Awas Investasi Bodong! Pahami Dulu Produknya Dengan Baik

Ini Nih Aset Yang Harus Sudah Dimiliki Usia 30-an
October 3, 2018
Kenal Lebih Mendalam Tentang Reksa Dana
October 11, 2018
Show all

Awas Investasi Bodong! Pahami Dulu Produknya Dengan Baik

Berita masyarakat yang menjadi korban investasi bodong, hampir setiap tahun selalu ada. Bahkan, gak habis-habis tuh.

Ada yang ketipu gara-gara ikut-ikutan ajakan teman atau tetangga. Tapi banyak juga yang ketipu karena diberikan iming-iming hasil investasi yang menggiurkan dalam waktu singkat.

Nah, dengan banyaknya model dan modus operandi yang dilancarkan oknum-oknum tak bertanggung jawab tadi, ada baiknya kamu, utamanya para milenial mengetahui, gimana sih model-model atau skema investasi mencurigakan yang perlu dihindari.

Skema Ponzi

Pertama, model atau skema ponzi. Skema ponzi ini yang didasarkan pada perekrutan sejumlah investor, di mana promotor awal (orang-orang dipuncak piramida merekrut) investor dan nantinya investor yang direkrut juga akan membawa banyak investor lain.

Skema ini dinamakan ponzi sesuai dengan nama Charles Ponzi yang sudah menipu banyak rakyat amerika melalui skema investasi model ini.

Ciri-ciri utama dari skema investasi ini adalah:

  1. Tidak memiliki produk yang ditansaksikan serta menjanjikan keuntungan yang tidak wajar.
  2. Diminta untuk terus menambah nilai investasi.
  3. Keberlangsungan sistem investasi, ditentukan oleh hasil perekrutan anggota baru.
  4. Jika tidak ada lagi anggota yang bergabung, maka investasi akan terhambat, bahkan menjadi gagal.

Skema Piramida

Kedua, model atau skema piramida. Skema ini hampir mirip dengan ponzi hanya saja ada produk untuk dijual.

Ciri-ciri utama dari skema investasi ini adalah:

  1. Investasi akan terhambat jika tidak ada anggota baru.
  2. Lebih cenderung berusaha untuk merekrut anggota baru daripada menjual produk.
  3. Biaya keanggotaan cenderung mahal, dan biasanya produk yang diberikan juga kurang laku di masyarakat untuk dijual.
  4. Skema investasi yaitu berupa pemesanan produk sebagai kamuflase untuk menjanjikan keuntungan yang tidak wajar.

Nah, dengan mengenali model dan skema investasi bodong, jangan sampai tertipu ya, kalau mau jadi investor harus cerdas, cermat, dan teliti ya, biar gak ketipu sama iming-iming hasil yang selangit dari investasi.

Selain mengenali skema di atas, Ketua Satgas Waspada Investasi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tongam Lumban Tobing juga memberikan cara biar gak ketipu investasi bodong.

Caranya harus pahami konsep 2 L, yaitu logis dan legal.

Logis dari sisi imbal hasil yang ditawarkan, jangan sampai berlebihan apalagi tidak wajar.

Kemudian, legal, mulai dari legalitas perizinan, hingga produk atau instrumen investasi yang ditawarkan, harus sesuai dengan izin nya, kalo gak sesuai mending gak usah deh.

 

Artikel ini dikutip dari moneysmart.id berjudul “ Milenials, Waspadai Investasi Bodong! Ini 2 Jenis Skemanya ” 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *