Karakteristik Reksa Dana Terproteksi

Cara Kerja Reksa Dana Terproteksi
October 9, 2019
Mempersiapkan Dana Pensiun Melalui Reksa Dana
October 22, 2019
Show all

Karakteristik Reksa Dana Terproteksi

Investasi pasar modal identik dengan modal besar dan hanya bisa diikuti kaum berduit saja? Hal ini tidak sepenuhnya benar, justru Reksa Dana adalah produk investasi murah yang bisa digunakan siapa saja, tidak seperti produk deposito, emas, dan lainnya. Sehingga dia bisa jadi solusi bagi pemodal kecil untuk berinvestasi di pasar modal. Reksa Dana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas. Jika terkumpul sebenarnya potensi Reksa Dana bisa besar dalam menumbuhkan industri pasar modal di Indonesia.

Karakteristik Reksa Dana Terproteksi

Reksa Dana Terproteksi diperuntukan bagi pemodal yang ingin berinvestasi di pasar modal dan mempunyai kecenderungan menunggu dalam jangka menengah sampai dengan panjang. Unsur proteksi dalam Reksa Dana membuat investasi ini banyak dilirik investor pemula, khususnya bagi yang terbiasa menyimpan dana dalam bentuk deposito. Reksa Dana ini mempunyai 3 karakteristik utama yaitu:

  • Punya masa jatuh tempo
  • Imbal hasil investasi dibagikan secara berkala
  • Nilai pokok investasi umumnya utuh pada saat jatuh tempo.

Namun perlu diingat bahwa meskipun Reksa Dana Terproteksi memproteksi seratus persen nilai pokok investasi pada saat jatuh tempo, sebagai produk investasi, Reksa Dana Terproteksi tetap memiliki risiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *