Duh, Jangan Sampai Kena Investasi Bodong!

Dana Pendidikan Anak, Sudah Ada?
November 14, 2018
Reksa Dana, Investasi Tepat Untuk Kita?
November 23, 2018
Show all

Duh, Jangan Sampai Kena Investasi Bodong!

Investasi Bodong: Investasi yang Untungnya Besar Dalam Waktu Singkat

 

Investasi dengan imbal hasil tinggi atau investasi bodong memang masih menjadi perbincangan yang hangat untuk beberapa masyarakat Indonesia. Investasi bodong ini dapat dijumpai tidak hanya di pedesaan melainkan juga di perkotaan.

Tidak heran jika masyarakat Indonesia menjadi sasaran empuk bagi para pelaku investasi bodong. Dengan minimnya minat baca masyarakat Indonesia, investasi bodong sudah tidak asing ditemui di beberapa daerah di Indonesia.

Kebanyakan masyarakat Indonesia, masih takut untuk berinvestasi pada instrumen investasi saham, reksa dana, emas, forex dan lainnya. Padahal, investasi tersebut merupakan investasi yang aman.

Rendahnya minat baca orang Indonesia, membuat para pelaku bisnis investasi bodong semakin mudah untuk masuk dan mengajak masyarakat di pedesaan maupun di perkotaan yang menginginkan keuntungan yang besar.

Tidak hanya keuntungan yang lebih besar saja, tetapi keuntungan tersebut dapat langsung dinikmati oleh para investor investasi bodong ini dalam kurun waktu yang singkat, seperti 1 bulan.

Bagaimana masyarakat tidak tertarik? Modusnya pun kurang lebih sama seperti komik yang sudah disajikan di atas. Anda harus mengajak teman Anda untuk berinvestasi, supaya hasil investasi Anda akan semakin besar.

Anda pun tidak perlu memikirkan dari mana keuntungan dari investasi bodong tersebut, yang perlu Anda tahu adalah ketika Anda mengajak teman-teman Anda untuk berinvestasi, Anda akan semakin untung.

Ketika Anda memiliki teman yang banyak untuk berinvestasi, sudah waktunya bagi pelaku investasi bodong ini pergi meninggalkan Anda tanpa menghilangkan jejak.

Lalu, Anda pun kaget saat Anda tidak sengaja membaca berita tentang investasi bodong, ternyata perusahaan yang Anda ikutkan untuk berinvestasi merupakan perusahaan investasi bodong.

Lalu, bagaimana caranya mengidentifikasi apakah perusahaan yang menawarkan investasi merupakan perusahaan investasi bodong atau bukan? Berikut cara terhindar dari investasi bodong.

 

Cara #1 Keuntungan Besar Dalam Waktu Singkat = Mustahil

Jika Anda ditawari sebuah investasi dengan keuntungan yang jauh lebih besar daripada investasi manapun dalam waktu yang singkat, Anda perlu mencurigainya!

Jika jumlah keuntungan yang ditawarkan di atas suku bunga kredit yaitu 2 persen, maka Anda patut mencurigainya.

Logikanya, jika Anda akan berinvestasi, Anda akan menaruh dana yang akan diinvestasikan kemana yang bisa mendapat keuntungan hingga 20% dalam waktu singkat?

Apalagi jika perusahaan investasi bodong tersebut menawarkan bunga hingga 100 persen.

Jika memang untungnya sebesar itu, buat apa mengajak orang untuk berinvestasi, mending investasi untuk diri sendiri saja.

 

Cara #2 Cari Informasi Tentang Perusahaan Investasi Tersebut

Ketika Anda ditawari investasi oleh sebuah perusahaan, ada baiknya jika Anda mencari informasi sebesar-besarnya mengenai perusahaan tersebut.

Sekarang, zaman teknologi yang mudah diakses dari mana pun tidak menghalangi Anda untuk mencari informasi. Yang harus Anda perhatikan adalah izin investasinya.

Bisa saja perusahaan tersebut mempunyai izin usaha, tetapi bukan sebagai Lembaga investasi online maupun offline. Jangan percaya terhadap akta notaris atau NPWP saja.

Cara #3 Cek Lambang OJK

Ini adalah langkah yang harus Anda perhatikan dan pastinya mudah untuk dilakukan. Selanjutnya Anda mencari apakah perusahaan tersebut memiliki lambang OJK atau tidak.

Jika perusahaan sudah memiliki lambang OJK, ada baiknya Anda mengecek di OJK-nya sendiri. Sekarang, OJK telah memiliki aplikasi yang bisa diakses di android, yaitu sikapi uang Anda.

Anda bisa mengunduhnya dan memasang aplikasi ini, karena seluruh informasi terkait investasi bodong atau pegadaian bodong telah tersedia. Dengan adanya pengumuman tersebut, harusnya menjadi sosialisasi kepada masyarakat.

 

Lebih Baik Berinvestasi Disini

Sekarang Anda sudah tahu bahwa investasi bodong yang menawarkan laba yang tinggi dalam waktu yang singkat. Lebih baik, jika Anda ingin berinvestasi, Anda bisa mencari berbagai macam instrumen investasi, salah satunya Reksa Dana.

Apa itu reksa dana? Bagi Anda yang belum tahu apa itu reksa dana, reksa dana adalah berupa wadah yang akan diisi oleh modal dari investor yang kemudian akan dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan ke beberapa portofolio investasi.

Investasi reksa dana ini bagus bagi para investor pemula yang tidak memiliki waktu untuk belajar lebih banyak tentang investasi tersebut.

Anda hanya menyerahkan modal investasi Anda ke manajer investasi yang kemudian akan dikelola oleh manajer investasi tersebut.

Udahnya lagi, investasi reksa dana ini bisa dimulai dari nominal Rp100.000 bahkan ada yang bisa dimulai dari Rp10.000 saja. Reksa dana ini juga menekankan konsep diversifikasi investasi, dimana investasi portofolio yang dilakukan akan ditempatkan ke beberapa instrumen yang berbeda.

 

Pilih mana hayo, yang memberi untung secara bertahap tetapi jelas dan legal atau mau dapat untung berkali lipat dalam waktu singkat tapi ujungnya merugi?

 

Artikel ini dikutip dari finansialku.com berjudul ” Investasi Yang Untungnya Besar Dalam Waktu Singkat “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *