Memahami Reksa Dana Dari Prospektus dan Fund Fact Sheet

Reksa Dana Campuran, Bagaimana Cara Kerjanya?
Reksa Dana Campuran, Bagaimana Cara Kerjanya?
March 27, 2020
Kenali 4 Jenis Reksa Dana Sebelum Berinvestasi
Yuk Kenali 4 Jenis Reksa Dana Sebelum Berinvestasi
March 31, 2020
Show all

Memahami Reksa Dana Dari Prospektus dan Fund Fact Sheet

Dalam berinvestasi, sebagai investor sangat perlu untuk mengetahui dan memahami  jenis investasi apa yang akan dipilih. Investasi bagaikan ‘’kendaraan’’ yang akan membawa anda pada tujuan keuangan. Investasi keuangan sendiri banyak macamnya, salah satunya adalah Reksa Dana. Sebelum berinvestasi di Reksa Dana, kita perlu terlebih dahulu mencari tahu apa itu Reksa Dana.

Berdasarkan Pasal 1 angka 27 Undang-Undang No. 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal, Reksa Dana merupakan wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Seperti halnya kendaraan yang memiliki manual book atau petunjuk penggunaan, memilih investasi di Reksa Dana pun juga memerlukan tools untuk memudahkan kita dalam memilih Reksa Dana yang tepat.  Salah satu caranya adalah dengan melihat dan membaca Prospektus dan fund fact sheet Reksa Dana Segala informasi yang berkaitan dengan Reksa Dana umumnya dapat anda temukan dalam Prospektus dan fund fact sheet.

Prospektus

Sebelum berinvestasi di Reksa Dana,  anda harus memiliki pemahaman yang utuh mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan produk Reksa Dana yang akan dipilih. Prospektus Reksa Dana adalah suatu dokumen yang memuat rincian informasi secara lengkap mengenai sebuah produk Reksa Dana; mulai dari pembentukan Reksa Dana hingga keterangan penyebarluasan prospectus dan formulir pembelian unit penyertaan Reksa Dana serta pembubaran atau likuidasi Reksa Dana.Dalam prospektus juga berisi informasi tentang Manajer Investasi sebagai pengelola dana serta Bank Kustodian sebagai tempat menyimpan uang para investor Reksa Dana. Selain itu, prospektus Reksa Dana memuat rincian kewajiban dan hak investor, informasi profil risiko dan kebijakan pengelolaan dana Reksa Dana, termasuk di dalamnya biaya-biaya yang dibebankan, contohnya biaya pembelian, biaya penjualan, biaya pengalihan dan biaya-biaya lainnya, serta berisi tentang penjelasan mengenai prospektus, apakah prospektus pertama atau pembaruan.

Saat ini dengan kemudahan investasi Reksa Dana online,  anda dapat mengecek dan membaca prospektus secara online dan dapat di download di masing-masing website Manajer Investasi. Manajer Investasi wajib memastikan investor membaca, memahami  prospektus tersebut sebelum memilih dan berinvestasi di suatu produk Reksa Dana. Kewajiban tersebut terdapat dalam formulir pembelian Reksa Dana, atau jika kita membeli secara online, terdapat kolom persetujuan dan perlu kita beri tanda centang sebelum kita bisa melanjutkan transaksi.

Fund fact sheet

Selain prospektus, untuk memahami dan mengenali produk Reksa Dana, investor juga perlu membaca keterangan ringkas produk Reksa Dana yang termuat dalam fund fact sheet. Fund fact sheet adalah ringkasan informasi produk reksa dana yang diterbitkan oleh perusahaan Manajer Investasi yang berisi tentang kinerja produk Reksa Dana, informasi jumlah dana kelolaan, dan informasi portofolio. Fund fact sheet biasanya hanya terdiri dari 1 sampai 2 halaman dan diterbitkan pada bulan berikutnya, misalnya jika saat ini bulan Februari maka fund fact sheet yang terbaru adalah bulan Januari.

Bagian Fund fact sheet umumnyaterdiri dari berbagai macam informasi seperti keterangan mengenai Manajer Investasi, Bank Kustodian, APERDm alokasi aset kelolaan, profil produk, kinerja historis, portofolio efek dan lain-lain.

Bagian pertama fund fact sheet berisi informasi mengenai Manajer Investasi mulai dari ulasan atau gambaran Manajer Investasi, informasi mengenai Bank Kustodian dan APERD (jika ada). Selain itu, terdapat informasi, tujuan dan kebijakan pengelolaan dana agar investor dapat mengetahui jenis Reksa Dana serta strategi investasi yang digunakan oleh Manajer Investasi dalam mengelola Reksa Dana tersebut.

Profil produk, pada umumnya berisi informasi mengenai tanggal penawaran/ penerbitan Reksa Dana, jumlah dana kelolaan atau assets under management (AUM). Semakin besar nominal dana kelolaannya menunjukkan kepercayaan investor terhadap produk tersebut dan juga manajer investasinya.

.

Pada bagian alokasi aset kelolaan, terdapat informasi batasan investasi atau pada instrument investasi apa saja produk Reksa Dana berinvestasi. 5 Top Holding ialah lima penempatan portfolio terbesar berdasarkan posisi di akhir bulan lalu.   Selain ketiga hal tersebut, fund fact sheet juga terdapat informasi kinerja historis dengan berbagai satuan waktu, yakni 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, year to date (dari 1 Januari sampai hari ini) 1 tahun, 3 tahun, dan kinerja sejak penerbitan (sinceinception). Pihak Manajer Investasi biasanya mencantumkan angka Compound Annual Growth Rate (CAGR) atau angka kinerja (return) yang disetahunkan. Ada pula informasi pembanding kinerja atau performance benchmarking antara produk Reksa Dana dengan suatu indeks, Misalkan jika produk reksadana saham akan dibandingkan dengan kinerja IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) Bursa Efek Indonesia.Bagaimana sudah paham? Jangan lupa baca dan pahami prospektus dan fund fact sheet sebelum memilih produk Reksa Dana. Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *