Bingung Mau Investasi Apa? Coba Cari Tahu Tentang Reksa Dana

reksa-dana-indeks-pengertian-dan-perbedaannya-dengan-reksa-dana-konvensional
Reksa Dana Indeks, Pengertian dan Perbedaannya Dengan Reksa Dana Konvensional
December 4, 2020
investasi-reksa-dana-dan-risiko-yang-harus-diperhatikan
Investasi Reksa Dana dan Risiko Yang Harus Diperhatikan
April 8, 2021
Show all

Bingung Mau Investasi Apa? Coba Cari Tahu Tentang Reksa Dana

bingung-mau-investasi-apa

Ingin mulai berinvestasi tapi bingung jenis investasi apa yang tepat. Coba cari tahu tentang Reksa Dana, karena bisa jadi jenis investasi ini cocok dengan kebutuhan Anda.

Pada era modern seperti saat ini, investasi menjadi pilihan masyarakat dalam mengelola finansial. Saat ini masyarakat mulai beralih dengan melakukan investasi. Salah satu jenis investasi yang banyak menarik perhatian adalah Reksa Dana.

Apa itu Reksa Dana?

Pengertian Reksa Dana yang dikutip dari UU Pasar Modal (UU No 8 tahun 1995), yaitu wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi.

Secara ringkasnya, Reksa Dana menjadi tempat investor menaruh uang yang kemudian dikelola oleh Manajer Investasi dan diinvestasikan ke dalam portofolio efek. Jadi, dalam investasi Reksa Dana, dana investor akan dikelola oleh tenaga profesional dalam pengelolaan investasi yang disebut dengan Manajer Investasi.

Investasi yang Mudah dan Murah

Bagi Anda yang masih pemula dalam hal investasi, Reksa Dana bisa menjadi langkah pertama Anda berinvestasi. Tak perlu takut belum mahir mengelola portofolio sendiri karena ada banyak sekali pilihan Manajer Investasi dengan ‘ramuan’ investasinya masing-masing yang bisa  di pilih.

Anda bisa mulai berinvestasi Reksa Dana dengan sangat mudah bahkan secara online karena saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membeli Reksa Dana. Untuk melihat daftar Manajer Investasi, APERD atau gerai penjualan Reksa Dana yang berizin atau terdaftar di OJK Anda bisa mengecek di website resmi reksa dana di reksadana.ojk.go.id. Daftar Reksa Dana juga bisa Anda cek di website tersebut.

Selain itu, Reksa Dana termasuk investasi yang murah karena tidak membutuhkan banyak dana untuk bisa memulai investasi. Anda bisa mulai berinvestasi Reksa Dana dengan minimal dana Rp100 ribu, bahkan beberapa Reksa Dana ada yang mulai dari Rp10 ribu rupiah saja.

Dari mana investor Reksa Dana mendapatkan return?

Pertanyaan ini cukup favorit dikalangan investor pemula Reksa Dana. Reksa Dana mendapatkan return dari pertumbuhan nilai efek yang menjadi portofolio Reksa Dana.

Return yang dihasilkan dari Reksa Dana berbeda-beda sesuai dengan jenis Reksa Dana dan juga underlying efeknya. Misalnya Reksa Dana pasar uang dimana isinya adalah instrumen pasar uang seperti deposito dan obligasi (jatuh temponya kurang dari satu tahun). return yang dihasilkan akan berbeda dengan Reksa Dana Saham yang 80% asetnya berupa saham.

Yang perlu Anda pahami bahwa investasi Reksa Dana apapun, semuanya memiliki risiko. Semakin besar potensi return  maka semakin besar pula risiko investasinya. Begitu pula sebaliknya, semakin kecil risiko maka semakin kecil pula potensi return

 Meski Reksa Dana merupakan  investasi yang mudah, cocok untuk Anda  yang tidak memiliki kemampuan mengelola investasi secara individual atau tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan analisa investasi sendiri, tapi Anda tetap harus memahami mengenai Reksa Dana. Mengenai risiko-risiko berinvestasi di Reksa Dana. Anda juga perlu menyeleksi Manajer Investasi dan Reksa Dana untuk menjadi tempat Anda berinvestasi. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membaca prospektus dan juga fund fact sheet.

            Termasuk investasi yang mudah dan murah, Reksa Dana bisa jadi alternatif investasi bagi investor pemula yang ingin mulai berinvestasi tapi bingung memilih investasi yang tepat. Yuk, berinvestasi!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *