Mewujudkan Pernikahan Lewat Reksa Dana – Bijak Memilih Investasi

Mempersiapkan Dana Pensiun Melalui Reksa Dana
October 22, 2019
Karakteristik Reksa Dana Terproteksi
November 13, 2019
Show all

Mewujudkan Pernikahan Lewat Reksa Dana – Bijak Memilih Investasi

Mewujudkan Pernikahan Lewat Reksa Dana - Bijak Memilih Investasi

Mewujudkan sebuah pernikahan yang sakral dan mewah merupakan impian semua pasangan karena ini akan menjadi catatan sejarah seseorang dalam memulai sebuah kehidupan baru dari lajang atau single menjadi berpasangan dan diharapkan menjadi yang pertama dan terakhir. Kesiapan seseorang yang akan menikah tidak hanya sebatas mental saja, tetapi juga soal keuangan. Apalagi, tiap tahunnya biaya pernikahan selalu meningkat dan karena itu perencanaan keuangan untuk sebuah pernikahan adalah sesuatu yang perlu dilakukan agar impian pernikahan bisa terlaksana.

Menurut pakar perencanaan keuangan dari ZAP Finance, Rini Triastuti, pernikahan merupakan salah satu tujuan investasi baik bagi mereka yang sudah memiliki pasangan maupun mereka yang masih melajang. Walaupun banyak pernikahan yang sebagian besar dananya disediakan oleh orang tua, tidak menutup kemungkinan ada juga pasangan yang memutuskan untuk membiayai pernikahan mereka sendiri. “Bagi para pasangan yang menyiapkan pernikahan mereka dengan dana sendiri, maka perlu diperhatikan biaya-biaya apa saja yang akan dikeluarkan dan hal ini butuh perencanaan keuangan yang matang,”ujarnya.

Rini menambahkan, bagi yang sudah memiliki pasangan dan merencanakan akan menikah, ada baiknya pasangan saling jujur mengenai kondisi finansial masing-masing agar dapat dilakukan pengaturan mengenai berapa jumlah yang harus dipersiapkan masing-masing. Menurutnya, dengan mengetahui kualitas finansial masing-masing individu, diharapkan dapat lebih bijak mengatur anggaran dan kebutuhan dalam persiapan pernikahan. “Oleh karena itu, bagi yang masih melajang disarankan pula agar sudah melakukan persiapan dana pernikahan mereka dan memasukkan pernikahan sebagai salah satu tujuan investasi,” ungkapnya.

Dirinya menyarankan, bagi pasangan atau yang masih melajang yang ingin mengumpulkan dana sedikit demi sedikit, disarankan untuk melakukan perencanaan sejak 2-3 tahun sebelumnya agar peluang untuk tercapainya target dana lebih besar. Hal senada juga disampaikan pakar perencana keuangan AFC Financial, Lisa Soemarto. Membuat perencanaan keuangan pernikahan sejak dini dinilai lebih penting dibandingkan harus meminjam uang ketika menikah sehingga harus menyicil setelahnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan dana pernikahan adalah dengan mengalokasikannya ke investasi ketimbang menabung di rekening biasa.

Lisa juga menyarankan, sebaiknya investasi ini disiapkan oleh diri sendiri dan jangan bergantung pada pasangan. Pasalnya, investasi tidak mengenal gender ataupun tujuan tapi yang terpenting adalah jangka waktu. Jadi saat akan berinvestasi untuk menikah, pikirkan kapan perkiraan waktu menikah karena hal itu juga menentukan produk investasinya. Kemudian, lanjut Lisa, hal lain yang juga penting adalah mempersiapkan tabungan pernikahan yang sebaiknya disiapkan sejak pertama kali memiliki pekerjaan dan gaji tetap. “Tidak perlu menunggu ketika kita sudah memiliki pasangan untuk mempersiapkan dana pernikahan. Idealnya, kita mempersiapkan tabungan menikah sejak pertama kali bekerja dan mendapat gaji tetap atau minimal 2 tahun sebelum menikah,” ujarnya.

Kalau tabungan di bank tidak cukup, kata Lisa, bisa berinvestasi dengan menyesuaikan jangka waktu rencana pernikahan. “Tentukan rencana nikah berapa tahun lagi, berapa anggarannya pada saat ini dan berapa nilainya nanti setelah dihitung dengan inflasi. Jika masih 2 tahun lagi, investasikan di logam mulia. Jika 2-3 tahun lagi, pilih Reksa Dana pendapatan tetap. Lalu, untuk 4-5 tahun pilih Reksa Dana campuran. Nah, jika masih di atas 5 tahun bisa Reksa Dana saham,” tuturnya.

Pilih Reksa Dana

Memilih investasi Reksa Dana untuk biaya menikah, dirasakan oleh vokalis band Nidji, Giring Ganesha. Dirinya menceritakan pengalamannya hobi berinvestasi yang dinilai banyak keuntungan yang didapatnya dari disiplin berinvestasi sejak usia muda. Ada dua produk reksa dana favorit bagi Giring yaitu Reksa Dana saham dan Reksa Dana pendapatan tetap. Berbagai keuntungan pun dirasakan olehnya.”Saya nikah, biaya pernikahan sampai DP rumah dari hasil reksadana,” kata Giring.

Diakuinya, investasi lewat Reksa Dana sudah dilakukan sejak lama. Mengapa pilih Reksa Dana, kata Giring, relatif lebih aman karena disebarkan pada berbagai produk investasi lainnya. Giring bercerita keputusannya untuk berinvestasi berawal dari kebiasaannya berfoya-foya. Menurutnya, popularitas adalah anugrah dan bencana dalam waktu bersamaan. Sang ibu kemudian mengingatkannya untuk menginvestasikan pendapatan yang diperoleh Giring dari honornya sebagai vokalis band. Giring kemudian menetapkan goal dalam kehidupannya adalah memiliki keluarga yang bahagia, memberi kehidupan dan pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya.”Bahkan sebelum saya ketemu dengan istri saya, saya sudah berinvestasi untuk anak-anak saya. Reksa Dana menurut saya adalah yang paling cocok untuk pemula,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *