Investasi Reksa Dana Saham Atau Saham, Mana yang Lebih Baik

waktu-yang-tepat-menjual-kembali-unit-penyertaan-reksa-dana
Waktu yang Tepat Menjual Kembali Unit Penyertaan Reksa Dana
September 2, 2020
Show all

Investasi Reksa Dana Saham Atau Saham, Mana yang Lebih Baik

investasi- reksa-dana-saham-atau-saham-mana-yang-lebih-baik

Untuk tahu mana yang lebih baik antara investasi Reksa Dana Saham dengan investasi Saham, kita perlu tahu dulu pengertian dan definisi keduanya. Selain itu, ada beberapa hal yang membedakan antara Reksa Dana Saham dengan Saham yang bisa digunakan untuk menarik kesimpulan.

Apa Itu Saham?

Saham dapat didefinisikan sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau pihak dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Jadi ketika kita membeli saham suatu perusahaan, maka dapat dikatakan bahwa kita memiliki klaim atas pendapatan perusahaan tersebut.

Apa itu Reksa Dana Saham?

Reksa Dana dapat didefinisikan sebagai sebuah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat yang selanjutnya dana investasi tersebut dikelola oleh Manajer Investasi dalam portofolio efek sesuai dengan kebijakan investasi yang telah ditetapkan dalam Kontrak Investasi Kolektif (KIK).

Reksa Dana sendiri memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah Reksa Dana Saham. Reksa Dana Saham merupakan jenis Reksa Dana yang menempatkan investasinya minimal 80% dari NAB  pada efek ekuitas/saham.

Agar semakin jelas, mari kita bahas mengenai beberapa perbedaan antara Saham dan Reksa Dana Saham berikut ini.

  • Keputusan Investasi

Investasi Saham, artinya investor membeli Saham secara langsung. Jadi mulai dari analisis juga pertimbangan dilakukan sendiri oleh investor. Perusahaan sekuritas hanya melayani transaksi jual beli Saham saja.

Sedangkan, jika investasi di Reksa Dana Saham, maka ada Manajer Investasi yang akan mengelola dana investasi kita. Jadi, Manajer Investasilah yang akan mengalokasikan dana ke Saham mana saja yang dibeli, apakah dijual, atau ditahan, berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Manajer Investasi. Investor hanya memantau kinerja Reksa Dana dan keputusan yang diambil oleh Manajer Investasi.

  • Risiko

Meskipun sama-sama pada efek Saham, antara investasi Saham dengan Reksa Dana Saham memiliki tingkat risiko yang sedikit berbeda. Pada investasi Saham, karena setiap keputusan merupakan tanggung jawab pribadi investor maka risiko juga menjadi tanggung jawab kita sendiri. Setiap investor membutuhkan analisis yang benar agar risiko bisa dihindari.

Sedangkan jika investasi pada Reksa Dana Saham, ada Manajer Investasi yang lebih ahli dalam pengelolaan investasi. Sistem kerja Reksa Dana yang menerapkan diversifikasi efek dapat meminimalisir risiko investasi..

 Tata cara pembelianUntuk Saham, investor membeli saham melalui perusahaan sekuritas, sesuai dengan harga saham pada saat itu, dengan minimal pembelian 1 lot (100 lembar) Saham.

Sedangkan Reksa Dana Saham, investor membeli Unit Penyertaan Reksa Dana melalui Manajer Investasi/APERD/gerai penjualan Reksa Dana. Nilai minimum untuk pembelian Reksa Dana mulai dari Rp10.000,-

Terkait penjualan atau pencairan investasi, baik Saham atau Reksa Dana Saham dapat dilakukan kapan saja. Hanya untuk Reksa Dana, terdapat waktu paling lambat 7 hari bursa untuk pembayaran/pelunasan hasil penjualan Kembali Reksa Dana disampaikan ke rekening investor.

Untuk pajak, antara Saham dan Reksa Dana Saham juga berbeda. Jika investasi Saham, terdapat pajak yang dibebankan pada investor sebesar 0,1% dari nilai bruto transaksi penjualan Saham.. Lalu saat menerima dividen, ada pajak 10% otomatis dipotong pada saat dividen dibayarkan. Sedangkan, Reksa Dana Saham, imbal hasil yang diterima investor tidak termasuk dalam objek pajak. Meskipun tidak termasuk objek pajak, penghasilan investasi ini tetap dilaporkan dalam SPT Tahunan.

Itulah beberapa perbedaan antara Saham dan Reksa Dana Saham yang mudah untuk dipahami.  Jadi, mau investasi di mana nih? Saham atau Reksa Dana Saham? Selamat Berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *