Kelebihan dan Kekurangan Berinvestasi Reksa Dana Pasar Uang

Kelebihan Berinvestasi Di Reksa Dana
Kelebihan Berinvestasi Di Reksa Dana
December 20, 2019
Reksa Dana Terproteksi Investasi Yang Boleh Dicoba
Reksa Dana Terproteksi, Investasi Yang Boleh Dicoba
February 12, 2020
Show all

Kelebihan dan Kekurangan Berinvestasi Reksa Dana Pasar Uang

Kelebihan dan Kekurangan Berinvestasi Reksa Dana Pasar Uang

Saat ini banyak sekali jenis instrumen investasi yang bisa dipilih dan digunakan, salah satunya adalah Reksa Dana. Investasi Reksa Dana sedang banyak diminati karena investasi ini termasuk mudah bahkan untuk masyarakat awam dengan pengetahuan investasi yang terbatas. Salah satu instrumen investasi Reksa Dana yang cocok bagi investor pemula adalah Reksa Dana pasar uang.

Reksa Dana pasar uang merupakan Reksa Dana yang mengalokasikan seluruh dananya pada instrumen pasar uang dalam negeri seperti Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito, dan/atau efek bersifat utang (obligasi) yang jatuh temponya di bawah 1 (satu) tahun.

Mengapa Berinvestasi di Reksa Dana Pasar Uang?

Ada banyak hal yang bisa menjadi dasar mengapa Anda harus menginvestasikan dana pada Reksa Dana pasar uang. Berikut beberapa diantaranya.

  • Tingkat risiko relatif rendah

Reksa Dana pasar uang dianggap tempat investasi yang dapat memberikan imbal hasil  stabil namun dengan tingkat risiko relatif rendah. Jika pasar saham sangat fluktuatif dan dirasa tidak aman, Anda bisa menginvestasikan dana Anda ke pasar uang. Hal ini karena Reksa Dana pasar uang dianggap memiliki risiko yang lebih kecil daripada investasi saham dan investasi jangka panjang.

  • Likuiditas Lebih Aman

Reksa Dana pasar uang menempatkan investasinya ke dalam instrumen pasar uang seperti deposito dan obligasi yang jangka waktu investasinya kurang dari 1 tahun. Instrumen pasar uang tersebut cenderung memiliki likuiditas yang lebih tinggi.

  • Jumlah Minimum Investasi Lebih Rendah

Dalam investasi Reksa Dana pasar uang, Anda bisa berinvestasi hanya dengan Rp 100 ribu. Tentu bagi Anda investor pemula dengan modal investasi yang tidak terlalu banyak, investasi ini sangat cocok. Jadi, sebelum berinvestasi dengan modal besar, Anda bisa coba berinvestasi dengan modal kecil seperti investasi Reksa Dana pasar uang.

  • Bisa redemption kapan saja

Kelebihan lain dari investasi ini adalah Anda bisa melakukan redemption secara fleksibel yakni tanpa menunggu jangka waktu atau jatuh tempo dan tanpa adanya denda atau biaya. Tentu hal ini sangat memudahkan dan sangat likuid.

Kekurangan Reksa             Dana Pasar Uang

Dalam investasi, imbal hasil dan risiko akan selalu berbanding lurus. Jika berpotensi memberikan imbal hasil besar, tentu risikonya juga akan mengikuti. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang ada pada Reksa Dana pasar uang.

  • Berisiko

Risiko yang ada pada investasi ini adalah karena perputaran uang di dunia pasar uang tidak pasti. Risiko kerugian juga bisa saja terjadi namun tidak akan terlalu besar karena sudah dibatasi dengan peraturan 10% (sepuluh persen) maksimal penyertaan di masing-masing pihak yang menerbitkan instrumen pasar uang atau efek tersebut..

  • Nilai Imbal Hasil Tidak Pasti

Jika deposito memiliki return atau imbal hasil yang jelas di awal, Reksa Dana pasar uang tidak bisa memastikan nilai imbal hasil yang diperoleh. Nilai return-nya akan terus berfluktuasi, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat yang besar juga bisa mengalami kerugian. Cerdaslah dalam berinvestasi. Reksa Dana yang benar tidak akan bisa menjanjikan imbal hasil pasti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *