Mengelola Keuangan Dengan Berinvestasi Reksa Dana

Baca dan Pahami Fund Fact Sheet Sebelum Berinvestasi Reksa Dana
July 30, 2020
seminar-reksa-dana-banjarmasin-2019
Seminar “Reksa Dana Sebagai Investasi Masa Depan yang Mudah dan Terjangkau” di Hotel Mercure Banjarmasin, 8 Agustus 2019
August 8, 2020
Show all

Mengelola Keuangan Dengan Berinvestasi Reksa Dana

mengelola-keuangan-dengan-berinvestasi-reksa-dana

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan bagi seseorang yang melakukan investasi adalah pengelolaan keuangan yang baik. Tidak mudah melakukan pengelolaan keuangan saat memutuskan untuk berinvestasi. Pengelolaan keuangan sendiri berarti seluruh proses dari mulai penganggaran, penghematan, pengeluaran hingga investasi.

Melakukan investasi merupakan salah satu manajemen keuangan yang baik  karena tujuan investasi sendiri ialah mengembangkan uang dari waktu ke waktu. Berinvestasi merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan manfaat dari uang yang kita miliki.

Investasi dapat  dilakukan dengan berbagamacam cara, salah satunya berinvestasi di Reksa Dana. Investasi Reksa Dana bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin berinvestasi namun tidak mahir melakukan aktifitas investasi mandiri. Karena Reksa Dana sendiri merupakan wadah kolektif atau kumpulan dana masyarakat yang dikelola oleh Manajer Investasi. Selanjutnya dana tersebut diinvestasikan dalam portofolio efek seperti obligasi, saham, dan instrumen pasar uang

            Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam berinvestasi, Anda harus memastikan kondisi keuangan sehat dan mengelolanya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips mengelola keuangan saat Anda memutuskan untuk berinvestasi.

  • Tidak Memiliki Hutang

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, pastikan bahwa kondisi keuangan sehat, tandanya ialah bahwa Anda tidak memiliki hutang yang belum dilunasi. Mengapa? karena pada dasarnya, memenuhi kewajiban (hutang) lebih penting sebelum Anda mengambil manfaat dari investasi.

  • Menggunakan Idle Money atau Dana Menganggur

Setelah memastikan tidak memiliki hutang dan semua kebutuhan anda telah tercukupi, Anda bisa melakukan investasi dengan dana menganggur atau idle money.

Jadi, prinsipnya ialah jangan sampai investasi yang Anda lakukan justru mengganggu keuangan Anda untuk kebutuhan primer.

  • Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, pastikan Anda menentukan tujuan investasi yang jelas. Jangan hanya berinvestasi untuk coba-coba saja. Lebih baik jika Anda tentukan tujuan investasi, untuk pendidikan anak atau dana pensiun misalnya. Dengan tujuan investasi yang jelas maka Anda dapat lebih mantap berinvestasi.

  • Pilih Jangka Waktu Investasi

Tentukan target jangka waktu investasi untuk memenuhi tujuan investasi anda, apakah jangka pendek, menengah atau jangka panjang.

Short term atau jangka pendek, ialah tujuan investasi yang hendak Anda capai dalam kurun waktu kurang dari setahun. Contohnya biaya renovasi rumah, membeli mobil atau motor, hingga liburan.

Medium term atau jangka menengah ialah tujuan investasi yang hendak Anda penuhi dalam waktu tiga hingga lima tahun. Contohnya ialah biaya umroh, beli property dan lain sebagainya.

Sedangkan long term atau jangka panjang, merupakan tujuan investasi yang ingin Anda capai dalam waktu lebih dari lima tahun. Contohnya adalah dana pensiun, dana pendidikan anak dan lainnya.

  • Lakukan Top Up Secara Disiplin dan Bertahap

Dalam berinvestasi konsistensi merupakan hal yang tak kalah penting. Anda bisa berinvestasi secara disiplin dan bertahap meskipun dalam jumlah kecil. Dengan investasi secara disiplin dan bertahap, lambat laun Anda akan dapat melakukan pengelolaan keuangan melalui investasi Reksa Dana.

Tidak mudah memang mengatur keuangan dan memutuskan untuk berinvestasi. Hal ini membutuhkan kedisiplinan, konsisten dan yakin akan hasil yang di dapat. Yuk, mulai berinvestasi untuk mewujudkan impian di masa depan. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *