Mengenal Reksa Dana, Manfaat dan Risikonya

Reksa Dana Terproteksi Investasi Yang Boleh Dicoba
Reksa Dana Terproteksi, Investasi Yang Boleh Dicoba
February 12, 2020
Kenali dan Pahami Istilah dalam INvestasi Reksa Dana
Kenali dan Pahami Istilah dalam Investasi Reksa Dana
February 26, 2020
Show all

Mengenal Reksa Dana, Manfaat dan Risikonya

Mengenal Reksa Dana Manfaat Dan Risikonya

Reksa Dana, istilah yang tidak asing di dengar namun tidak semua orang tahu dan paham apa itu Reksa Dana. Berdasarkan Undang-undang Pasar Modal, Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi.

Sebenarnya Reksa Dana termasuk produk investasi yang mudah dipahami bahkan oleh orang awam sekalipun. Cara berinvestasi Reksa Dana ialah dengan membeli unit penyertaan Reksa Dana, yang kemudian Reksa Dana tersebut akan dikelola oleh Manajer Investasi ke dalam sebuah portofolio investasi yang bisa berupa saham, obligasi, atau instrumen pasar uang lainnya.

Reksa Dana merupakan salah satu investasi yang cukup aman dan bisa memberikan potensi imbal hasil yang maksimal jika dikelola dengan baik. Jika kamu adalah tipe orang yang berani dalam mengambil risiko, tidak ada salahnya jika memilih Reksa Dana sebagai salah satu instrumen investasi.

Dalam berinvestasi di Reksa Dana kamu tidak perlu repot mengelola Dana, karena nantinya ada Manajer Investasi profesional yang akan mengelola dana tersebut untuk dikembangkan. Terlebih lagi saat ini investasi di Reksa Dana lebih mudah dengan adanya sistem online, dimana kamu bisa membeli dan melakukan berbagai tindakan seperti top-up, menjual dan tindakan lainnya.

Manfaat Investasi Reksa Dana

Berinvestasi melalui Reksa Dana juga memiliki berbagai manfaat.  Selain dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional, Reksa Dana juga memiliki manfaat lainnya yakni:

Pertama, adanya diversifikasi investasi. Diversifikasi investasi merupakan istilah dari penyebaran investasi yang terwujud dalam portofolio dimana dapat mengurangi risiko investasi tersebut. Diversifikasi investasi ini membuat risiko pada investasi Reksa Dana lebih kecil dibandingkan jika berinvestasi secara individu.

Kedua, transparansi informasi. Investasi Reksa Dana ini memiliki transparansi informasi dalam perkembangan potofolio . Investor dapat memantau  imbal hasil yang diperoleh serta risiko yang bisa terjadi.

Ketiga, menjamin adanya likuiditas yang tinggi. Maka dari itu, pemodal tetap bisa mencairkan lagi unit penyertaan yang dimilikinya setiap waktu.

Keempat,  biaya yang rendah. Investasi Reksa Dana ini terdiri dari kumpulan Dana yang berasal dari banyak investor sehingga biaya investasi lebih efisien.

Risiko Investasi Reksa Dana

Meskipun memiliki banyak manfaat, sama halnya dengan jenis investasi lain, Reksa Dana juga memiliki risiko yang perlu diperhatikan. Untuk meminimalisir risiko, sangat penting bagi kamu memahami risiko yang mungkin bisa terjadi, salah satunya adalah risiko dibubarkan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan Reksa Dana dibubarkan, diantaranya yaitu:

  1. Diperintahkan oleh Otoritas Jasa Keuangan
  2. Dana kelolaan Reksa Dana Rp10 miliar dalam waktu 90 hari bursa setelah Reksa Dana efektif
  3. Total NAB Reksa Dana kurang dari Rp10 miliar selama 120 hari bursa berturut-turut;
  4. Manajer Investasi dan Bank Kustodian telah sepakat untuk membubarkan Reksa Dana.

Dapat dilihat bahwa kinerja yang buruk dapat mengakibatkan Reksa Dana dibubarkan. Oleh karena itu, investor perlu memilih Reksa Dana dengan kinerja yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisa data nilai aktiva bersih dari Reksa Dana itu sendiri dan track record dari Manajer Investasi yang mengelola Reksa Dana tersebut.   

Pelajari, pahami, dan pertimbangkan setiap manfaat dan risiko yang ada dalam berinvestasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menekan risiko dan kerugian yang bisa terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *