Baca dan Pahami Fund Fact Sheet Sebelum Berinvestasi Reksa Dana

seminar-reksa-dana-yogyakarta-25-juli-2019
Seminar “Reksa Dana Sebagai Investasi Masa Depan yang Mudah dan Terjangkau” di Hotel Tentrem Yogyakarta, 25 Juli 2019
July 25, 2020
mengelola-keuangan-dengan-berinvestasi-reksa-dana
Mengelola Keuangan Dengan Berinvestasi Reksa Dana
August 5, 2020
Show all

Baca dan Pahami Fund Fact Sheet Sebelum Berinvestasi Reksa Dana

Apa itu fund fact sheet?

Bagi Anda yang ingin  berinvestasi di Reksa Dana, fund fact sheet merupakan salah satu hal yang wajib Anda ketahui. Mengapa? karena dari fund fact sheet inilah Anda bisa mengetahui informasi ringkas mengenai Reksa Dana, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan  dalam memilih produk Reksa Dana yang tepat.

Lalu apa itu fund fact sheet dan bagaimana cara memahaminya? Fund fact sheet adalah dokumen yang memuat informasi ringkas mengenai Reksa Dana yang diterbitkan oleh Manajer Investasi, Pada  umumnya, fund fact sheet terdiri dari 1 halaman,  diantaranya berisi ringkasan terkait:

  • Informasi mengenai Manajer Investasi

Pada bagian ini Anda dapat mengetahui informasi ringkas mengenai Manajer Investasi yang mengelola Reksa Dana, seperti misalnya tanggal pendirian, izin manajer investasi, lingkup usaha dan total dana kelolaan terkini.

  • Tujuan Investasi Reksa Dana

Berisi  penjelasan mengenai tujuan investasi Reksa Dana dan bagaimana cara memperoleh tujuan investasi tersebut.

  • Informasi mengenai Profil Produk Reksa Dana

Pada umumnya memuat informasi mengenai tanggal penawaran/penerbitan Reksa Dana. Terdapat juga informasi jumlah dana kelolaan (Assets Under Management/AUM) Reksa Dana. 

  •  Kebijakan investasi dan alokasi aset kelolaan

Pada bagian ini kamu dapat mengetahui batasan investasi Reksa Dana. Biasanya akan dicantumkan dalam range persentase pada portofolio Reksa Dana. Misalnya, saham: range 0-80%.  Portofolio Reksa Dana juga dibuat dengan menyertakan persentase (%). Misal, Saham: 67,12%, Obligasi korporasi : 8%

  • Kinerja Historis Reksa Dana

Biasanya ditunjukkan dengan tabel data kinerja historis yang menampilkan data kinerja Reksa Dana disertai keterangan benchmark sebagai acuan. Disajikan dalam satuan waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, year to date, 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun, dan sejak peluncuran.  Terdapat pula informasi kinerja Reksa Dana sejak diluncurkan sampai dengan posisi akhir pada tanggal fund fact sheet, dan kinerja bulanan Reksa Dana dalam 5 tahun terakhir.

  • Informasi Risiko

Risiko Reksa Dana diklasifikasikan berdasarkan kategori risiko portofolio Efek dalam Reksa Dana, diurutkan rendah, sedang, dan tinggi. Misal Reksa Dana yang berinvestasi pada saham-saham small cap dikategorikan berisiko tinggi. Terdapat pula Informasi risiko-risiko utama seperti risiko likuiditas, risiko pembubaran dan likuidasi, risiko penurunan nilai investasi.[vs1] Jadi sudah paham kan apa itu fund fact sheet? Informasi dalam fund fact sheet ini bisa dijadikan salah satu pertimbangan dalam memilih dan menentukan Reksa Dana. Selamat berinvestasi!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *