Jangan Ragu Berinvestasi, Reksa Dana Kini Ada yang Terproteksi

Menyiapkan Dana Pendidikan Untuk Buah Hati, Asuransi, Tabungan Pendidikan atau Reksa Dana ya?
April 22, 2019
Angka Tagihan dan Cicilan Semakin Besar? Kendalikan Mulai Sekarang!
April 24, 2019
Show all

Jangan Ragu Berinvestasi, Reksa Dana Kini Ada yang Terproteksi

Salah satu instrumen investasi yang saat ini mulai digemari banyak investor pemula adalah Reksa Dana. Apa sih yang membuat investasi ini menjadi semakin populer? Reksa Dana dapat dikatakan sebagai investasi termudah bagi masyarakat awam yang ingin mulai berinvestasi. Mereka yang ingin menanamkan modal dengan cara ini tidak perlu belajar secara mendalam mengenai instrumen-instrumen investasi. Hal ini karena proses pelaksanaannya dibantu oleh Manajer Investasi. Ada 4 jenis Reksa Dana yang dapat dipilih, yakni Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Saham, dan Reksa Dana Campuran.

Reksa Dana Pasar uang merupakan Reksa Dana yang mengalokasikan dana investasi pada pasar uang dengan jangka singkat yakni kurang dari 1 tahun. Reksa Dana ini memiliki tingkat resiko paling rendah dan bersifat liquid atau mudah dicairkan. Hal ini karena nilai investasi tidak terlalu fluktuatif dibandingkan dengan Reksa Dana jenis lain. Mengingat resikonya tidak terlalu besar, imbal hasil dari investasi ini juga lebih kecil. Jenis Reksa Dana yang kedua adalah Reksa Dana Pendapatan Tetap. Reksa Dana ini berbeda dengan Reksa Dana Pasar Uang, adapun pembagian investasinya sebagian dana dimasukkan pada efek hutang dengan komposisi minimal 80% hingga 100% untuk obligasi dan 0% hingga 20% untuk pasar uang ataupun saham. Reksa Dana Pendapatan tetap memberikan tingkat imbal hasil lebih besar dari pada Reksa Dana Pasar uang. Untuk Reksa Dana ini, biasanya memiliki jangka waktu menengah, kurang lebih 1 tahun.

Untuk mendapatkan imbal hasil lebih besar lagi, investor dapat memilih jenis Reksa Dana yang ketiga yaitu Reksa Dana Saham. Jenis Reksa Dana ini memiliki imbal yang lebih besar untuk investor, namun, hal yang perlu diperhatikan adalah jenis Reksa Dana ini juga memiliki resiko yang tidak kecil karena portfolionya berbentuk saham yang mana akan sangat fluktuatif nilainya mengikuti harga saham. Reksa Dana Saham dapat dipilih oleh investor yang menginginkan investasi jangka panjang. Jenis Reksa Dana yang keempat adalah Reksa Dana Campuran. Reksa Dana Campuran mengalokasikan investasi untuk seluruh instrumen Reksa Dana baik saham, obligasi dan juga pasar uang.

Selain keempat jenis Reksa Dana yang cukup sering terdengar, ada salah satu Reksa Dana yang juga dapat dipertimbangkan sebagai pilihan berinvestasi, yaitu Reksa Dana Terproteksi. Sesuai dengan namanya, jenis Reksa Dana ini memberikan perlindungan pada nilai investasi awal apabila pemegang unit memegang Reksa Dana sampai tanggal jatuh tempo dengan mekanisme pengelolaan portofolio investasi. Reksa Dana jenis ini secara berkala melakukan pembagian hasil dengan bentuk dividen. Meskipun memiliki nama terproteksi, bukan berarti investasi Reksa Dana Terproteksi benar-benar tak memiliki resiko ya. Secara umum, Reksa Dana Terproteksi ini memiliki mekanisme yang sama dengan Reksa Dana Pendapatan Tetap. Akan tetapi, terdapat perbedaan pada mekanisme dalam mengelola dana investor yang mana Reksa Dana Terproteksi milik para investor akan membeli surat utang dan menahan surat utang tersebut hingga jatuh tempo. Hal ini yang menjadi dasar disebutnya Reksa Dana Terproteksi. Jadi, dengan memilih Reksa Dana Terproteksi, selama perusahaan penerbit surat utang tidak mengalami gagal bayar, investor akan memperoleh unsur proteksi atas nilai investasi awal. Nah sudah memutuskan untuk kapan memulai berinvestasi? Jangan lupa untuk memilih secara cermat dan tepat investasi yang sesuai dengan rencana masa depan ya. Perhatikan secara lebih detail yang dibutuhkan, angka timbal balik yang besar atau proteksi  investasi.

Sumber: kompas.com/mengenal-reksa-dana-terproteksi/https://www.ekonomi.kompas.com/23-05-2018/Di akses pada 26-03-2019, 09.30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *