Investasi Reksa Dana Rutin Jangka Panjang Lebih Untung? Ini Penjelasannya

tips-cerdas-investasi-reksa-dana
Tips Cerdas Investasi Reksa Dana
May 10, 2021
jangan-asal-pilih-kenali-dulu-jenis-jenis-reksa-dana-campuran
Jangan Asal Pilih, Kenali Dulu Jenis-jenis Reksa Dana Campuran
May 19, 2021
Show all

Investasi Reksa Dana Rutin Jangka Panjang Lebih Untung? Ini Penjelasannya

investasi-reksa-dana-rutin-jangka-panjang-lebih-untung-ini-penjelasannya

Pada dasarnya investasi penting dilakukan untuk menjaga nilai uang dari ancaman inflasi sekaligus mencari keuntungan dari uang atau modal yang kita miliki. Reksa Dana adalah salah satu instrumen investasi mudah yang tidak membutuhkan banyak waktu untuk memilih aset karena ada Manajer Investasi yang mengelolanya.

Kinerja sebuah Reksa Dana dapat dilihat dari pertumbuhan nilai aktiva bersih per unit (NAB/unit) yang mencerminkan harganya dalam waktu tertentu. Jadi, return yang diperoleh juga bervariasi tergantung pada jumlah modal dan jangka waktu investasi.

Perbedaan jangka waktu investasi ini sebenarnya akan berpengaruh pada penentuan jenis Reksa Dana yang digunakan. Jika hanya ingin berinvestasi  jangka pendek dalam waktu 1 tahun maka lebih baik memilih Reksa Dana pasar uang yang stabil dan memiliki likuiditas tinggi. Namun kekurangannya, return yang bisa diperoleh tidak maksimal termasuk jika digunakan untuk investasi jangka panjang.

Sedangkan jika ingin berinvestasi dalam jangka waktu panjang atau lebih dari 5 tahun maka Reksa Dana saham jadi pilihan terbaik karena berpotensi memberikan return tinggi. Reksa Dana saham memiliki risiko fluktuasi yang tinggi jika dilakukan dalam jangka pendek.

Semakin lama Anda berinvestasi maka semakin besar pula nilai investasi Anda karena potensi returnnya yang lebih optimal. Hal ini disebabkan karena adanya efek compound interest (bunga berbunga) dalam investasi.

 Bunga berbunga yang artinya bunga dari investasi Anda akan tergabung pada modal sebelumnya yang juga akan berbunga, dan kemudian akan berbunga lagi sehingga pertumbuhannya terakumulasi seterusnya secara exponential.

Karena pada dasarnya investasi membutuhkan waktu  untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal. Investasi yang Anda lakukan hari ini jika dilakukan secara rutin dan konsisten akan memiliki dampak yang cukup besar.

jangka waktu investasi serta strategi sangat mempengarui hasil yang bisa di dapatkan.  Dengan menggunakan teori Compound Interest, return akan terus ditambahkan ke nilai investasi dan nilai investasi yang sudah ditambahkan ini akan terus bertumbuh, begitu seterusnya.

Mengapa dengan modal dan jenis investasi yang sama bisa memberikan hasil yang berbeda?

Hal ini juga bisa disebabkan oleh fluktuasi harga pasar. Investor yang membeli Reksa Dana secara berkala memperoleh harga (NAB/unit) yang bervariasi setiap bulannya. Jumlah unit Reksa Dana yang dimiliki investor  tersebut juga bisa semakin bertambah seiring dengan kenaikan harga.

Sedangkan investor yang membeli Reksa Dana sekali di awal hanya memperoleh harga di satu harga saja, sehingga nilainya mengikuti dengan pergerakan pasar. Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *