KENALI PROFIL RISIKO SEBELUM MEMULAI INVESTASI

Keunggulan Reksa Dana
September 4, 2019
Samakah NAV dengan NAB di Dunia Reksa Dana
September 11, 2019
Show all

KENALI PROFIL RISIKO SEBELUM MEMULAI INVESTASI

“Reksa Dana mana ya yang cocok buat saya?” atau “Saya pengen investasi di Reksa Dana Saham ah supaya keliatan keren, bulan depan saya jual lagi”. Pernyataan tersebut mungkin pernah kita dengar atau malah terbesit di pikiran kita di saat kita mau memulai investasi Reksa Dana. Eits, jangan terburu-buru dulu. Ternyata, sebelum memulai investasi Reksa Dana kita harus mengenal profil risiko kita dulu loh.

Ada tiga jenis profil risiko investasi. Setiap orang memiliki profil risiko yang berbeda, yang tentunya juga akan menentukan jenis produk Reksa Dana yang tepat untuk mereka, berikut ulasannya :

Konservatif

Profil risiko ini adalah investor yang menginginkan tingkat risiko kerugian y ang rendah dan cenderung berinvestasi untuk jangka pendek (≤ 1 tahun). Produk Reksa Dana yang tepat untuk pemilik profil risiko Konservatif adalah Reksa Dana Pasar Uang. Reksa Dana Pasar Uang adalah Reksa Dana yang menginvestasikan dananya sebagian besar pada produk-produk di pasar uang seperti deposito, Surat Perbendaharaan Negara (SPN), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dll.

Moderat

Investor yang menginginkan tingkat pengembalian relatif stabil dengan jangka waktu investasi 1-3 tahun memiliki profil risiko Moderat. Investor dengan profil risiko Moderat idealnya memilih jenis Reksa Dana Pendapatan Tetap, yang menginvestasikan dananya sebagian besar pada obligasi, baik obligasi korporasi maupun obligasi pemerintah. Pilihan kedua, jenis Reksa Dana yang cocok adalah Reksa Dana Campuran dimana  dana diinvestasikan pada berbagai macam Efek (seperti : deposito, saham, obligasi, dll). Alokasi aktiva didistribusikan pada investasi saham untuk tujuan pertumbuhan, obligasi untuk pendapatan, pasar uang untuk tunai dan stabilitas.

Agresif

Jika Anda memiliki orientasi untuk berinvestasi jangka panjang (di atas 3-5 tahun) dan menyukai risiko, maka Anda termasuk investor dengan profil risiko Agresif. Reksa Dana Saham merupakan pilihan tepat untuk Investor dengan profil risiko Agresif. Reksa Dana Saham mengalokasikan dananya sebagian besar pada saham-saham yang diperdagangkan di Bursa Efek. Jenis ini memberikan potensi tingkat pengembalian dan risiko yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya (high risk, high return).

Dari ketiga profil risiko di atas, Anda masuk ke tipe profil mana?

#yaREKSADANAaja

Sumber : PT Bank Mayora Selaku Agen Penjual Efek Reksa Dana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *