Ketahui Hak-hak Investor Reksa Dana

Reksa Dana Saham, Potensi Imbal Hasil Tinggi Tapi Risiko Besar?
Reksa Dana Saham, Potensi Imbal Hasil Tinggi Tapi Risiko Besar?
March 17, 2020
Apa Saja Tugas dan Kewajiban Manajer Investasi?
March 26, 2020
Show all

Ketahui Hak-hak Investor Reksa Dana

Ketahui Hak-hak Investor Reksa Dana

Investor atau pihak yang menanamkan modal pasti mempunyai hak dan kewajiban, termasuk pula dalam berinvestasi di Reksa Dana. Dalam Reksa Dana, hak dan kewajiban investor telah tertera dalam prospektus Reksa Dana atau kontrak investasi kolektif antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang mengikat pemegang Unit Penyertaan.

Ketika berinvestasi di Reksa Dana, kepemilikan Reksa Dana diwujudkan dalam Unit Penyertaan. Maka dari itu, bagian dalam prospektus yang berisi tentang hak investor biasanya termuat dalam judul ‘Hak-Hak Pemegang Unit Penyertaan’. Lalu apa saja hak-hak investor Reksa Dana?

  • Surat atau bukti konfirmasi kepemilikan Unit Penyertaan Reksa Dana

Hak pertama ini akan kita peroleh pada saat membeli Reksa Dana dimana kita akan diberikan surat atau bukti konfirmasi kepemilikanunit penyertaan Reksa Dana dari Bank Kustodian.Surat atau Bukti pembelian tersebut akan dikirimkan melalui alamat surat menyurat atau email dan didalamnya terdapat detail transaksi sebagai bukti pembelian. Bukti tersebut berisi nama produk, tanggal pembelian atau transaksi, nominal rupiah yang disetorkan, harga unit penyertaan Reksa Dana ketika pembelian, dan jumlah unit yang kita terima.

  • Laporan Berkala Investasi

Hak kedua, seorang investor Reksa Dana akan menerima berupa ringkasan kinerja atas Reksa Dana yang dimiliki, serta informasi jika terjadi penambahan atau pengurangan jumlah investasi pada Reksa Dana tersebut. Laporan ini diberikan secara berkala setiap bulannyaoleh Bank Kustodian kepada investor melalui alamat surat menyurat atau email.

  • Hak Menjual KembaliUnit Penyertaan Reksa Dana

Hak lain yang dimiliki investor Reksa Dana adalah Hak untuk menjual kembali Unit Penyertaan Reksa Dana yang dimilikinya. Sebagai investor anda cukup bebas dalam mengambil keputusan untuk menjual atau membeli Reksa Dana kapan pun.

  • Mendapatkan Laporan Terkait Informasi dan Transaksi Reksa Dana

Sebagai investor, anda berhak untuk mengetahui informasi apa pun berkaitan dengan Reksa Dana, khususnya dan informasi terkait pertumbuhan Reksa Dana. Informasi ini dapat anda peroleh melalui website Manajer Investasi, yang biasanya menyediakan informasi mengenai kepemilikan anda pada Reksa Dana. Bahkan saat ini investor juga dapat melihat nilai kepemilikan unit penyertaan setiap saat melalui AKSes KSEI.

  • Hak Pembagian Jika Reksa Dana  Dilikuidasi

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan Reksa Dana harus dibubarkan dan dilikuidasi. Jika hal ini terjadi maka sebagai investor anda memiliki hak pembagian harta atau pengembalian dana yang telah diinvestasi beserta keuntungan atau kerugiannya.

Kewajiban Investor Dalam Reksa Dana

Selain mengetahui hak-hak yang dimiliki, investor juga wajib mengetahui apa saja kewajiban dalam berinvestasi di Reksa Dana, terutama yang berkaitan dengan biaya.

Dalam Reksa Dana terdapat biaya-biaya yang menjadi beban pemegang Unit Penyertaan atau investor. Beberapa biaya yang dibebankan kepada investor dalam investasi Reksa Dana ialah:

  1. Biaya pembelian Unit Penyertaan;
  2. Biaya penjualan atau pengalihan Unit Penyertaan; dan
  3. Biaya transfer, serta pajak-pajak yang berkaitan dengan pemegang Unit Penyertaan (jika ada).

Selain biaya tersebut, terdapat biaya-biaya lain namun bukan menjadi beban investor melainkan dibebankan pada Reksa Dana, seperti biaya imbal jasa Manajer Investasi, imbal jasa Bank Kustodian, biaya transaksi efek, dan lain sebagainya.

Sedangkan biaya yang dibebankan pada Manajer Investasi, ialah biaya pembentukan Reksa Dana, imbal jasa konsultan hukum, akuntan, dan lainnya.

Sebagai investor yang cermat, anda harus tahu dan paham apa saja hak dan kewajiban anda sebagai investor Reksa Dana. Pengetahuan dan pemahaman tentang hak dan kewajiban ini juga dapat menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk berinvestasi di Reksa Dana. Semoga Bermanfaat!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *