Ingin Beli Mobil Baru? Wujudkan Dengan Investasi Reksa Dana Ini

hindari-3-kesalahan-fatal-ini-saat-berinvestasi-reksa-dana
Hindari 3 Kesalahan Fatal Ini Saat Berinvestasi Reksa Dana
May 26, 2021
jangan-panik-ini-tips-nyaman-investasi-reksa-dana-saham-meski-harga-turun
Jangan Panik, Ini Tips Nyaman Investasi Reksa Dana Saham Meski Harga Turun
June 1, 2021
Show all

Ingin Beli Mobil Baru? Wujudkan Dengan Investasi Reksa Dana Ini

ingin-beli-mobil-baru-wujudkan-dengan-investasi-reksa-dana-ini

Saat ini bagi sebagian orang, mobil atau kendaraan sudah bukan merupakan kebutuhan tersier melainkan sudah menjadi salah satu kebutuhan yang harus ada di masyarakat karena fungsinya yang cukup penting untuk mobilitas dan beraktivitas. Mengingat fungsinya yang penting, sebagian orang memilih untuk menjadikan mobil sebagai tujuan keuangan mereka termasuk dalam berinvestasi.

Apakah salah menjadikan mobil sebagai tujuan keuangan berinvestasi? Tentu tidak. Dalam berinvestasi, apa saja bisa menjadi tujuan keuangan termasuk mobil atau kendaraan. Justru ini sangat membantu kita dalam menentukan investasi apa yang cocok untuk bisa mewujudkan tujuan keuangan tersebut.

Investasi Reksa Dana bisa menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk mewujudkannya. Berikut ini adalah cara dan tips investasi Reksa Dana untuk tujuan keuangan beli mobil baru.

Tentukan Jenis Mobil Yang Akan Dibeli

            Sebelum memulai berinvestasi, tentukan dulu mobil apa yang jadi tujuan keuangan Anda. Ada banyak sekali jenis mobil dan setiap jenisnya memiliki harga yang berbeda. Harga mobil tentu mempengaruhi jumlah dana investasi, dan jangka waktunya.

Pertimbangkan mengenai harga, tipe, fitur, harga jual dan hal-hal detail lainnya. Pilihlah mobil yang manfaatnya bisa dimaksimalkan sehingga value nya sebanding dengan harga yang dikeluarkan. Jadi, pastikan Anda sudah menentukan jenis mobil yang akan dibeli secara detail sebelum memulai berinvestasi.

Pilih Reksa Dana Yang Pas

Jika sudah tahu mobil mana yang akan Anda beli beserta rincian harganya maka baru tentukan investasi mana yang tepat untuk menyiapkan dana guna beli mobil baru. Jika Reksa Dana adalah investasi yang kamu pilih maka carilah produk Reksa Dana yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Tentunya juga harus sesuai dengan profil risiko Anda.

Ada banyak produk Reksa Dana yang bisa dibeli, namun setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebaiknya Anda tentukan dulu berapa lama Anda ingin berinvestasi. Umumnya, untuk tujuan keuangan beli mobil baru Anda membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 5 tahun untuk menyiapkan dana. Untuk jangka waktu 3 hingga 5 tahun, Anda bisa pilih Reksa Dana Reksa Dana campuran karena potensi return cukup besar dibandingkan dengan bunga deposito bank.

Lakukan Simulasi Investasi

            Saat ini banyak sekali platform yang bisa Anda gunakan untuk berinvestasi Reksa Dana. Anda bisa melakukan analisa sederhana untuk menentukan produk Reksa Dana juga melakukan simulasi dengan kondisi yang Anda miliki. Ada platform yang menyediakan simulasi atau contoh investasi berdasarkan jumlah dana dan jangka waktu pada masing-masing produk Reksa Dana. Anda bisa menggunakannya untuk melihat gambaran investasi yang akan Anda lakukan dan memilih produk yang tepat.

Bijak Berinvestasi, Sesuaikan Kemampuan

            Jika produk Reksa Dana sudah dipilih maka selanjutnya adalah untuk bijak berinvestasi. Investasi merupakan hal yang penting dilakukan namun tidak bisa menggantikan pentingnya dana untuk kebutuhan pokok. Pastikan bahwa Anda sudah memenuhi semua kebutuhan pokok kemudian baru menyisihkannya untuk berinvestasi.

Strategi mengatur keuangan yang paling umum dilakukan ialah menggunakan rumus 40-30-20-10 yakni 40% dari pendapatan untuk memenuhi kebutuhan pokok, 30% untuk cicilan, 20% untuk investasi masa depan dan 10% untuk kebaikan. Jadi, investasilah dengan 20% dari pendapatan bersih Anda agar keuangan Anda tetap stabil.

Kesalahan fatal yang banyak dilakukan akibat tidak bijak berinvestasi ialah menaruh dana investasi lebih besar daripada dana untuk kebutuhan atau menggunakan uang pinjaman alias hutang untuk berinvestasi. Hal ini justru akan mempersulit Anda mencapai tujuan keuangan Anda. Jadi, pastikan Anda bijak berinvestasi dengan menyesuaikan dana investasi sesuai dengan kemampuan finansial.  Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *