Apa Saja Tugas dan Kewajiban Manajer Investasi?

Ketahui Hak-hak Investor Reksa Dana
Ketahui Hak-hak Investor Reksa Dana
March 24, 2020
Reksa Dana Campuran, Bagaimana Cara Kerjanya?
Reksa Dana Campuran, Bagaimana Cara Kerjanya?
March 27, 2020
Show all

Apa Saja Tugas dan Kewajiban Manajer Investasi?

Reksa Dana di Indonesia termasuk jenis investasi yang sedang berkembang. Investasi Reksa Dana ini  jenis investasi yang mudah karena anda tinggal menyetorkan dana investasi anda ke Reksa Dana, selanjutnya jasa profesional Manajer Investasi yang akan mengelolanya dengan menempatkannya ke portofolio efek.

Dalam Reksa Dana, Manajer Investasi memiliki peran yang begitu penting, bukan hanya karena menentukan kinerja, tetapi lebih memastikan dana yang dikelolanya berkembang dengan baik. Maka dari itu, sebelum berinvestasi sebagai investor Anda perlu tahu dan paham apa saja tugas,  dan kewajiban Manajer Investasi.

Tugas dan Kewajiban Manajer Investasi

Manajer Investasi dalam mengelola Reksa Dana berpegang teguh pada kebijakan investasi yang tercantum di prospektus Reksa Dana. Berdasarkan pertimbangan dari segala aspek, Manajer Investasi memilih instrumen investasi sebagai portofolio efek Reksa Dana, bisa dalam bentuk saham, obligasi, produk deposito, ataupun surat berharga lainnya. Maka dari itu, kinerja serta keberhasilan investasi Reksa Dana sangat dipengaruhi oleh keterampilan Manajer Investasi dalam mengelola portofolio investasinya.

Manajer Investasi berkewajiban menghitung Nilai Pasar Wajar (NPW) dari efek dalam portofolio efek Reksa Dana dalam rangka penghitungan Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana oleh Bank Kustodian.

Atas tugas dan kewajiban Manajer Investasi tersebut, setiap investor akan membayarnya melalui pemotongan biaya. Biaya atau fee untuk Manajer Investasi ini umumnya dihitung berdasarkan presentase dari nilai aset yang harus dikelola dan disepakati serta dicantumkan terbuka pada prospektus Reksa Dana sehingga semua pihak dapat membaca bahkan para calon investor yang akan membeli Reksa Dana.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda ketahui seputar Manajer Investasi sebelum memulai investasi Reksa Dana.

  • Manajer Investasi pengelola Reksa Dana wajjib Memiliki Izin usaha sebagai Manajer Investasi dari OJK

Hal pertama yang harus dipastikan ialah apakah Manajer Investasi tersebut telah mengantongi izin resmi dari OJK atau tidak. Anda bisa mengecek ke reksadana.ojk.go.id untuk melihat daftar Manajer Investasi yang telah memiliki izin resmi dari OJK.

  • Ketahui Latar Belakang dan Pengalaman Manajer Investasi

Untuk memastikan dana investasi Anda aman dan bisa berkembang maka kenali juga track record dan pengalaman Manajer Investasi. Hal ini untuk mengurangi risiko kerugian investasi juga untuk mengukur kemampuan Manajer Investasi dalam mengelola dana Anda. Anda juga bisa melihat informasi tentang Manajer Investasi dari prospektus Reksa Dana. Informasi tersebut cukup lengkap mulai dari pemilik, lama beroperasi, pengalaman mengelola Reksa Dana, serta keahlian dan pengalaman tim pengelola investasi.

  • Cari Informasi Dari Sumber Terpercaya

OJK merupakan lembaga terpercaya yang dapat memberikan Anda informasi lengkap tentang Manajer Investasi. Lakukan pengecekan dengan cara mengakses website resmi OJK reksadana.ojk.go.id

  • Pastikan bahwa Manajer Investasi yang Anda pilih tepat karena hasil investasi yang Anda raih sangat ditentukan oleh kepiawaian Manajer Investasi tersebut. Manajer Investasi dilarang menjanjikan imbal hasil pasti

Reksa Dana adalah produk investasi yang memiliki risiko dan berinvestasi pada efek seperti saham atau obligasi yang nilainya berfluktuasi, sudah pasti tidak bisa menjanjikan imbal hasil pasti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *