Menyiapkan Biaya Nikah Dengan Investasi Reksa Dana? Bisa Dong!

5-tanya-jawab-seputar-investasi-reksa-dana-part-2
5 Tanya Jawab Seputar Investasi Reksa Dana, Part 2
August 12, 2021
Show all

Menyiapkan Biaya Nikah Dengan Investasi Reksa Dana? Bisa Dong!

menyiapkan-biaya-nikah-dengan-investasi-reksa-dana-bisa-dong

Salah satu kebutuhan penting yang perlu disiapkan biayanya adalah biaya pernikahan. Karena biayanya yang terbilang cukup besar, tidak jarang yang menyiapkannya dari jauh hari..

Besaran biaya pernikahan setiap orang berbeda-beda tergantung pada kelengkapan pesta pernikahan yang dilakukan. Meskipun di  masa pandemi seperti saat ini, pernikahan tetap membutuhkan biaya besar. Bisa puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

            Salah satu rencana keuangan yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan biaya pernikahan adalah dengan berinvestasi Reksa Dana, Berikut ini beberapa tips memulai investasi Reksa Dana untuk biaya menikah.

  • Tentukan Jenis Pesta Pernikahan Yang Diinginkan

Ada banyak sekali jenis pesta pernikahan yang bisa  Anda pilih dan sepakati oleh pasangan. Jenis pesta pernikahan ini harus jelas di awal. Misalnya Anda ingin pesta pernikahan yang meriah dengan tamu yang banyak atau hanya pesta pernikahan yang sederhana yang hanya mengundang keluarga dan kerabat dekat.

Tema outdoor, indoor, di gedung atau di lingkungan rumah tentu memiliki estimasi biaya yang berbeda. Pastikan dulu konsep dan jenis pesta pernikahan yang  Anda inginkan.

  • Buat Rincian Biaya Yang Diperlukan

Jika sudah menentukan jenis dan konsep pesta pernikahan maka selanjutnya adalah membuat rincian biaya yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan pesta pernikahan tersebut.  Anda bisa membuat rincian biaya untuk masing-masing post seperti biaya sewa gedung, catering, wedding organizer (WO) dan lain-lain atau bisa juga mencari vendor yang sudah menyiapkan paket pesta pernikahan seperti yang  Anda inginkan. Dalam membuat rincian biaya, jangan lupa juga sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda dan tambahkan biaya cadangan untuk biaya keperluan yang tak terduga. Dari rincian biaya ini, Anda bisa menentukan perkiraan jumlah biaya pernikahan yang menjadi tujuan investasi Anda.

  • Tentukan Jangka Waktu Mengumpulkan Uang

Langkah selanjutnya adalah menentukan waktu Anda berinvestasi untuk mencapai tujuan investasi tersebut, yaitu biaya pernikahan.. Misalnya  Anda berencana untuk  menikah dalam waktu 3 tahun mendatang, maka Anda dapat berinvestasi selama 3 tahun untuk mencapai tujuan tersebut.. Akan lebih baik lagi jika jangka waktu investasi Anda lebih cepat dari target waktu pernikahan Anda karena beberapa biaya pernikahan seperti sewa gedung dan catering memerlukan DP atau uang muka.

  • Pilih Jenis Reksa Dana yang Sesuai dengan Tujuan Investasi dan Profil Risiko

Pilih jenis Reksa Dana yang sesuai dengan tujuan investasi Anda. Misalnya, untuk tujuan investasi biaya pernikahan Rp 100 juta dalam waktu 3 tahun mendatang, dapat memilih jenis Reksa Dana pendapatan tetap atau Reksa Dana campuran. Tentunya harus mempertimbangkan profil risiko diri pribadi. Reksa Dana pendapatan tetap atau Reksa Dana campuran bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki profil risiko moderat. Hitung Besaran Investasi

Selanjutnya, hitunglah besaran investasi per bulan yang harus Anda lakukan. Untuk mempermudah, Anda dapat menggunakan simulasi perhitungan investasi yang tersedia di berbagai website atau aplikasi Manajer Investasi, APERD, atau gerai penjualan Reksa Dana. Tentunya simulasi tersebut hanya alat untuk mempermudah Anda dalam memperkirakan besaran investasi setiap bulan untuk mencapai target investasi Anda, bukan menjadi jaminan akan tercapainya tujuan investasi Anda. Jika berdasarkan perkiraan, Anda belum mampu untuk melakukan investasi sebesar yang diperhitungkan, mungkin Anda harus mempertimbangkan kembali konsep pernikahan yang Anda pilih, sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Karena seyogyanya dalam berinvestasi, dana yang Anda gunakan bukanlah dana untuk kebutuhan hidup sehari-hari, bukan juga dana darurat.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan biaya pernikahan dengan berinvestasi  Reksa Dana. Semoga Anda bisa mewujudkan rencana pernikahan sesuai dengan yang Anda  inginkan tanpa utang. Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *