Duit Gajian Lari Kemana?

Mau Atur Keuanganmu Dengan Benar? Ikuti Cara Ini!
October 19, 2018
Tingkatkan Literasi Keuangan, OJK Bikin Program Jual Reksa Dana di Minimarket
October 31, 2018
Show all

Duit Gajian Lari Kemana?

Kehabisan uang sebelum tanggal gajian merupakan dilema yang tidak hanya dialami oleh satu atau dua orang saja, namun dialami oleh banyak pekerja. Kenapa hal tersebut bisa terjadi, walaupun sudah beberapa kali merasakan kenaikan gaji tetapi tetap saja terasa kurang cukup, apalagi jika ada pengeluaran dadakan yang tidak Anda bayangkan dan Anda tidak memiliki simpanan uang yang cukup?

Biasanya kendala-kendala tersebut didasari oleh gaya hidup yang tinggi dan ketidakmampuan untuk mengelola keuangan dengan baik, Nah..dua penyebab tersebut jugalah yang biasanya membuat dompet semakin menipis di pertengahan bulan alias kehabisan uang sebelum waktunya.

Ada beberapa cara untuk menanggulangi hal tersebut, cara yang paling tepat untuk mengatasi kendala dompet adalah komitmen dan konsistensi. Maksudnya?

Jadi, Anda harus berkomitmen dan konsisten untuk langsung memisahkan sebagian uang gaji yang Anda terima setiap bulannya. Nah.. pertanyaannya adalah kemanakah Anda harus memisahkan sebagian uang gaji tersebut?

Pernahkah Anda menyadari bahwa uang yang Anda miliki setiap tahunnya mengalami penurunan nilai dikarenakan inflasi? Tentu saja, jika Anda hanya menyimpan uang tersebut maka nilainya akan menyusut oleh inflasi oleh karena itu menyimpan uang saja tidak cukup namun yang perlu Anda lakukan adalah menginvestasikan uang Anda tersebut secara konsisten, dan pastinya mencari instrumen investasi yang return/ hasilnya minimal lebih besar daripada nilai inflasi itu sendiri.

Buat Anda yang memiliki kesibukan setiap harinya sebagai karyawan, ada baiknya Anda menginvestasikan sebagian gaji bulanan Anda ke instrumen investasi seperti Reksa Dana, kenapa? karena Anda cukup meyisihkan gaji Anda rutin setiap bulannya dan biarkan dana Anda dikelola langsung oleh Manajer Investasi profesional yang Anda percayai.

Amankah investasi Reksa Dana?

Tentu saja aman, karena diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan dan kekayaan reksa dana dan dana milik investor wajib disimpan pada Bank Kustodian.

Berapa minimal dana untuk investasi di Reksa Dana?

Hanya dengan Rp 100.000 atau bahkan Rp 10.000, investor sudah dapat membeli reksa dana.

Nah..kalau Anda sudah memiliki investasi sendiri, setidaknya Anda sudah tahu kemana larinya uang gajian Anda dan larinya uang gajian Anda tersebut menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat untuk Anda dimasa kini maupun dimasa mendatang. Selamat berinvestasi, investasi #yaREKSADANAaja

 

Sumber : PT MNC Sekuritas selaku APERD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *