Kenali dan Pahami Istilah dalam Investasi Reksa Dana

Mengenal Reksa Dana Manfaat Dan Risikonya
Mengenal Reksa Dana, Manfaat dan Risikonya
February 19, 2020
Tips Memulai Investasi Reksa Dana
Tips Memulai Investasi Reksa Dana
February 29, 2020
Show all

Kenali dan Pahami Istilah dalam Investasi Reksa Dana

Kenali dan Pahami Istilah dalam INvestasi Reksa Dana

Reksa Dana mungkin bukan merupakan kata yang asing lagi di telinga kita. Investasi ini memang tidak begitu familiar di masyarakat, berbeda dengan investasi saham atau deposito. Namun meskipun belum populer seperti jenis investasi lainnya, investasi Reksa Dana berkembang dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

            Investasi Reksa Dana saat ini banyak diminati oleh masyarakat sebagai pilihan investasi yang mudah, aman, dan terjangkau. Reksa Dana memberikan solusi agar Anda tidak perlu repot berinvestasi namun tetap mendapatkan potensi imbal hasil  yang memadai, jika prosesnya Anda lakukan dengan benar.

            Meskipun termasuk investasi yang mudah dan aman, sebagai investor Anda juga perlu tahu dan paham segala sesuatu yang berkaitan dengan Reksa Dana termasuk istilah-istilah yang sering digunakan. Apa saja istilah-istilah tersebut?

  • Manajer Investasi (MI)

Manajer Investasi (MI) merupakan pihak profesional yang mengelola dana para investor. Peran Manajer Investasi (MI) dalam Reksa Dana cukup penting karena pihak inilah yang mengelola dana investasi investor dalam Reksa Dana .Manajer Investasi wajib memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  • Portofolio Efek

Portofolio efek merupakan kumpulan efek yang menjadi underlying Reksa Dana, terdiri dari saham, obligasi, atau instumen pasar uang. Portofolio efek ini yang akan membentuk harga Reksa Dana atau yang kita kenal dengan sebutan Nilai Aktiva Bersih (NAB)..

  • Bank Kustodian

Bank Kustodian merupakan Bank Umum yang mendapatkan persetujuan OJK untuk memberikan jasa penitipan kolektif dan mengadministrasikan Reksa Dana.

  • Unit Penyertaan (UP)

Unit Penyertaan merupakan satuan ukuran yang menunjukkan jumlah penyertaan yang dimiliki oleh investor. Pada saat membeli Reksa Dana Anda akan mendapatkan Unit Penyertaan.

  • Nilai Aktiva Bersih (NAB)

NAB atau yang sering juga disebut sebagai Asset Under Management (AUM) merupakan jumlah dana yang dikelola dalam suatu Reksa Dana. NAB juga bisa menjadi gambaran kepercayaan investor meskipun hal ini bukan patokan standar. Artinya, semakin besar NAB maka semakin besar juga kepercayaan investor terhadap Reksa Dana tersebut.

  • Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan (NAB/UP)

NAB/UP merupakan Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan atau bisa juga diartikan sebagai harga atau nilai suatu Reksa Dana. NAB/UP menggambarkan nilai investasi yang bisa berubah-ubah setiap hari.

  • Prospektus

Prospektus merupakan informasi tertulis mengenai profil perusahaan, produk Reksa Dana, tata cara pembelian dan penjualan unit Reksa Dana hingga laporan keuangan tahunan yang menjadi gambaran investor atas suatu Reksa Dana perusahaan tersebut.

  • Kontrak Investasi Kolektif (KIK)

KIK merupakan kontrak antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian sebagai pihak yang mengikat Pemegang Unit Penyertaan. Dalam KIK Manajer Investasi diberi hak untuk mengelola portofolio efek dan Bank kustodion berhak untuk melaksanakan penitipan kolektif.

  • Subscription dan Redemption

Subscription adalah transaksi pembelian Unit Penyertaan Reksa Dana yang dilakukan oleh investor.

Redemption adalah transaksi penjualan kembali Unit Penyertaan Reksa Dana yang dilakukan oleh investor.

Bagaimana, sudah lebih paham sekarang? Yuk, coba berinvestasi Reksa Dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *