Kapan dan Bagaimana Mencairkan Reksa Dana?

alasan-kenapa-harus-coba-investasi-reksa-dana
Alasan Kenapa Harus Coba Investasi Reksa Dana
May 20, 2020
pilih-mana-reksa-dana-saham-atau-reksa-dana-pasar-uang
Pilih Mana, Reksa Dana Saham Atau Reksa Dana Pasar Uang?
May 29, 2020
Show all

Kapan dan Bagaimana Mencairkan Reksa Dana?

kapan-dan-bagaimana-mencairkan-reksa-dana

Sebelum memilih produk investasi, sebagai investor ada banyak hal yang perlu diketahui, termasuk kapan dan bagaimana cara melakukan pencairan dana investasinya. Karena ketika berinvestasi bukan hanya soal menabung atau penyetoran dana saja namun perlu juga tahu kapan dana bisa dicairkan dan bagaimana pencairan dananya.

Begitu pula dalam berinvestasi Reksa Dana. Setiap transaksi baik pembelian, penjualan kembali (pencairan) pasti ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Syarat dan ketentuan ini biasanya termuat dalam prospektus Reksa Dana yang diberikan kepada anda ketika akan berinvestasi.

Kapan bisa mencairkan Reksa Dana (redemption)?

Berbicara mengenai kapan bisa mencairkan produk Reksa Dana, sebenarnya Reksa Dana bisa anda cairkan kapan saja. Akan tetapi, sebaiknya cairkan Reksa Dana ketika tujuan investasi anda telah tercapai. Contohnya jika tujuan investasi Reksa Dana anda adalah untuk beli rumah 5 tahun ke depan, maka agar mencapai manfaat yang maksimal, sebaiknya penuhi komitmen anda dan baru mencairkan Reksa Dana setelah 5 tahun berinvestasi  .

Kapan redemption Reksa Dana dibayarkan?

Berdasarkan peraturan yang berlaku dan ketentuan yang terdapat pada prospektus, dana hasil redemption akan dibayarkan oleh Bank Kustodian kepada investor paling lambat 7 hari bursa sejak instruksi redemption diterima Manajer Investasi secara lengkap. Biasanya dikenal dengan istilah T+7.

T+7 merupakan batas maksimal hari penyelesaian transaksi redemption Reksa Dana. Akan tetapi, cepat atau tidaknya pencairan biasanya bergantung pada jenis Reksa Dana yang akan dicairkan.

Kenapa T+7?

Ketentuan T+7 digunakan karena Manajer Investasi membutuhkan waktu untuk menyelesaikan transaksi, apalagi untuk jenis Reksa Dana saham. Untuk produk Reksa Dana saham, apalagi yang nilai pencairannya cukup besar, Manajer investasi harus menjual dulu portofolio efek (saham) yang menjadi underlying Reksa Dana. Ketentuan penyelesaian transaksi (settlement) penjualan saham pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pun membutuhkan waktu 2 hari bursa atau dikenal T+2.

Bagaimana mencairkan Reksa Dana?

Transaksi redemption dapat anda lakukan di tempat awal anda membeli Reksa Dana. Misalnya anda membeli (subscription) Reksa Dana pertama kali di Bank APERD, maka anda harus mencairkan Reksa Dana di Bank APERD tersebut. Begitu pula halnya jika anda membeli Reksa Dana di Manajer Investasi/APERD/gerai penjualan, anda juga harus mencairkan Reksa Dana di Manajer Investasi/APERD/gerai penjualan tempat anda membeli Reksa Dana tersebut. Namun, tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak Manajer Investasi/APERD/gerai penjualan yang menyediakan situs/aplikasi transaksi secara online, sehingga dapat mempermudah anda dalam melakukan transaksi baik subscription, redemption, ataupun switching Reksa Dana. Terlepas dari ketentuan waktu pencairan, hal yang penting diperhatikan sebelum mencairkan dana investasi adalah memastikan data yang kita masukkan benar seperti nama dan nomor rekening bank. Jika semua sudah lengkap maka pencairan dana Reksa Dana bisa dilakukan dengan lancar. Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *