Menimbang Manfaat dan Risiko Investasi Reksa Dana

Ini-dia-seluk-beluk-reksa-dana-syariah-yang-perlu-diketahui
Ini Dia Seluk Beluk Reksa Dana Syariah Yang Perlu Diketahui
July 23, 2021
Show all

Menimbang Manfaat dan Risiko Investasi Reksa Dana

menimbang-manfaat-dan-risiko-investasi-reksa-dana

Sebelum berinvestasi, sebagai investor kita harus tahu semua informasi tentang investasi yang akan kita lakukan. Termasuk jika ingin berinvestasi pada Reksa Dana maka hal terpenting sebelum memulai berinvestasi adalah mencari tahu segala hal tentang Reksa Dana dan mempertimbangkan tentang manfaat dan juga risiko investasi Reksa Dana.

Reksa Dana sendiri merupakan alternatif investasi yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Reksa Dana dikelola oleh Manajer Investasi, dan dana investasinya disimpan dan diadministrasikan oleh Bank Kustodian terpisah dari rekening Manajer Investasi dan Bank Kustodian itu sendiri.  Dalam mengelola Reksa Dana, Manajer Investasi menempatkan dana investasi ke dalam portofolio efek seperti saham, obligasi, dan/atau instrument pasar uang .

Reksa Dana memiliki beberapa jenis berdasarkan komposisi portofolio efeknya. Masing-masing jenis Reksa Dana memiliki tingkat return dan risiko investasi yang berbeda. Namun secara umum, Reksa Dana memiliki manfaat dan juga risiko investasi yang harus dipertimbangkan.

Manfaat Reksa Dana

  • Dikelola oleh Manajer Investasi

Keunggulan atau manfaat berinvestasi Reksa Dana ialah dana Anda dikelola oleh Manajer Investasi (MI) yang memiliki keahlian khusus dalam bidang pengelolaan investasi. Jadi, Anda tak perlu khawatir meskipun tidak memiliki cukup waktu dan pengetahuan mengelola investasi, Anda tetap bisa berinvestasi. Namun bukan berarti Anda jadi tidak harus memahami mengenai Reksa Dana. Sebelum berinvestasi Reksa Dana, Anda harus paham mekanisme dan cara kerja Reksa Dana. Pertimbangkan hal-hal seperti pengalaman MI, rekam jejak MI, kinerja MI, kinerja Reksa Dana, dan sebagainya sebelum memilih MI dan Reksa Dana. Cek juga nilai investasi dan kinerja Reksa Dana secara berkala.

  • Adanya Diversifikasi investasi

Pada Reksa Dana, dana yang Anda investasikan dikelola dengan mekanisme diversifikasi. Diversifikasi ialah membagi investasi agar tidak terfokus hanya pada satu instrumen tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi dengan menyebarkan risiko ke berbagai instrumen investasi. Reksa Dana berisikan portofolio efek yang terdiri dari beberapa efek dan/atau instrumen pasar uang yang komposisinya tergantung dari jenis Reksa Dana.

  • Mudah dan Likuid

Reksa Dana termasuk investasi yang likuid atau mudah melakukan pencairan dana. Investor dapat dengan mudah menjual  kembali Unit penyertaan Reksa Dana. Saat ini sudah banyak terdapat aplikasi atau portal transaksi online penjualan Reksa Dana milik Manajer Investasi, APERD, maupun Gerai Penjualan yang bisa diakses dimana saja secara online. Potensi Return

Reksa Dana termasuk ke dalam investasi yang cukup diminati masyarakat . karena potensi returnnya Reksa Dana bisa dijadikan pilihan investasi jangka panjang untuk berbagai tujuan keuangan.

Risiko Reksa Dana

Sama dengan jenis investasi lainnya, Reksa Dana  juga memiliki risiko yang bisa saja terjadi, diantaranya:

  • Risiko Penurunan Nilai Investasi

Risiko yang paling mungkin terjadi pada Reksa Dana ialah mengalami penurunan nilai investasi (nilai aktiva bersih). Penurunan ini disebabkan oleh banyak hal seperti kondisi pasar  saham melemah, menurunnya kinerja emiten atau perusahaan, kondisi ekonomi suatu negara dan faktor-faktor lainnya.

  • Risiko Pasar

Hampir sama dengan sebelumnya, risiko pasar ini bisa terjadi ketika harga instrumen investasi yang menjadi portofolio efek Reksa Dana mengalami penurunan dikarenakan kondisi pasar .

  • Risiko Likuiditas

Pada Reksa Dana risiko likuiditas ini tetap bisa saja terjadi. Risiko likuiditas adalah risiko dimana Manajer Investasi tidak dapat membayarkan dana hasil penjualan kembali unit penyertaan Reksa Dana kepada investor. Risiko ini bisa terjadi jika ada faktor negatif yang terjadi seperti efek dalam portofolio Reksa Dana sulit untuk dicairkan. Risiko Default

Risiko default ini bisa terjadi ketika obligasi yang menjadi underlying Reksa Dana default, dimana emiten tidak mampu memenuhi kewajibannya kepada investor.

Investasi Reksa Dana termasuk alternatif pilihan investasi yang cukup baik bagi investor. Manfaat dan risiko yang ada pada Reksa Dana diatas dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan memilih investasi yang sesuai dengan apa yang Anda butuhan. Semoga bermanfaat!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *