Menuai Berkah bersama Reksa Dana Syariah

lebih-baik-mana-investasi-saham-atau-reksa-dana-saham
Lebih Baik Mana, Investasi Saham atau Reksa Dana Saham?
June 3, 2021
apa-arti-nab-dalam-investasi-reksa-dana
Apa Arti NAB dalam Investasi Reksa Dana?
June 9, 2021
Show all

Menuai Berkah bersama Reksa Dana Syariah

menuai-berkah-bersama-reksa-dana-syariah

Dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki peluang besar untuk mengembangkan produk-produk syariah, termasuk produk keuangan dan investasi. Saat ini bukan hanya produk perbankan, produk investasi syariah juga sudah mulai berkembang,

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) telah menciptakan regulasi mengenai pasar modal syariah di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan industri keuangan syariah.

Salah satu investasi syariah yang saat ini semakin digandrungi masyarakat adalah Reksa Dana syariah. Reksa Dana syariah merupakan jenis investasi di mana seluruh prosesnya harus memenuhi syarat syar’i. Mengingat semakin berkembangnya Reksa Dana syariah ini, maka kali ini kita  akan membahas mengenai Reksa Dana syariah agar masyarakat tetap bisa berinvestasi dengan penuh berkah.

Keistimewaan Reksa Dana Syariah

Perbedaan mendasar antara Reksa Dana syariah dengan konvensional ialah prinsip-prinsip islami dalam semua mekanismenya. Perbedaan lainnya, yakni terletak pada manajemen portofolio, screening (penyaringan), dan cleansing (pembersihan). Lalu apa saja keistimewaan Reksa Dana syariah?

  • Berinvestasi pada efek yang termasuk dalam Daftar Efek Syariah

Daftar Efek Syariah atau biasa disingkat DES adalah kumpulan efek syariah yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau diterbitkan oleh pihak penerbit DES. Kriteria efek yang masuk dalam DES diantaranya saham yang diterbitkan emiten/perusahaan publik syariah, saham yang diterbitkan emiten/perusahaan publik yang tidak melakukan kegiatan dan jenis usaha yang bertentangan dengan prinsip Syariah di pasar modal, rasio total utang berbasis bunga tidak lebih dari 45% total asset, dan sebagainya.

  • Diawasi Dewan Pengawas Syariah

Selain diawasi oleh OJK, Reksa Dana syariah juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). DPS bertanggung jawab memberikan nasihat dan saran serta mengawasi pemenuhan prinsip Syariah di pasar modal terhadap pihak yang melakukan kegiatan Syariah di pasar mosal.

  • Adanya Proses Cleansing

Demi menjaga kehalalannya, Reksa Dana syariah juga memiliki proses cleansing yaitu proses pembersihan dari segala hal yang bertentangan dengan prinsip Syariah di pasar modal yang dapat mengganggu status kehalalan dana investasi tersebut. Dari proses cleansing ini, menjadikan Reksa Dana syariah bukan hanya berpijak pada keuntungan namun juga menjaga keberkahan di dalamnya.  Hal ini yang tidak terdapat pada produk Reksa Dana konvensional.

Reksa Dana Syariah hadir untuk menjadi pilihan investasi syariah bagi Anda yang ingin berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan juga keberkahan. Bagaimana? Berniat untuk berinvestasi Reksa Dana Syariah? Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *