Hal-hal yang Mempengaruhi Kinerja Reksa Dana

pihak-pihak-yang-terlibat-dalam-reksa-dana
Pihak-pihak yang Terlibat dalam Reksa Dana
August 26, 2020
waktu-yang-tepat-menjual-kembali-unit-penyertaan-reksa-dana
Waktu yang Tepat Menjual Kembali Unit Penyertaan Reksa Dana
September 2, 2020
Show all

Hal-hal yang Mempengaruhi Kinerja Reksa Dana

hal-hal-yang-mempengaruhi-kinerja-reksa-dana

Reksa Dana merupakan salah satu alternatif investasi yang banyak diminati oleh masyarakat, terutama yang tidak memiliki banyak waktu juga keahlian untuk menghitung risiko juga keuntungan atas investasi mereka.

Sebelum memutuskan berinvestasi Reksa Dana, Anda perlu tahu apa saja kelebihan, kekurangan, manfaat serta risiko investasi Reksa Dana. Anda perlu paham pula faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi  kinerja Reksa Dana Anda. Sehingga diharapkan, sebagai investor Anda bisa lebih memperhitungkan risiko dari investasi yang Anda miliki, hingga dapat menentukan Reksa Dana mana yang tepat untuk Anda.

Lalu apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Reksa Dana? Berikut ini diantaranya.

  • Kondisi Pasar Modal

Kondisi Pasar modal merupakan faktor penting dalam pergerakan kinerja  Reksa Dana. Naik dan turunnya kondisi pasar modal sangat mempengaruhi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), yang juga akan diikuti pergerakan NAB Reksa Dana.

 Jika kondisi pasar modal positif, maka IHSG otomatis akan naik dan biasanya kinerja Reksa Dana akan mengikuti. Begitu juga sebaliknya, jika kondisi pasar modal negatif maka akan menurunkan kinerja Reksa Dana, khususnya Reksa Dana dengan underlying efek  saham.

  • Tingkat Suku Bunga

Tingkat suku bunga juga mempengaruhi naik dan turunnya kinerja Reksa Dana. Hal ini terutama diperuntukkan untuk jenis Reksa Dana Pasar Uang. Apabila suku bunga naik, maka akan memicu kenaikan suku bunga deposito dan tentunya kinerja Reksa Dana Pasar Uang.

Penurunan tingkat suku bunga tidak selalu berpengaruh negatif pada kinerja Reksa Dana keseluruhan. Karena jika suku bunga turun,  Reksa Dana saham dan Reksa Dana Pendapatan Tetap akan mengalami peningkatan kinerja karena obligasi dan saham cenderung naik.

  • Kinerja Sektor Terkait

Kinerja sektor terkait yang dimaksud ialah performa sektor-sektor yang menjadi underlying Reksa Dana.

Misalnya, jika suatu Reksa Dana mengkonsentrasikan investasinya pada portofolio efek di sektor minyak dan gas bumi, maka pergerakan naik turunnya harga minyak dunia akan sangat mempengaruhi kinerja Reksa Dana tersebut. Begitu pula halnya dengan Reksa Dana Pasar Uang yang berinvestasi pada instrument Pasar Uang,  naik turunnya suku bunga dan mata uang berpengaruh pada kinerja Reksa Dana tersebut.

  • Keahlian Manajer Investasi

Keahlian Manajer Investasi dalam mengelola Reksa Dana sangat berpengaruh pada kinerja Reksa Dana. Kepiawaian Manajer Inevstasi dalam memilih efek yang tepat untuk dijadikan portofolio efek Reksa Dana, serta dalam  transaksi Reksa Dana, menentukan timing kapan waktunya untuk beli atau jual efek, sangat mempengaruhi kinerja Reksa Dana. Karena itu pula biaya setiap Manajer Investasi bisa berbeda-beda.

Tentu biaya jasa manajer investasi ini juga patut Anda perhitungkan dan perhitungkanlah apakah sebanding dengan kinerjanya.

  • Dana kelolaan Reksa Dana

Kinerja Reksa Dana pun juga tergantung dari dana kelolaan Reksa Dana tersebut. Reksa Dana dengan dana kelolaan cukup besar lebih mudah ditransaksikan, dibandingkan dengan Reksa Dana dengan dana kelolaan kurang. Diversifikasi yang dilakukan Manajer Investasi pun bisa lebih luas ke berbagai efek, namun harus sesuai dengan kebijakan investasi yang telah ditetapkan.

Demikianlah  beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja Reksa Dana yang perlu Anda ketahui. Faktor-faktor diatas dapat Anda jadikan pertimbangan dalam berinvestasi Reksa Dana. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *