Asik Naik Gaji, Yuk Mulai Investasi!

Perencanaan Keuangan Jangka Pendek & Panjang
April 26, 2019
Perbedaan Reksa Dana dan Deposito, Lebih Untung yang Mana?
April 28, 2019
Show all

Asik Naik Gaji, Yuk Mulai Investasi!

Asik naik gaji! Pasti sudah bermacam-macam rencana untuk menikmati sisa uang yang gajimu kan? Tunggu dulu! Sebaiknya, kamu harus menunda rencana-rencana bersenang-senang kamu terlebih dahulu nih agar tidak mengalami kebocoran keuangan di tengah-tengah bulan nanti. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat list baru untuk pengeluaran kamu. Pastikan semua kebutuhan utama kamu terpenuhi seperti; kebutuhan barang-barang perawatan tubuh pribadi, biaya kost atau kontrakan, biaya transportasi dan uang makan. Jika sudah terpenuhi, kamu bisa alihkan sisa uang kamu untuk menutup cicilan-cicilan yang ada agar tidak menjadi beban di kemudian hari. Jangan lupa juga sisihkan uang untuk menabung ya. Sebaiknya kamu menyisihkan uang untuk menabung adalah 20% dari angka gaji bersih yang kamu dapat.

Jika ternyata sisa uang kamu masih cukup banyak, apakah kamu sudah ada rencana untuk memanfaatkan uang ini kemana? Jika belum ada rencana, sepertinya kamu bisa mulai melirik dan belajar dunia investasi nih. Selain kamu bisa menyimpan uang kamu agar tidak habis tanpa hasil, berinvestasi yang benar juga bisa meningkatkan pemasukkan kamu dengan cukup signifikan loh. Untuk kamu pemula, kamu bisa memulai berinvestasi dengan Reksa Dana. Apa sih Reksa Dana itu? Reksa Dana adalah sebuah investasi yang dalam prosesnya akan dibantu oleh Manajer Investasi. Kenapa sih cocok untuk investor pemula? Hal pertama, dengan adanya pengelolaan oleh Manajer Investasi membuat kita tidak perlu banyak belajar mengenai investasi. Dengan kata lain, kita bisa belajar sambil berjalan. Hal kedua, berinvestasi dengan Reksa Dana dapat dimulai dari jumlah dana yang kecil, jadi jika kamu ingin mencoba, tidak perlu menyiapkan dana yang besar. Hal ketiga yang tentu sangat bisa menjadi pertimbanganmu, Reksa Dana memiliki resiko yang bisa dibilang kecil untuk gagal karena investor dibantu pengelolaanya oleh Manajer Investasi. Namun, perlu diingat ya, investasi apapun tentu memiliki resiko.

Ada empat jenis Reksa Dana yang bisa kamu pilih nih yaitu Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Saham, Reksa Dana Pendapatan Tetap dan Reksa Dana Campuran. Sebagai pemula, kamu bisa memilih Reksa Dana Pasar Uang ya. Perlu kamu ketahui, Reksa Dana jenis ini merupakan investasi dengan periode singkat yakni kurang dari 1 tahun. Jadi, dalam masa percobaan, kamu bisa cepat melihat hasilnya. Selain itu, Reksa Dana Pasar Uang ini dapat kamu mulai dengan modal kecil lho. Beberapa Manajer Investasi membuka kesempatan untuk kamu menanamkan modal hanya dengan Rp.10.000.- saja. Menarik, bukan? Dari modal yang kecil ini kamu bisa mencoba tanpa takut mengalami kerugian besar.

Bersifat likuid, Reksa Dana Pasar Uang juga dapat kamu cairkan sewaktu-waktu saat kamu membutuhkan dana. Namun, tetap perhatikan angka keuntungan saat menarik dana investasi ya. Nah, untuk kamu yang sudah mulai terbiasa dengan investasi Reksa Dana Pasar Uang, kamu bisa mulai berinvestasi di Reksa Dana Saham. Berbeda dengan Reksa Dana Pasar Uang yang memiliki waktu relatif singkat, Reksa Dana Saham memiliki waktu investasi lebih panjang yakni 5 tahun. Reksa Dana ini menjanjikan bunga atau timbal balik terhadap investor lebih besar dari pada Reksa Dana Pasar Uang. Bisa disimpulkan, Reksa Dana Saham dapat kamu andalkan saat merencanakan keuangan atau target jangka panjang. Misalnya, target untuk biaya menikah, membeli rumah, hingga melanjutkan pendidikan. Jadi, yakin masih mau menghabiskan sisa gaji baru kamu untuk bersenang-senang? Lebih baik simpan dulu yuk, agar senang-senangmu semakin maksimal di kemudian hari tanpa harus selalu menunggu waktu gajian!

Sumber: moneysmart.id/ investasi-adalah-cara-gandakan-uang/https://moneysmart.id /26-02-2018/Di akses pada 27-03-2019, 12.30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *