Mekanisme Investasi Reksa Dana

tips-mudah-dan-aman-beli-reksa-dana
Tips Mudah dan Aman Beli Reksa Dana
August 12, 2020
pihak-pihak-yang-terlibat-dalam-reksa-dana
Pihak-pihak yang Terlibat dalam Reksa Dana
August 26, 2020
Show all

Mekanisme Investasi Reksa Dana

mekanisme-investasi-reksa-dana

Semakin dewasa ini, masyarakat Indonesia semakin melek investasi. Salah satu instrumen investasi yang sekarang ini banyak diminati adalah Reksa Dana.

Reksa Dana merupakan wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat yang selanjutnya dana tersebut dikelola oleh Manajer Investasi dalam portofolio efek. Apa itu Portofolio efek? Portofolio efek merupakan kumpulan efek pasar modal seperti saham, obligasi, dan instrument pasar uang seperti deposito. Yang menarik dari investasi Reksa Dana ialah Reksa Dana membuat kita tak perlu repot bolak-balik melihat pergerakan harga saham atau melakukan monitoring sendiri. Karena dalam Reksa Dana semua dana investor akan dikelola oleh Manajer Investasi.

Pengelolaan Reksa Dana yang dilakukan Manajer Investasi harus sesuai dengan kebijakan investasi yang telah ditetapkan dalam Kontrak Investasi Kolektif (KIK), dan tentunya wajib sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. Manajer Investasi inilah yang juga memutuskan untuk membeli, menjual atau mempertahankan portofolio efek yang menjadi underlying Reksa Dana.

Selain itu, dalam Reksa Dana ini Manajer Investasi akan melakukan diversifikasi investasi yang berarti akan menempatkan dana ke berbagai efek atau instrument pasar uang, dan tidak bisa hanya ke satu efek saja. Diversifikasi ini bertujuan untuk membagi risiko sehingga pergerakannya lebih stabil.

Jika hanya ditempatkan pada satu efek saja, ketika mengalami loss maka semua dana mengalami kerugian. Berbeda jika melakukan diversifikasi atau dana diinvestasikan ke berbagai efek. Jika satu efek mengalami kerugian, maka bisa jadi efek lain mengalami keuntungan sehingga risiko terbagi. Tentu sistem kerja seperti ini cukup bagus untuk investor pemula yang belum mahir dalam berinvestasi mandiri.

Kelebihan Investasi Reksa Dana

Kelebihan Reksa Dana diantaranya ialah:

  • Dana investasi dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional dan ahli di bidangnya.
  • Dana investasi akan diversifikasi dalam portofolio efek  untuk meminimalisir risiko investasi.
  • Minimal investasi kecil. Saat ini investasi Reksa Dana bisa sangat mudah dan murah karena Anda bisa mulai investasi hanya dengan modal Rp10 ribu.
  • Manajer Investasi secara berkala memberikan informasi terkait perkembangan nilai investasi, sehingga para pemegang Unit Penyertaan atau investor bisa memantau imbal hasil, dan risiko setiap saat.
  • Memiliki fitur autodebet yang memudahkan investor jika ingin melakukan top up secara rutin setiap bulan.
  • Jenis Reksa Dana beragam dan bisa Anda sesuaikan dengan profil rsiko dan tujuan investasi Anda.
  • Selain kelebihan Reksa Dana seperti yang disebutkan di atas, Reksa Dana juga memiliki risiko yang harus diketahui dan dipahami oleh investor sebelum memutuskan berinvestasi Reksa Dana, seperti risiko berkurangnya NAB dan risiko likuiditas.

Secara garis besar, mekanisme investasi Reksa Dana ialah:

  1. Masyarakat atau calon investor berinvestasi di Reksa Dana dengan cara membeli Unit Penyertaan Reksa Dana melalui Manajer Investasi atau APERD atau gerai penjualan Reksa Dana. Investor dalam Reksa Dana dikenal dengan sebutan Pemegang Unit Penyertaan (PUP).
  2. Dana investasi investor dalam Reksa Dana selanjutnya dikelola oleh Manajer Investasi dalam portofolio efek. Artinya ialah dana kelolaan tersebut diinvestasikan ke dalam berbagai efek pasar modal seperti saham, obligasi, serta instrumen pasar uang, sesuai dengankebijakan investasi yang telah ditetapkan dalam KIK.
  3. Investor menerima laporan perkembangan kepemilikan Unit Penyertaan Reksa Danadari Bank Kustodian secara berkala..Investor juga dapat melakukan monitoring mandiri atas perkembangan nilai investasi Reksa Dananya melalui website atau platform online Manajer Investasi/APERD/gerai, bisa juga melalui fasilitas AKSes KSEI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *