Ini Dia Seluk Beluk Reksa Dana Syariah Yang Perlu Diketahui

tips-menghadapi-turunnya-nilai-investasi-reksa-dana
Tips Menghadapi Turunnya Nilai Investasi Reksa Dana
June 29, 2021
menimbang-manfaat-dan-risiko-investasi-reksa-dana
Menimbang Manfaat dan Risiko Investasi Reksa Dana
July 30, 2021
Show all

Ini Dia Seluk Beluk Reksa Dana Syariah Yang Perlu Diketahui

Ini-dia-seluk-beluk-reksa-dana-syariah-yang-perlu-diketahui

Reksa Dana syariah merupakan jenis investasi Reksa Dana yang hadir sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mulai investasi namun khawatir tentang kehalalan produk investasi. Adanya Reksa Dana syariah sedikit banyak menarik perhatian calon investor khususnya masyarakat muslim.

Reksa Dana syariah sebenarnya sudah mulai diperkenalkan di Indonesia sejak 1997. Reksa Dana syariah adalah wadah investasi dimana dananya dikelola oleh manajer investasi (MI), yang kemudian di investasikan ke instrumen dan efek syariah seperti  saham syariah, sukuk, atau instrumen pasar uang syariah .

Berbeda dengan Reksa Dana konvensional, Reksa Dana syariah hanya dapat menginvestasikan dananya pada portofolio efek  yang sesuai dengan prinsip syariah di pasar modal atau yang terdaftar dalam Daftar Efek Syariah (DES)

Daftar Efek Syariah sendiri ialah kumpulan efek-efek syariah yang ditetapkan oleh OJK atau diterbitkan oleh Pihak Penerbit Daftar Efek Syariah. Agar lebih tahu dan paham mengenai Reksa Dana syariah, berikut ini informasi tentang Reksa Dana syariah.

Jenis Reksa Dana Syariah

Seperti halnya Reksa Dana konvensional, umumnya masyarakat mengenal 4 jenis Reksa Dana syariah:

  1. Reksa Dana Syariah Pasar Uang, yakni Reksa Dana yang menempatkan dananya  pada instrumen pasar uang syariah dan/atau efek syariah berpendapatan tetap dengan jangka waktu/jatuh tempo tidak lebih dari 1 (satu) tahun.
  2. Reksa Dana Syariah Pendapatan Tetap, yakni Reksa Dana yang menginvestasikan dananya paling sedikit 80% dari NAB dalam bentuk efek syariah berpendapatan tetap.
  3. Reksa Dana Syariah Campuran, yakni Reksa Dana yang melakukan investasi pada efek syariah berpendapatan tetap, efek syariah ekuitas, dan/atau intrumen pasar uang yang sesuai dengan prinsip syariah di pasar modal, masing-masing paling banyak 79%  dari nilai aktiva bersih, dan dalam portofolio efek Reksa Dana tersebut wajib terdapat efek syariah ekuitas dan efek syariah berpendapatan tetap.
  4. Reksa Dana Syariah Saham, yakni Reksa Dana yang menginvestasikan dana paling sedikit 80% dari nilai aktiva bersih dalam bentuk efek syariah ekuitas .

Mekanisme Reksa Dana Syariah

Investor berinvestasi pada Reksa Dana syariah dan menguasakan dananya untuk dikelola manajer investasi (MI). Selanjutnya, Manajer Investasi menginvestasikan dana kelolaan Reksa Dana  ke portofolio efek-Syariah yang termasuk dalam Daftar Efek Syariah (DES).

Dana Reksa Dana Syariah yang terkumpul tidak di simpan sendiri oleh Manajer Investasi melainkan disimpan dan diadministrasikan oleh Bank Kustodian syariah terpisah dari rekening Manajer Investasi ataupun Bank Kustodian. Sebagai imbalannya, baik manajer investasi dan bank kustodian mendapatkan fee atas jasa.

Sedikit berbeda dengan Reksa Dana konvensional, dalam investasi Reksa Dana syariah terdapat Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang memiliki tugas mengawasi seluruh proses yang terjadi pada Reksa Dana syariah dalam rangka pemenuhan prinsip syariah di Pasar Modal secara berkelanjutan. Dewan Pengawas Syariah (DPS) wajib memiliki izin Ahli Syariah Pasar Modal dari OJK.

Selain itu, yang membedakan antara Reksa Dana syariah dengan konvensional adalah adanya mekanisme cleansing atau pembersihan dari unsur-unsur non halal. Contohnya ialah fee atau bunga yang ada pada rekening Reksa Dana syariah atau bisa juga ketika ada efek dalam portofolio yang tidak lagi masuk dalam Daftar Efek Syariah. Karena itu, Manajer Investasi wajib segera menjual efek tersebut maksimal 10 hari kerja sejak saham tidak lagi tercantum dalam DES dan/atau sejak efek selain saham/instrument pasar uang tidak memenuhi prinsip syariah di Pasar Modal .

Hasil dari cleansing yang dilakukan pada Reksa Dana syariah akan digunakan untuk tujuan  dana sosial. Hal ini salah satu upaya yang dilakukan pada Reksa Dana syariah untuk menjamin kehalalannya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *