Menyiapkan Dana Pendidikan Untuk Buah Hati, Asuransi, Tabungan Pendidikan atau Reksa Dana ya?

Pilih Emas atau Reksa Dana Ya?
April 18, 2019
Jangan Ragu Berinvestasi, Reksa Dana Kini Ada yang Terproteksi
April 23, 2019
Show all

Menyiapkan Dana Pendidikan Untuk Buah Hati, Asuransi, Tabungan Pendidikan atau Reksa Dana ya?

Memiliki buah hati tentu saja idaman setiap pasangan yang baru menikah. Tidak hanya melengkapi keluarga, namun juga menambah riuh ramai bahagia dengan tawa Buah Hati membuat rumah makin berwarna. Nah, buat Sobat Reksa Dana yang saat ini baru menikah dan berencana segera punya anak. Sebelum Buah Hati terlahir, ada baiknya Sobat Reksa Dana mulai mencatat kebutuhan-kebutuhannya nih, seperti kebutuhan pokok, kebutuhan kesehatan hingga kebutuhan jangka panjang seperti dana pendidikan. Sering sekali calon orang tua lupa akan persiapan dana pendidikan ini. Meskipun terkesan masih lama, ternyata menyiapkan biaya pendidikan Buah Hati sejak dini itu penting loh. Hal ini karena biaya pendidikan selalu meningkat setiap tahun. Angka kenaikan biaya pendidikan pun tidak main-main nih, bisa mencapai 10% hingga 20% pertahun. Dengan kata lain, biaya pendidikan bisa menjadi dua kali lipat lebih mahal saat Sobat Reksa Dana akan mulai mendaftarkan Buah Hati bersekolah.

Berbicara mengenai dana pendidikan, umumnya para orang tua memilih asuransi atau tabungan pendidikan. Akan tetapi, perlu ada yang diperhatikan jika Sobat Reksa Dana memilih asuransi atau tabungan pendidikan nih, yaitu adanya laju inflasi dan bunga dalam jumlah kecil yang dijanjikan. Dari fakta tersebut, pasti akan muncul pertanyaan “apakah menyiapkan dana pendidikan dengan kedua pilihan tersebut dapat menutup kebutuhan pendidikan anak di masa depan?” Jika Sobat Reksa Dana memilih satu diantara kedua pilihan tersebut, tentu jawabanya tidak akan cukup.

Salah satu alternatif yang dapat dimanfaatkan adalah Reksa Dana. Reksa Dana saat ini dapat menjadi pilihan untuk Sobat sebagai salah satu investasi alternatif persiapan dana pendidikan anak. Imbal hasil Reksa Dana rata-rata memberikan hasil jauh diatas bunga tabungan bahkan deposito, belum lagi jika terkena dampak inflasi. Melirik kebutuhan akan dana pendidikan Buah Hati, Sobat Reksa Dana dapat memilih Reksa Dana Saham. Kenapa memilih Reksa Dana Saham? Ini karena jenis investasi ini merupakan investasi Reksa Dana dengan masa investasi panjang kurang lebih dalam kurun waktu 5 tahun. Jadi, pada saat Buah Hati mulai bersekolah, dana yang kita masukkan sebagai investasi sudah dapat dimanfaatkan.

Untuk memulai berinvestasi Reksa Dana, hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah saat memilih Manajer Investasi. Manajer Investasi adalah manajemen profesional pengelola produk investasi seperti Reksa Dana Saat ini sudah cukup banyak Manajer Investasi yang dapat dipilih untuk melakukan investasi Reksa Dana. Namun, jangan sembarang memilih ya Sobat Reksa Dana. Pertimbangkan kinerja masa lalu perusahaan, riwayat perusahaan Manajer Investasi, serta bacalah prospektus Reksa Dana sebelum membeli Reksa Dana. Hal yang tidak boleh terlewatkan, perusahaan Manajer Investasi yang Sobat pilih juga harus memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan ya. Hal ini untuk menghindari adanya investasi ilegal yang merugikan investor. Berdasarkan pertimbangan yang ada, dapat disimpulkan bahwa Reksa Dana bisa menjadi pilihan terbaik untuk mempersiapkan dana pendidikan Buah Hati. Yuk mulai berinvestasi dari sekarang!

Sumber: finansialku.com/ https://www.finansialku.com/menyiapkan-dana-pendidikan/22-03-2015/Di akses pada 25-03-2019, 09.30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *