Inflasi dan Pengaruhnya Terhadap Investasi yang Perlu Diketahui

yuk-kenali-ciri-ciri-investasi-bodong-agar-tidak-mudah-tertipu
Yuk Kenali Ciri-ciri Investasi Bodong Agar Tidak Mudah Tertipu
November 16, 2022
Show all

Inflasi dan Pengaruhnya Terhadap Investasi yang Perlu Diketahui

inflasi-dan-pengaruhnya-terhadap-investasi-yang-perlu-diketahui

Inflasi dan pengaruhnya terhadap investasi bisa dibilang cukup signifikan. Terlebih kondisi pandemi yang membuat perekonomian dunia sedikit terguncang, sehingga dapat. membuat nilai uang mengalami penurunan atau inflasi. Tidak berhenti disitu saja sebab penurunan nilai uang juga akan mempengaruhi tabungan dan instrumen investasi lainnya.

Penurunan nilai uang atau yang sering disebut inflasi ini menjadi salah satu yang menakutkan untuk para investor. Tingkat inflasi yang tinggi bisa membuat perekonomian suatu negara turun drastis. Dampak yang terjadi dari fenomena ini memang sangat bervariasi. Ketika suatu negara mengalami inflasi tentu saja perusahaan yang ada dalam negara tersebut juga akan terkena dampaknya.

Dalam sejarah ekonomi tercatat ada beberapa negara yang mengalami krisis akibat inflasi yang sangat tinggi. Salah satu negara yang baru-baru ini mengalami krisis keuangan adalah Sri Lanka. Negara tersebut mengalami gagal bayar hutang yang membuat perekonomiannya mengalami keterpurukan. Kondisi ini membuktikan jika pengaruh inflasi cukup besar termasuk dalam dunia investasi.

Definisi dari inflasi sebenarnya cukup luas, bisa juga diartikan sebagai kenaikan harga barang atau jasa secara periodik dari tahun ke tahun. Tingginya tingkat inflasi mempunyai peran yang sangat penting untuk memperkirakan nilai riil dari investasi. Jika terdapat kenaikan harga hanya pada satu produk saja seperti halnya kenaikan harga minyak goreng yang terjadi beberapa waktu lalu belum bisa dikatakan sebagai inflasi.

Inflasi dan pengaruhnya terhadap investasi perlu menjadi perhatian bagi Anda sebagai seorang investor. Untuk suatu perusahaan pun juga akan menjadi masalah jika tidak memperhatikan kondisi perekonomian negara yang terjadi. Jika suatu perusahaan tidak mampu bertahan dari dampak perubahan ekonomi maka bisa saja mengalami kebangkrutan.

Jika dilihat dari segi perekonomian masyarakat, pengaruh inflasi akan membuat pendapatan masyarakat berkurang karena nilai uang yang lebih rendah. Sedangkan untuk harga bahan pokok justru naik yang membuat kondisi ini semakin mengkhawatirkan. Inflasi juga mempengaruhi harga pokok yang semakin sulit ditebak. Masalah ini juga membuat masyarakat kesulitan dalam melakukan rencana keuangan.

Inflasi sangat merugikan dunia investasi, saat akan menghitung keuntungan yang didapat dari investasi tentu Anda harus mempertimbangkan tingkat inflasi dan pengembalian aset yang nyata. Untuk membantu Anda dalam menghitung keuntungan berinvestasi, Anda membutuhkan ahli keuangan atau Anda juga bisa berinvestasi pada produk Reksa Dana yang dikelola oleh  manajer investasi

Namun jika Anda mengelola investasi sendiri, , sebaiknya sebelum melakukan investasi dengan tujuan jangka panjang seperti tabungan pendidikan atau dana pensiun Anda harus membuat portofolio investasi yang didalamnya sudah memperhitungkan tingkat inflasi. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang ketika dihadapkan dengan kondisi perekonomian yang kurang baik.

Dengan terjadinya Inflasi dan pengaruhnya terhadap investasi membuat masyarakat enggan untuk berinvestasi. Masyarakat tentu lebih memilih untuk membeli kebutuhan sehari-hari daripada harus menyisihkan uang nya untuk berinvestasi. Harga bahan pokok yang melambung tinggi membuat masyarakat kesulitan untuk mengatur keuangan.

Namun, salah satu cara untuk mengatasi inflasi adalah dengan berinvestasi. Di masa sekarang kita tidak bisa hanya mengandalkan tabungan yang bunganya akan tergerus inflasi. Selain itu, kita juga dapat melakukan diversifikasi aset keuangan. Pahami mengenai diversifikasi dengan membaca artikel ini

Kesimpulannya, sebagai investor kita harus memahami strategi dalam mengelola investasi dan paham mengenai keadaan ekonomi saat ini agar dapat meminimalisir risiko yang dapat terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *