Capai Target Resolusi dengan Mulai Berinvestasi Reksa Dana

webinar-reksa-dana-smart-way-to-invest-your-income
Webinar “Smart Way to Invest Your Income” via Zoom pada 10 Juni 2021
June 21, 2021
mengenal-4-strategi-yang-bisa-diterapkan-dalam-investasi-reksa-dana
Mengenal 4 Strategi Yang Bisa Diterapkan Dalam Investasi Reksa Dana
June 23, 2021
Show all

Capai Target Resolusi dengan Mulai Berinvestasi Reksa Dana

capai-target-resolusi-dengan-mulai-berinvestasi-reksa-dana

Masuk bulan ke 6 dalam setahun, sudah tercapaikah resolusi keuangan Anda? Pergantian tahun menjadi momen yang tepat untuk menyusun resolusi atau target-target yang harus dicapai ditahun depan. Resolusi keuangan menjadi salah satu resolusi yang perlu ada dan menjadi tolak ukur kita dalam hal pencapaian.

Untuk mencapai target resolusi keuangan, investasi menjadi solusi tepat. Dengan membagi penghasilan dan menempatkan dananya ke instrumen investasi adalah cara bijak dan realistis untuk memenuhi target resolusi keuangan. Bagi sebagian orang, menabung menjadi cara tepat untuk memenuhi target resolusi keuangan. Namun, berinvestasi menjadikan dana Anda lebih memungkinkan untuk berkembang.

Ada beragam jenis investasi yang bisa dipilih, salah satunya adalah investasi Reksa Dana. Investasi Reksa Dana merupakan jenis investasi yang mudah dan memiliki potensi return yang cukup tinggi dibandingkan tabungan dan deposito.

Kelebihan dari investasi Reksa Dana ialah adanya Manajer Investasi yang bertugas mengelola dana investasi Anda ke dalam portofolio efek . Selain itu, investasi Reksa Dana ini dapat diandalkan sebagai investasi jangka panjang.

Target Resolusi Yang Realistis

            Untuk menentukan target resolusi terutama resolusi keuangan tahunan, sebaiknya Anda buat dengan wajar. Maksudnya ialah dengan memperhatikan kondisi keuangan yang ada dan tidak terlalu tinggi untuk diraih.

Misalnya, Anda adalah seorang karyawan swasta dengan gaji Rp 5 juta per bulan dan tidak memiliki penghasilan tambahan. Sangat sulit dan terlalu tinggi dicapai jika Anda membuat Resolusi dalam setahun bisa membeli rumah dengan harga Rp 300 juta cash. Meskipun dibantu dengan berinvestasi, resolusi tersebut terkesan tidak realistis untuk target resolusi tahunan.

Buatlah target resolusi yang realistis dan masuk akal dengan menyesuaikan kemampuan finansial Anda. Karena yang terpenting adalah bagaimana bisa mengelola keuangan dengan baik dan memaksimalkan pendapatan untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan.

Beragam Jenis Investasi Untuk Beragam Tujuan Keuangan

Dalam Reksa Dana ada berbagai jenis yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan tujuan keuangan Anda. Misalnya untuk target keuangan jangka panjang seperti membeli rumah atau biaya pendidikan anak, Anda bisa memilih jenis Reksa Dana saham. Sedangkan untuk resolusi atau target jangka pendek seperti beli handphone dan nabung dana darurat Anda bisa pilih Reksa Dana pasar uang yang cenderung lebih rendah risiko  meskipun potensi return paling rendah dibandingkan jenis lainnya.

Reksa Dana pasar uang juga bisa menjadi pilihan untuk resolusi tahunan yang Anda buat setiap akhir tahun

Tekan Pengeluaran dan Serius Berinvestasi

Agar bisa mencapai resolusi keuangan tahunan yang Anda buat maka sangat penting untuk melakukan dua hal ini, yaitu menekan pengeluaran dan serius berinvestasi. Pada dasarnya tujuan keuangan sangat mudah dicapai karena telah disesuaikan dengan kemampuan finansial. Namun yang paling penting dari itu adalah bagaimana Anda bisa mengelola keuangan Anda dengan menekan pengeluaran dan sebisa mungkin memaksimalkan pendapatan.

Hindari sifat konsumtif dan impulsif saat berbelanja dan mulailah untuk serius berinvestasi. Untuk tabungan dan investasi porsi umumnya adalah 20% dari pendapatan. Namun lebih baik jika Anda bisa menekan pengeluaran yang tidak penting untuk menambah porsi investasi. Anda hanya perlu konsisten dan komitmen untuk berinvestasi dengan langkah-langkah sederhana.

Capai target resolusi keuangan Anda dengan mulai berinvestasi Reksa Dana. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *