risiko. Jika kamu mengalami kerugian pada satu efek maka masih ada efek  lainnya yang masih untung. Diversifikasi memperhatikan komposisi mana yang paling menguntungkan dan meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

  • Mudah Berinvestasi

Investasi Reksa Dana sangat mudah dilakukan karena bisa dilakukan secara offline dengan mengunjungi kantor Manajer Investasi atau kantor cabang Agen Penjual Efek reksa Dana (APERD) seperti Bank, dan secara online melalui website dan aplikasi elektronik.. Baik transaksi  pembelian (subscription), penjualan (redemption), maupun pengalihan (switching) Reksa Dana dapat dilakukan secara online  melalui aplikasi/situs yang telah disediakan oleh Manajer Investasi, APERD atau gerai penjualan Reksa Dana. Selain itu, untuk memantau pergerakan Nilai Aktiva Bersih (NAB)/Unit Penyertaan juga dapat dilakukan secara online melalui AKSes KSEI.

  • Aman dan Transparan

Selain mudah, investasi Reksa Dana juga aman dan transparan. Mengapa transparan? Karena Anda  akan mendapatkan bukti/surat konfirmasi setiap Anda melakukan transaksi dan laporan kepemilikan Unit Penyertaan Reksa Dana setiap bulannya.   Anda juga dapat memantau dana investasi Anda setiap saat melalui AKSes KSEI, atau situs website/aplikasi yang disediakan oleh Manajer Investasi, APERD, atau gerai penjualan Reksa Dana.

Mengapa aman? karena harta  Reksa Dana disimpan oleh pihak ketiga yang independen, yaitu di Bank Kustodian, bukan Manajer Investasi.. Selain itu, harta Reksa Dana diadministrasikan tersendiri, terpisah dari rekening Manajer Investasi dan Bank Kustodian, dan tidak termasuk boedel pailit (bankruptcy remote). Itulah beberapa alasan mengapa kamu wajib coba investasi Reksa Dana. Selamat Berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *