Apa Arti NAB dalam Investasi Reksa Dana?

menuai-berkah-bersama-reksa-dana-syariah
Menuai Berkah bersama Reksa Dana Syariah
June 7, 2021
perbedaan-reksa-dana-syariah-dengan-konvensional
Perbedaan Reksa Dana Syariah dengan Konvensional
June 11, 2021
Show all

Apa Arti NAB dalam Investasi Reksa Dana?

apa-arti-nab-dalam-investasi-reksa-dana

Sebagai investor, Anda harus tahu istilah-istilah dalam berinvestasi sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu produk investasi. Dalam Reksa Dana ada berbagai macam istilah investasi yang perlu dipahami, salah satunya ialah NAB atau singkatan dari Nilai Aktiva Bersih. Istilah NAB sendiri berawal dari istilah Net Asset Value (NAV).

Sederhananya, istilah NAB dalam Reksa Dana diartikan sebagai gambaran dari aset atau total dana kelolaan suatu Reksa Dana yang dikelola oleh Manajer Investasi. NAB dihitung berdasarkan total nilai portofolio efek dalam Reksa Dana, dikurangi biaya operasional seperti biaya Manajer Investasi, biaya Bank Kustodian, pajak, dan sebagainya. Agar lebih paham tentang NAB, Anda juga perlu tahu istilah-istilah lainnya yang berkaitan, seperti:

UP atau Unit Penyertaan, yaitu nilai yang menyatakan besar kepemilikan investor atas suatu Reksa Dana. Investor yang membeli Reksa Dana akan mendapatkan nilai investasi dalam satuan UP (unit penyertaan).

NAB/UP yaitu Nilai Aktiva Bersih per jumlah unit penyertaan atau biasa disebut juga harga Reksa Dana.

Faktor Yang Memengaruhi NAB

NAB dalam investasi Reksa Dana setiap waktu  bisa berubah, berfluktuasi mengikuti harga pasar dari portofolio efek yang menjadi underlying Reksa Dana.

Faktor eksternal seperti kondisi perekonomian suatu negara juga bisa mempengaruhi harga pasar sehingga juga mempengaruhi NAB.

Selain itu, dari faktor internal fundamental perusahaan dimana saham atau surat utang perusahaan tersebut dimiliki oleh Reksa Dana, juga mempengaruhi pergerakan NAB. Lalu apa dampak dan pengaruh NAB dalam investasi Reksa Dana?

Tentunya besar kecilnya NAB mempengaruhi cara kerja Manajer Investasi dalam mengelola Reksa Dana. Semakin besar NAB, semakin leluasa Manajer Investasi untuk bisa memaksimalkan investasi. Besarnya NAB suatu Reksa Dana juga biasanya menjadi patokan investor untuk memilih Reksa Dana tersebut, karena dianggap bisa menggambarkan tingkat kepercayaan investor terhadap Reksa Dana tersebut.. Berdasarkan peraturan, suatu Reksa Dana wajib memiliki dana kelolaan minimal Rp10 Miliar.

Perhitungan NAB dalam investasi Reksa Dana dilakukan oleh Bank Kustodian setiap hari bursa. Investor baru bisa mengetahui NAB hari bursa hari ini pada hari bursa berikutnya.

Perhitungan NAB Secara Sederhana

Berdasarkan peraturan Otoritas Jasa keuangan (OJK, NAB/UP awal ditetapkan sebesar Rp1.000 . Seiring berjalannya waktu NAB/UP berubah sesuai dengan pergerakan  harga pasar portofolio efek yang menjadi underlying Reksa Dana Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, NAB adalah total kekayaan suatu Reksa Dana, dihitung dengan menjumlahkan total harga pasar dari portofolio efek Reksa Dana ditambahkan dengan pencadangan bunga dari surat utang atau deposit, dikurangi biaya operasional. NAB adalah nilai yang sudah bersih.

Sedangkan NAB/UP dihitung dengan membagi NAB dengan total UP yang dimiliki oleh seluruh investor Reksa Dana.

Sebagai contoh, Anda  berinvestasi pada  Reksa Dana XYZ sebesar Rp5 juta, dimana  NAB/UP Reksa Dana tersebut pada saat pembelian adalah sebesar  Rp1.500. Kita asumsikan biaya atau fee pembelian Reksa Dana adalah 0. Sehingga unit penyertaan Reksa Dana yang kita Anda dapatkan ialah sebanyak Rp5 juta dibagi Rp1.500, yakni 3.333,3 unit.

Setelah setahun berinvestasi, Anda ingin menjual Reksa Dana XYZ, dan NAB/UP Reksa Dana pada saat tersebut sebesar Rp2.000, maka dana hasil redemption yang Anda dapatkan adalah sebesar harga NAB/UP dikali jumlah unit penyertaan Anda, yakni Rp2.000 dikali 3.333,3 = Rp6.666.600.

Besar kecilnya NAB/UP tidak menunjukkan apakah murah atau mahal suatu Reksa Dana, akan tetapi bisa digunakan sebagai acuan harga ketika ingin menjual dan membeli Reksa Dana. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *