Cara Mengelola Gajimu dengan Bijak

Berinvestasi Itu Butuh Modal Besar ya?
March 15, 2019
Tips Investasi Bagi Wanita
April 1, 2019
Show all

Cara Mengelola Gajimu dengan Bijak

Banyak orang saat ini kesulitan dalam mengatur gaji bulanan, terutama para Milenial. Kebanyakan dari mereka terlalu mengedepankan keinginan konsumtif setelah gajian dan berakibat gajinya habis untuk membeli barang yang sifatnya konsumtif sebelum bulan berikutnya. Bukan tidak boleh untuk membeli sesuatu yang kita inginkan, namun ada baiknya kita mengutamakan kebutuhan terlebih dahulu dan kelola-lah gajimu dengan perencanaan keuangan setiap bulannya. Anda bisa mengikuti tips berikut ini untuk mengelola gaji agar tidak habis untuk sesuatu yang konsumtif.

  1. Buat Anggaran Bulanan

Seperti yang sudah di sebutkan di atas tadi, buatlah perencanaan keuanganmu setiap bulannya dengan membagi anggaran dari gajianmu. Bagilah gajimu untuk kebutuhan utama seperti ongkos bekerja, biaya makan, tagihan listrik/air, cicilan kendaraan/rumah/biaya kosan. Nah, setelah kebutuhan utama terpenuhi barulah bagi gaji anda untuk kebutuhan hiburan seperti hobi, shoping, hingga jajan atau hangout dengan teman-teman anda.

  1. Tagihan/Hutang

Untuk poin ini memang sudah di sebutkan pada poin pertama tadi. Namun, terkadang banyak orang kurang memperhitungkan biaya kebutuhan dengan cicilan atau hutang yang akan dia ambil. Ada baiknya sebelum anda berhutang atau mengambil cicilan anda juga harus memperhitungkan kebutuhan dan seberapa besar gaji anda setiap bulannya kemudian segeralah bayar ketika gajian tiba.

  1. Tabungan

Mungkin sudah ada beberapa dari anda yang menyisihkan tabungan dari sisa pengeluaran anda setiap bulanya. Ada baiknya jika anda meng-anggarkan uang untuk tabungan ketika sudah gajian. Hal tersebut berguna untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu.

  1. Laporan Keuangan Harian

Untuk mengantisipasi kebocoran pada keuangan anda, simpanlah struk atau bukti transaksi anda setiap hari dan catat pengeluaran harian anda. Hal ini dilakukan agar anda tahu kemana saja uang yang di gunakan dan membantu anda untuk melihat pengeluaran apa saja yang tidak perlu.

  1. Miliki Dua Atau Lebih Rekening Bank

Ada baiknya anda untuk memiliki dua rekening yang berbeda. Hal ini digunakan untuk memisahkan uang yang akan anda gunakan setiap bulannya dan untuk menabung. Jadi uang tabungan anda tidak dalam satu rekening dengan uang yang akan anda gunakan untuk keperluan setiap bulannya.

  1. Bijaklah Menggunakan kartu Kredit

Mungkin beberapa dari anda ada yang menggunakan kartu kredit. Nah, bijaklah untuk memakai kartu kredit tersebut. Pertimbangkan kembali jika anda ingin menggunakannya, apakah memang perlu atau atau tidak. Jangan lupa untuk melunasi sebelum jatuh tempo.

  1. Investasi

Setelah menyisihkan tabungan dan segala kebutuhan lainnya ada baiknya anda juga menyisihkan untuk berinvestasi. Berbeda dari menabung yang tidak nilai balik dan dapat tergerus inflasi setiap bulannya, investasi dapat memberikan anda nilai balik atau keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Investasi tidak harus selalu dengan biaya yang besar, anda dapat mencoba Reksa Dana yang nilai investasinya mulai dari Rp 10.000. selain itu anda dapat ambil uang investasinya kapanpun sesuai dengan keinginan. Hal ini akan membantu keuangan anda dan juga dapat mempersiapkan kebutuhan finansial anda di masa depan.

  1. Lakukan Perbandingan

Jika di poin 4 tadi anda diminta untuk membuat laporan harian, di point ini anda harus membuat laporan juga setiap bulannya. Hal ini di lakukan untuk mengetahui pengeluaran anda setiap bulannya, karena terkadang walaupun sudah melakukan perencanaan keuangan, kita suka tidak sadar melakukan pengeluaran yang tidak perlu. Bandingkan juga pengeluaran anda setiap bulannya, teliti kembali pengeluaran apa yang tidak penting dan mana saja yang memerlukan dana besar. Hal ini juga berguna untuk mengerem kebiasaan konsumtif anda agar lebih banyak menabung dan berinvestasi.

Sumber: cermati.com/ 8 Cara Cermat Mengatur Gaji Bulanan/ https://www.cermati.com/02-08-2016/Di akses pada 27-02-2019, 10.58

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *