Ingin Investasi Rendah Risiko? Reksa Dana Pasar Uang Bisa Jadi Pilihan

jangan-lupa-evaluasi-kinerja-investasi-reksa-dana
Jangan Lupa Evaluasi Kinerja Investasi Reksa Dana
June 24, 2021
tips-menghadapi-turunnya-nilai-investasi-reksa-dana
Tips Menghadapi Turunnya Nilai Investasi Reksa Dana
June 29, 2021
Show all

Ingin Investasi Rendah Risiko? Reksa Dana Pasar Uang Bisa Jadi Pilihan

ingin-investasi-rendah-risiko-reksa-dana-pasar-uang-bisa-jadi-pilihan

Berbicara mengenai investasi, mungkin sebagian orang sangat tertarik untuk mengembangkan dananya dengan  berinvestasi. Namun juga  ada sebagian lainnya yang masih enggan untuk berinvestasi ,dan alasan yang paling umum adalah mengenai risiko saat berinvestasi.

Risiko dan investasi memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Tidak ada investasi yang tidak berisiko dan setiap yang memiliki potensi return maka berpotensi terjadi risiko. Namun bukan berarti Anda jadi tidak kunjung mulai berinvestasi hanya karena takut mengambil risiko ketika investasi.

Bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi tapi takut dengan risiko maka Reksa Dana pasar uang bisa jadi pilihan . Reksa Dana sendiri dapat diartikan sebagai kumpulan dana dari investor yang dikelola oleh Manajer Investasi untuk diinvestasikan ke portofolio efek.

Mengapa harus Reksa Dana Pasar Uang?

Reksa Dana sendiri  terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu Reksa Dana pasar uang, Reksa Dana pendapatan tetap, Reksa Dana campuran, dan Reksa Dana saham.

Dari keempat jenis tersebut, Reksa Dana pasar uang yang memiliki risiko paling rendah. Reksa Dana pasar uang ialah jenis Reksa Dana yang portofolio investasinya 100% berisi instrumen pasar uang dan/atau efek bersifat utang yang jangka waktu/jatuh tempo tidak lebih  dari satu tahun.

Reksa Dana pasar uang bisa jadi pilihan bagi investor yang masih pemula dan tidak berani mengambil risiko besar.

dibandingkan dengan jenis Reksa Dana lainnya, Reksa Dana pasar uang lebih stabil dan tidak banyak dipengaruhi oleh kondisi pasar maupun ekonomi.

Sama-sama memiliki risiko yang rendah, apa keuntungan Reksa Dana pasar uang dibandingkan deposito bank?

  • Potensi Return relatif  Lebih Tinggi

Dibandingkan dengan deposito, potensi tingkat imbal hasil atau return Reksa Dana pasar uang relatif lebih tinggi dibandingkan deposito. Kemudian, jika di deposito nasabah akan dikenakan pajak, pada Reksa Dana pendapatan investor tidak dikenakan pajak lagi.

  • Modal Investasi Kecil

Reksa Dana pasar uang termasuk investasi yang murah karena bisa dibeli hanya dengan modal Rp100 ribu bahkan beberapa Reksa Dana pasar uang dapat dibeli dengan minimal pembelian Rp10 ribu. Berbeda dengan deposito yang umumnya mengharuskan modal awal yang cukup besar yakni Rp5 juta. Selain itu, investasi Reksa Dana bisa dengan mudah dibeli secara online melalui portal transaksi online penjualan Reksa Dana.

  • Jangka Waktu Investasi Fleksibel

Kelebihan lainnya dari Reksa Dana pasar uang ialah Anda bisa melakukan investasi dengan jangka waktu yang fleksibel atau tidak terikat waktu. Sedangkan pada deposito Anda terikat oleh waktu yang ditetapkan sejak awal. Jika deposito Anda hanya bisa melakukan pencairan saat jatuh tempo dan jika dipercepat akan dikenakan denda. Sedangkan pada Reksa Dana, Anda bisa melakukan pencairan kapanpun tanpa khawatir ada denda dan biaya pencairan.

Reksa Dana pasar uang memang bisa menjadi pilihan untuk investor yang ingin memulai investasi dan tidak ingin mengambil risiko terlalu besar. Namun sebagai investor Anda harus tetap ingat dan paham bahwa meskipun memiliki risiko paling rendah dibandingkan dengan Reksa Dana lainnya, Reksa Dana pasar uang tetap memiliki risiko investasi. Sebelum berinvestasi, pahami cara kerja Reksa Dana, pertimbangkan segala hal dalam memutuskan Manajer Investasi dan Reksa Dana yang menjadi pilihan. Perhatikan pengalaman, rekam jejak Manajer Investasi, kinerja Manajer Investasi dan juga kinerja Reksa Dana yang Anda pilih. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *