Kartu Kredit, Bikin Untung atau Buntung?

Tips Investasi Bagi Wanita
April 1, 2019
Ini Dia Trik Mudah Siapkan Dana Untuk Rencana S2 Kamu
April 16, 2019
Show all

Kartu Kredit, Bikin Untung atau Buntung?

Apakah kamu pernah membeli barang menggunakan kartu kredit kamu karena tergoda promo? Jika iya, sepertinya mulai sekarang kamu harus lebih disiplin dalam mengatur keuangan kamu nih! Memiliki kartu kredit memang dapat membantumu di saat-saat kritis. Namun, jika tidak dibarengi dengan tekad berhemat yang kuat, keuangan kamu bisa benar-benar tidak terkendali loh. Misalnya saja, ketika kamu berjalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan dan melihat promosi gadget dengan bunga cicilan 0% menggunakan kartu kredit. Mungkin di awal niat kamu pergi ke pusat perbelanjaan hanya ingin makan siang saja, namun melihat promo ini kamu jadi tergiur dan akhirnya membeli gadget tersebut, padahal gadget milikmu juga masih sangat layak digunakan. Pada akhirnya, kamu harus menyisihkan uang dan mengurangi nominal tabungan kamu karena harus membayar tagihan kartu kredit yang bertambah akibat gelap mata. Jika dibiarkan, hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan keuangan kamu.

Apakah Kartu Kredit Menguntungkan?

Semua hal pasti memiliki sisi positif dan negatif. Begitu pula dengan kepemilikan kartu kredit. Jika cerita di atas merupakan contoh negatif, ternyata tak selamanya memiliki kartu kredit membuatmu boros. Ada trik-trik yang bisa kamu terapkan agar kartu kreditmu dapat bermanfaat sebagaimana mestinya tanpa membuat dompet kamu tersakiti setelah hari gajian. Jadi, bisa digunakan untuk apa saja sih kartu kredit agar kantong tidak jebol? Pertama, kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk membeli alat-alat keperluan rumah yang dirasa sangat dibutuhkan namun memiliki harga yang lumayan tinggi seperti; barang-barang elektronik. Jika kita membeli barang elektronik dengan uang cash, uang gaji kita bisa habis hanya untuk membeli barang itu saja. Nah, oleh dari itu, pembelian barang elektronik mahal dapat diakali dengan menggunakan kartu kredit. Agar lebih berhemat, jangan lupa untuk bersabar dan mencari toko-toko elektronik yang sedang melakukan promosi untuk pembelian menggunakan kartu kredit. Kedua, kamu bisa memiliki kartu kredit dengan alasan cadangan biaya kesehatan. Kartu kredit dapat kita gunakan untuk membayar biaya-biaya kesehatan yang tak terduga. Misalnya, jika kita tiba-tiba jatuh sakit dan harus dirawat dirumah sakit, untuk menyiasati agar keuangan tetap stabil, penggunaan kartu kredit untuk membayar biaya rumah sakit sangat dapat menolong.

Beberapa kartu kredit dapat digunakan di luar negeri. Nah, hal ini lah yang menjadi salah satu keuntungan menggunakan kartu kredit yang ketiga. Kamu bisa menggunakan kartu kredit saat sedang berada di luar negeri dan dalam keadaan terdesak. Misalnya saja, kamu kekurangan budget karena harus memperpanjang waktu perjalanan karena tiba-tiba ada pekerjaan tambahan yang harus diselesaikan di negara tersebut. Kartu kredit dapat membantumu memberikan cadangan dana biaya hidup di negara tersebut.

Jadi, Untung atau Buntung, nih?

                        Penggunaan kartu kredit ini sebenarnya sangat tergantung pada pemakainya. Jika kamu adalah tipe orang yang sudah bisa disiplin dalam membatasi pengeluaran dan bisa membedakan mana yang prioritas dan yang hanya gelap mata, maka kartu kredit bisa sangat membantumu. Akan tetapi bila kamu belum bisa mengontrol money flow, sebaiknya hindari menggunakan kartu kredit ya! Jangan khawatir, hal ini bukan berarti kamu tidak boleh membeli barang-barang tersier atau kuarter kok. Kamu tetap bisa kok mendapatkan barang idaman kamu secara cash dengan berhemat, menabung dan memulai berinvestasi untuk mendapatkan income tambahan. Jangan khawatir, saat ini ada investasi yang bisa dimulai dengan dana awal kecil kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *