Mempersiapkan Dana Pensiun Melalui Reksa Dana

Karakteristik Reksa Dana Terproteksi
October 16, 2019
Mewujudkan Pernikahan Lewat Reksa Dana - Bijak Memilih Investasi
Mewujudkan Pernikahan Lewat Reksa Dana – Bijak Memilih Investasi
November 6, 2019
Show all

Mempersiapkan Dana Pensiun Melalui Reksa Dana

Reksa Dana adalah pilihan investasi selain tabungan yang cukup menguntungkan. Sejarahnya, Reksa Dana memberikan imbal hasil yang lebih tinggi daripada deposito di jangka panjang.

Reksa Dana adalah sebuah wadah penghimpunan dana dari investor untuk kemudian dikelola oleh MI (Manajer Investasi) dengan diinvestasikan ke beberapa instrumen investasi. Dibedakan dari instrumen investasi serta proporsi untuk setiap instrumen, Reksa Dana dapat dibagi menjadi Reksa Dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham.

Jangka Waktu Investasi dan Jenis Reksa Dana yang Tepat

Seperti yang telah disebutkan di atas, Anda harus mengetahui jangka waktu Anda menuju ke usia pensiun. Jangka waktu tersebut merupakan jangka waktu investasi yang Anda miliki. Untuk mempersiapkan dana pensiun melalui Reksa Dana, Anda harus menyesuaikan dengan jangka waktu investasi.

Untuk jangka waktu singkat (kurang dari 1 tahun), bisa menggunakan Reksa Dana pasar uang. Untuk jangka waktu sedang, antara 1-3 tahun, bisa beriinvestasi di Reksa Dana pendapatan tetap. Sedangkan jika Anda membutuhkan dana di dalam 3-5 tahun, bisa di Reksa Dana campuran. Untuk waktu melebihi 5 tahun, maka lebih baik berinvestasi pada Reksa Dana saham.

Keuntungan Mempersiapkan Dana Pensiun Melalui Reksa Dana

  1. Cukup Likuid

Likuiditas Reksa Dana cukup tinggi, ini berarti Anda dapat dengan mudah menjual kembali investasi tersebut untuk mendapatkan sejumlah uang. Karena tidak ada yang dapat memprediksi kapan risiko akan terjadi, likuiditas dapat menjadi salah satu faktor yang penting dalam memilih jenis investasi.

  • Aman

Selain diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, kepemilikan Reksa Dana adalah atas nama pribadi Anda.

Dengan fitur ini, keamanan Reksa Dana lebih terjamin, karena sebuah proses tidak dapat berjalan tanpa verifikasi dari Anda.

  • Dibantu Oleh Tenaga Profesional

Manajer Investasi yang mengelola Reksa Dana adalah ahli di bidangnya dan sudah berpengalaman.

Mereka akan mengelola dana Anda dengan profesional, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *