Apa itu Prospektus Reksa Dana?

bagaimana-cara-melihat-prospektus-dan-fund-fact-sheet-reksa-dana
Bagaimana Cara Melihat Prospektus dan Fund Fact Sheet Reksa Dana?
March 9, 2022
perbedaan-reksa-dana-dengan-saham
Perbedaan Reksa Dana dengan Saham
March 16, 2022
Show all

Apa itu Prospektus Reksa Dana?

apa-itu-prospektus-reksa-dana

Anda mungkin sering mendengar istilah Prospektus Reksa Dana. Namun apakah Anda tau pengertian Prospektus Reksa Dana dan seberapa pentingnya membaca Prospektus sebelum berinvestasi Reksa Dana? Kali ini, kita akan mengulas sedikit tentang Prospektus Reksa Dana dan pentingnya dalam investasi Reksa Dana..

Tidak dipungkiri bahwa ada sebagian investor yang melakukan pembelian Reksa Dana tanpa membaca Prospektus Reksa Dana terlebih dahulu. Padahal dengan membaca Prospektus kita dapat mengetahui informasi detail mengenai produk Reksa Dana yang akan kita beli.

Apa itu Prospektus Reksa Dana?

Prospektus Reksa Dana adalah dokumen tertulis yang berisikan setiap informasi mengenai suatu produk Reksa Dana. Prospektus merupakan dokumen resmi penawaran Reksa Dana. Manajer Investasi wajib menyediakan Prospektus terbaru untuk para investor. Prospektus dilarang memuat informasi yang tidak benar atau tidak memuat fakta material yang dibutuhkan, agar informasi yang termuat dalam Prospektus tidak memberikan gambaran yang menyesatkan.

Apa saja informasi yang bisa kita dapatkan di dalam Prospektus ?

Prospektus mencakup semua rincian informasi dan fakta material mengenai Reksa Dana.

Pada bagian luar kulit muka Prospektus terdapat informasi mengenai nama Reksa Dana, dasar hukum, alamat, logo, nomor telepon, tanggal efektif, masa penawaran (jika ada), kebijakan investasi, harga penawaran sama dengan NAB per unit penyertaan, biaya penjualan kembali unit penyertaan/pelunasan, biaya pengalihan, nama Manajer Investai, nama Bank Kustodian, tempat dan tanggal Prospektus diterbitkan, dan sebagainya.

Pada bagian dalam Prospektus terdapat daftar isi serta istilah dan definisi yang berkaitan dengan investasi Reksa Dana. Terdapat informasi mengenai Reksa Dana seperti pendirian Reksa Dana, penawaran, penempatan dana awal, ikhtisar keuangan singkat Reksa Dana, dan pengelola Reksa Dana. Kemudian informasi mengenai Manajer Investasi, informasi mengenai Bank Kustodian, yang mencakup pengalaman Manajer Investasi, pengalaman Bank Kustodian, pihak yang terafiliasi dengan Manajer Investasi, pihak yang terafiliasi dengan Bank Kustodian. Lalu informasi mengenai tujuan investasi, kebijakan investasi, kebijakan pembagian hasil investasi, metode penghitungan nilai pasar wajar dari efek dalam portfolio Relsa Dana, alokasi biaya, perpajakan, faktor risiko yang utama, hak investor, pendapat hukum dari konsultan hukum Pasar Modal, lapoan keuangan Reksa Dana yang telah di audit oleh akuntan, tata cara pembelian, tata cara penjualan kembali/pelunasan, mekanisme pembubaran dan likuidasi, dan hal-hal lain yang material untuk diketahui oleh investor.

Diharapkan dengan membaca Prospektus, investor telah memahami produk Reksa Dana yang akan dibelinya, sehingga dapat memaksimalkan tujuan berinvestasi.

Selamat berinvestasi dengan benar Sobat Reksa Dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *