Cara Aman Membeli Reksa Dana Online

Mengenal Investasi ETF Di Indonesia
July 24, 2019
Kenali Investasi Yang Bagus Untuk Masa Depan
July 25, 2019
Show all

Cara Aman Membeli Reksa Dana Online

Belanja online itu praktis, cepat dan aman. Di era digital ini, Minat masyarakat untuk belanja online pun semakin meningkat pesat. Saat ini transaksi online adalah solusi praktis untuk berbelanja, mulai dari belanja kebutuhan fashion, obat-obatan, barang-barang elektronik hingga makanan dan minuman. Lebih dari itu kini, berivestasi juga sudah bisa dilakukan secara online. Dukungan teknologi yang semakin berkembang pesat menjadikan berinvestasi menjadi lebih mudah, fleksibiel dan aman dilakukan.
Investasi online menawarkan metode berinvestasi yang praktis dan mudah. Anda bisa belanja produk investasi online dengan aman dimana saja, kapan saja. Rekomendasi produk investasi pasar modal yang bisa anda beli secara online salah satunya adalah Reksa Dana. Reksa Dana adalah produk investasi pasar modal yang aman, terjangkau, minim resiko dan memiliki imbalan hasil (return) yang lebih baik dibandingkan produk investasi tabungan dan deposito yang ditawarkan badan perbankan.
Membeli Reksa Dana secara online bisa anda lakukan dengan mudah dan nyaman melalui platform transaksi online yang merupakan tempat khusus menjual beragam produk investasi Reksa Dana secara online, aman dan terpecaya. Transaksi investasi online dapat dilakukan dengan mudah dan praktis, dimana saja dan kapan saja, melalui desktop, gadget, tablet hingga smartphone. Tertarik untuk mulai berinvestasi Reksa Dana di platform transaksi online? mari simak tips aman belanja Reksa Dana secara online:
1. Kenali Produk Reksa Dana Anda
Sebelum anda berinvestasi online, hal yang wajib anda pahami yaitu mengenal produk yang ingin anda beli. Mengenal produk investasi yang akan anda beli sangat penting untuk menghindari resiko terjebak penipuan seperti investasi palsu atau investasi bodong yang dapat membawa kerugian.
Khusus Reksa Dana, sebelum melakukan transaksi investasi online, anda harus terlebih dahulu mengenal tentang Reksa Dana. berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1 ayat 27, Reksa Dana adalah wadah yang dipergunaan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek (instrument investasi pasar modal yang berupa instrumen Pasar uang, Efek Hutang atau Efek saham) oleh Manajer Investasi yang telah mendapat ijin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Kelebihan Reksa Dana yaitu di kelola oleh Manajer Investasi (MI) professional. Manajer Investasi akan membantu Anda dalam melakukan riset, menganalisa dan memonitoring harga efek hingga memberikan laporan portofolio Reksa Dana untuk Anda. Kelebihan lainnya, Reksa Dana menyajikan produk invesasi dengan harga yang terjangkau bagi anda yang ingin memulai investasi. Dengan modal Rp 10.000,. Anda sudah bisa membeli Reksa Dana secara online dan memulai investasi online Anda.
Tips: Baca propektus Reksa Dana sebelum Anda berinvestasi, subscription/pembelian harus berdasarkan pada prospectus terkini. Pahami, Reksa Dana adalah produk pasar modal, bukan produk bank, maka tidak dijamin oleh bank ataupun program penjaminan pemerintah atau penjaminan simpanan. Investor wajib membaca prospektus dan memahami risiko Reksa Dana sebelum memulai investasi.

2. Kenali Jenis dan Cara Kerja Reksa Dana
Hal selanjutnya yang harus Anda kenali sebelum memutuskan untuk membeli Reksa Dana yaitu mengenal ragam jenis serta cara kerjanya sehingga investasi yang akan anda lakukan sesuai dengan keinginan anda. Terdapat beberapa jenis Reksa Dana berdasarkan asset yang dikelola, yaitu Reksa Dana saham, Reksa Dana pendapatan tetap/obligasi, Reksa Dana campuran dan Reksa Dana pasar uang.
Tips: pilihlah jenis Reksa Dana yang sesuai dengan profil dan tujuan investasi anda karena setiap jenis Reksa Dana memiliki karakter dan keunggulan masing-masing. Selanjutnya, diversifikasi bisa anda lakukan agar investasi yang diperoleh bisa lebih maksimal.
• Reksa Dana pasar uang cocok untuk investasi jangka pendek di bawah 1 tahun. Reksa Dana ini menempatkan investasi pada instrumen pasar uang dan efek hutang jangka pendek seperti sertifikat deposito, surat berharga komersial, dan SBI
• Reksa Dana pendapatan tetap cocok untuk investasi jangka menengah antara 1-3 tahun sebab memberikan imbal balik yang lebih tinggi daripada suku bunga di pasar uang
• Reksa Dana campuran merupakan Reksa Dana yang cocok untuk investasi jangka menengah yaitu antara 3-5 tahun. Reksa Dana campuran memberikan pertumbuhan lebih tinggi daripada Reksa Dana pendapatan tetap, dengan tingkat volatilitas yang lebih rendah daripada Reksa Dana saham.
• Reksa Dana saham merupakan Reksa Dana yang cocok untuk investasi jangka Panjang yaitu diatas 5 tahun, karena bisa memberikan imbal hasil yang tinggi dengan ketentuan dana awal yang rendah

3. Kenali Cara Belanja Online Reksa Dana
Selanjutnya yang perlu anda kenali yaitu cara belanja dan melakukan transaksi online Reksa Dana. Dengan setoran awal Rp 10.000,- Anda bisa memulai investasi online Anda dengan mudah dan praktis.
Pastikan kamu berinvestasi di Manajer Investasi, Agen Penjual Efek Reksa Dana dan/atau Gerai Penjual Efek Reksa Dana yang sudah terdaftar di OJK ya Sobat Reksa Dana. Kamu bisa cek disini https://reksadana.ojk.go.id/Public/ManajerInvestasiList.aspx (CEK LINK)
Sumber: Wahyuningsih, Ratna / https://www.cermati.com/artikel/tips-pintar-belanja-reksa-dana-online/09-07-2016/Di akses pada 21-05-2019, 11.30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *