Kiat-Kiat Investasi Reksa Dana Saham

reksa-dana-syariah
Reksa Dana Syariah
April 15, 2020
tips-aman-investasi-reksa-dana-online
Tips Aman Investasi Reksa Dana Online
April 29, 2020
Show all

Kiat-Kiat Investasi Reksa Dana Saham

kiat-kiat-investasi-reksa-dana-saham

Reksa Dana Saham merupakan salah satu produk Reksa Dana yang cukup banyak peminatnya. Faktor terbesar mengapa banyak investor yang tertarik pada produk investasi ini adalah karena potensi tingkat return atau imbal hasilnya yang tinggi.

Namun bagi anda yang baru ingin berinvestasi  pada  Reksa Dana saham ini jangan mudah tergiur dengan potensi imbal hasil yang tinggi, karena selalu ada risiko investasi yang mengikutinya Sebagai investor, anda juga harus tau bagaimana cara kerja Reksa Dana Saham  juga kiat-kiat dalam berinvestasi pada Reksa Dana ini.

Reksa Dana saham adalah salah satu jenis instrumen investasi Reksa Dana yang menempatkan dananya pada efek  saham dimana proses pembelian sahamnya tercatat langsung di Bursa Efek Indonesia dengan imbal hasil yang diperoleh dari kenaikan harga saham yang telah dibeli pada bursa.

Selain potensi imbal hasil yang tinggi, anda juga perlu pahami bahwa tingkat risikonya pun tinggi. Reksa Dana Saham (RDS) merupakan produk Reksa Dana yang menginvestasikan dananya minimal 80% asetnya pada  saham sedangkan sisanya yaitu 0%-20% bisa pada Obligasi atau instrumen Pasar Uang.

Kiat-kiat Berinvestasi Reksa Dana Saham

Berikut ini beberapa tips berinvestasi Reksa Dana Saham yang perlu diketahui sebelum mulai mengalokasikan dana.

  • Sesuaikan Dengan Profil Risiko

Sebelum melakukan investasi, profil risiko merupakan hal yang wajib diketahui setiap investor. Hal ini karena profil risiko berpengaruh dalam penentuan produk  Reksa Dana yang sesuai, berdasarkan tingkat imbal hasil  yang diharapkan dan  tingkat risiko yang mampu kita tanggung.

Pada dasarnya prinsip investasi ialah tingkat risiko akan berbanding lurus dengan potensi return yang diperoleh. Jika ingin mendapatkan potensi return  yang tinggi, maka juga harus berani menghadapi risiko yang tinggi pula.

Untuk Reksa Dana saham, kita harus siap mengalami untung dan rugi bahkan dalam angka yang besar. Profil risiko investor yang cocok dengan Reksa Dana saham ialah tipe agresif yang berani mengambil risiko tinggi (risk taker). Investor dengan profil risiko agresif siap kehilangan sebagian besar bahkan seluruh dana investasinya demi imbal hasil besar yang diharapkan.

  • Investasi Jangka Panjang

Reksa Dana saham merupakan investasi jangka panjang yang sifatnya sangat fluktuatif. Maka dari itu , kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal jika berinvestasi untuk jangka panjang. Yang dimaksud jangka panjang adalah di atas lima tahun. Jika tujuan keuangan anda   jangka panjang misalnya untuk membeli rumah  10 tahun ke depan atau untuk menyiapkan masa pensiun, anda bisa memilih Reksa Dana Saham.

  • Rutin Berinvestasi

. Jika modal kita sangat kecil, maka penting untuk disiplin dan rutin berinvestasi agar tujuan investasi dapat dicapai secara optimal. Anda bisa melakukan investasi secara berkala dengan nilai nominal yang sama selama jangka waktu tertentu.

Agar bisa disiplin dan rutin berinvestasi, anda bisa menggunakan fitur auto debet, atau debet otomatis dari rekening anda setiap bulan. Fitur ini sudah banyak tersedia di bank atau marketplace investasi untuk sejumlah produk Reksa Dana.

  • Investasi bukan trading

Yang perlu diketahui, investasi berbeda dengan trading. Investasi ialah menanam modal agar dana yang kita miliki bertumbuh dalam jangka waktu tertentu dan tidak instan. Bersabarlah dan berinvestasilah sesuai dengan rencana tujuan keuangan anda. Nah, itulah kiat-kiat berinvestasi Reksa Dana saham yang dapat anda terapkan. Reksa Dana saham bisa anda gunakan sebagai alternatif investasi jangka panjang untuk mencapai tujuan keuangan anda. Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *