Bingung Baca Prospektus Reksa Dana? Begini Caranya

Tips Memulai Investasi Reksa Dana
Tips Memulai Investasi Reksa Dana
February 29, 2020
Apa Saja Biaya Yang Dibayar Oleh Investor Reksa Dana
Apa Saja Biaya yang Dibayar oleh Investor Reksa Dana?
March 11, 2020
Show all

Bingung Baca Prospektus Reksa Dana? Begini Caranya

Bingung Baca Prospektus Reksa Dana? Begini Caranya

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan investasi, termasuk saat berinvestasi Reksa Dana. Salah satu yang tidak boleh diabaikan, yakni Prospektus Reksa Dana.

Prospektus Reksa Dana seperti halnya buku petunjuk yang menyajikan secara lengkap informasi tentang Reksa Dana yang Anda pilih. Informasi dalam prospektus Reksa Dana mencakup nama pengelola Reksa dana, rekam jejak Manajer Investasi, mekanisme transaksi, hak dan kewajiban investor hingga cara Reksa Dana dilikuidasi.

Sebenarnya tidak harus semua isi prospektus dipahami secara detail, cara mudahnya adalah dengan melihat poin-poin pentingnya saja. Berikut ini merupakan poin-poin penting dalam prospektus Reksa Dana yang harus dibaca dan dipahami sebelum memilih berinvestasi Reksa Dana:

  • Izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Poin pertama yang harus dibaca dan dipastikan sebelum memutuskan berinvestasi adalah mengenai Izin yang diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Izin dari OJK merupakan poin yang wajib ada dan merupakan legalitas Reksa Dana. Izin dari OJK diberikan secara spesifik untuk legalitas Reksa Dana, Manajer Investasi, Bank Kustodian serta agen penjual. Anda bisa mengetahui daftar Manajer Investasi yang legal melalui website resmi OJK www.reksadana.ojk.go.id.

  • Rekam Jejak Manajer Investasi (MI)

Selain ijin resmi dari OJK, Anda juga perlu mencari tahu rekam jejak atau track record Manajer Investasi yang bertujuan agar dana yang diinvestasikan berada di tangan yang tepat. Maka dari itu, ketahui informasi mengenai Manajer Investasi dan riwayatnya dalam mengelola dana di Reksa Dana dengan melihat berapa lama perusahaan Manajer Investasi berjalan, kinerja dan portofolio efek yang di kelolanya.

  • Rekam Jejak Bank Kustodian

Tidak hanya Manajer Investasi, Bank Kustodian juga perlu diperhatikan. Peran Bank Kustodian dalam Reksa Dana sebagai bank umum dan pihak yang dipercaya untuk menyimpan efek dan harta lainnya seperti dividen, bunga, dan hak-hak lain. Selain itu, Bank Kustodian dipercaya untuk menyelesaikan transaksi efek dan menjadi wakil pemegang unit penyertaan. Pastikan Bank Kustodian tersebut terdaftar di OJK secara resmi. Daftar Bank Kustodian yang resmi bisa Anda lihat di website resmi ojk www.reksadana.ojk.go.id.

  • Perhitungan Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Poin keempat, ketahui dan pahami metode perhitungan Nilai Aktiva Bersih (NAB) dalam Reksa Dana. NAB terbentuk dari total nilai pasar wajar portofolio Reksa Dana setelah dikurangi dengan seluruh kewajiban. Pastikan NAB dihitung sesuai dengan peraturan yang dibuat Pemerintah dalam hal ini OJK, yaitu untuk saham berdasarkan harga penutupan di Bursa Efek, dan obligasi berdasarkan harga di LPHE.

  • Jenis dan Kebijakan Investasinya

Baca dan ketahui jenis Reksa Dana serta kebijakan investasi yang ditetapkan. Setiap jenis Reksa Dana memiliki kebijakan investasi yang berbeda, yang akan menentukan komposisi portofolio investasi yang menjadi underlying efek Reksa Dana. Biaya-Biaya yang Dibebankan

Poin keenam yang harus diketahui adalah terkait biaya-biaya yang ditanggung oleh investor seperti biaya pembelian, biaya penjualan, biaya pengalihan, dan biaya transfer proses transaksi. Ketahui juga metode pembayaran biaya misalnya apakah biaya tersebut harus dibayarkan lewat potongan hasil investasi ataupun secara langsung saat transaksi.

  • Laporan Keuangan

Laporan keuangan ini berisi tentang posisi keuangan, laba, arus kas, dan perubahan aset. Anda bisa menggunakan laporan keuangan dalam prospektus untuk lebih meyakinkan sebelum berinvestasi.

Baca dan pahami ke tujuh poin tersebut di atas sebagai pertimbangan dalam berinvestasi di Reksa Dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *