Hal Yang Harus Diketahui Saat Berinvestasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

seminar-reksa-dana-medan-12-september-2020
Seminar “Reksa Dana Sebagai Investasi Masa Depan yang Mudah dan Terjangkau” di Hotel JW Marriot Medan, 12 September 2019
September 12, 2020
obligasi-atau-reksa-dana-pendapatan-tetap
Obligasi atau Reksa Dana Pendapatan Tetap?
September 23, 2020
Show all

Hal Yang Harus Diketahui Saat Berinvestasi Reksa Dana Pendapatan Tetap

hal-yang-harus-diketahui-saat-berinvestasi-reksa-dana-pendapatan-tetap

Apa yang muncul di benak anda jika mendengar istilah “Reksa Dana Pendapatan Tetap”? Banyak orang yang beranggapan bahwa Reksa Dana Pendapatan Tetap merupakan jenis Reksa Dana yang akan memberikan pendapatan tetap layaknya gaji bulanan. Padahal anggapan tersebut tidak benar. Lalu apa itu Reksa Dana Pendapatan Tetap?

Apa Itu Reksa Dana Pendapatan Tetap?

Tidak jauh beda dengan jenis Reksa Dana lainnya, Reksa Dana Pendapatan Tetap juga  menghimpun dana investor, yang kemudian dialokasikan pada portofolio efek oleh Manajer Investasi.

Perbedaannya ialah pada Reksa Dana Pendapatan Tetap alokasi dana investasi minimal 80% pada efek bersifat utang, seperti obligasi, sukuk, SBN.

Obligasi, sukuk, SBN juga merupakan efek yang tercatat di Bursa Efek Indonesia seperti halnya saham. Obligasi dapat dijelaskan sebagai surat utang yang dapat dipindahtangankan, berisi janji dari pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut. Sukuk, sering disebut dengan istilah obligasi Syariah, merupakan efek Syariah berupa bukti kepemilikan yang bernilai sama dan mewakili bagian yang tidak terpisahkan atau tidak terbagi atas aset yang mendasarinya. Selanjutnya SBN merupakan Surat Berharga Negara yang terdiri dari Surat Utang Negara (SUN) dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). SUN adalah surat pengakuan utang yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh negara, sedangkan SBSN adalah sukuk negara..

Dengan berinvestasi pada efek bersifat utang, Reksa Dana Pendapatan Tetap akan memperoleh kupon/fee/nisbah secara periodik dari efek bersifat utang yang dibeli, dan capital gain dari penjualan efek bersifat utang. .

Risiko Reksa Dana Pendapatan Tetap

Ada beberapa risiko yang terdapat pada Reksa Dana Pendapatan Tetap. Seperti, risiko fluktuasi harga yang terjadi di pasar modal cukup mempengaruhi nilai investasi. Namun umumnya risiko ini diperkecil dengan adanya diversifikasi investasi. Kemudian, risiko gagal bayar dimana perusahaan penerbit obligasi atau surat utang mengalami gagal bayar yang diakibatkan oleh berbagai hal.

Kapan dan Dimana Beli Reksa Dana Pendapatan Tetap?

Saat ini sangat mudah untuk bisa berinvestasi Reksa Dana. Anda bisa berinvestasi kapan dan dimana saja. Ada banyak Portal Transaksi Online Reksa Dana yang bisa kamu pilih sebagai tempat untuk membeli Reksa Dana   

Bagi anda yang punya tujuan investasi jangka menengah dan profil risiko mederat bisa mencoba berinvestasi di Reksa Dana jenis ini.

Investasi di Reksa Dana Pendapatan Tetap pun tidak perlu modal besar. Sama dengan jenis Reksa Dana lainnya, anda bisa mulai berinvestasi dengan Rp100 ribu . Bahkan ada beberapa Reksa Dana yang nilai pembelian minimumnya sangat kecil yaitu Rp10.000.

Dan Reksa Dana ini juga tetap fleksibel jika kamu ingin mencairkan dananya kapan saja.

Jadi gimana? Tertarik berinvestasi di Reksa Dana Pendapatan Tetap? Mulailah berinvestasi dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *