Nilai Asset Under Management (AUM) Menjamin Kinerja Reksa Dana?

tips-aman-investasi-reksa-dana-online
Tips Aman Investasi Reksa Dana Online
April 29, 2020
5-kesalahan-investasi-reksa-dana-yang-wajib-dihindari-investor-pemula
5 Kesalahan Investasi Reksa Dana yang Wajib Dihindari Investor Pemula
May 13, 2020
Show all

Nilai Asset Under Management (AUM) Menjamin Kinerja Reksa Dana?

nilai-asset-under-management-aum-menjamin-kinerja

AUM atau Asset Under Management merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan ketika memilih Reksa Dana. Sebelum berinvestasi, investor biasanya akan melihat AUM ini apakah jumlah AUM Reksa Dana tersebut termasuk tinggi atau tidak. Bisa dikatakan bahwa jumlah AUM yang tinggi bisa menggambarkan tingginya ketertarikan investor di Reksa Dana tersebut.

Dalam berinvestasi Reksa Dana, sebagai investor pasti sering mendengar istilah dana kelolaan atau Asset Under Management (AUM). Apa yang dimaksud dengan Asset Under Management (AUM) ?

Asset Under Management (AUM) atau dana kelolaan Reksa Dana ialah total nilai asset Reksa Dana yang dikelola oleh Manajer Investasi. Istilah AUM juga biasa disebut dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB) suatu produk Reksa Dana.

Nilai AUM tidak ada batas maksimumnya, sehingga bisa saja mencapai triliunan rupiah. Akan tetapi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam peraturannya Nomor23/POJK.04/2016 tentang Reksa Dana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif, menetapkan batasan minimal dana kelolaan suatu Reksa Dana sebesar Rp10 miliar.

AUM menjadi indikator penting bagi investor karena ada dua alasan yang mendasarinya. Pertama, investor berhak atas transparannya kinerja Manajer Investasi yang sebenarnya dari waktu ke waktu. Banyak perusahaan Manajer Investasi membandingkan ukuran AUM mereka dengan jumlah AUM pesaing sebagai tolak ukur keberhasilan. Maka dari itu, pengungkapan yang akurat sangat penting sebagai evaluasi kinerja Manajer Investasi .

Kedua, banyak juga perusahaan Manajer  Investasi yang membebankan biaya manajemen yang sama dengan persentase tetap AUM. Maka dari itu, penting bagi investor untuk mengetahui bagaimana perusahaan menghitung AUM.

Asset Under Management (AUM) Jadi Tolak Ukur Kinerja Reksa Dana?

AUM secara tidak langsung bisa dijadikan sebagai indikator ukuran kepercayaan investor terhadap produk Reksa Dana atau Manajer Investasi yang mengelolanya.

Namun demikian, investor juga perlu tahu bahwa semakin besar dana kelolaan maka juga akan menyulitkan Reksa Dana tersebut untuk bermanuver. Dalam hal ini, Manajer Investasi akan lebih sulit untuk mengubah strategi, mengatur banyaknya efek yang ada dalam portofolio (saham atau obligasi), atau menukar portofolio.

Jika Reksa Dana dengan nilai AUM besar ingin menukar portofolionya, Manajer Investasi harus melakukannya secara bertahap. Oleh karena itu, pergerakan  portofolio Reksa Dana besar akan memakan waktu lebih lama. Selain  AUM, hal yang paling penting untuk diperhatikan sebelum memilih Reksa Dana adalahreputasi Manajer Investasi. Cek pengalaman dan track record Manajer Investasi, dan pilih Reksa Dana sesuai dengan tujuan investasi. Singkatnya, AUM merupakan cara yang baik untuk menilai popularitas juga kinerja Reksa Dana. Akan tetapi itu tidak mutlak memengaruhi keputusan kita untuk berinvestasi karena ada banyak faktor lain yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih Manajer Investasi dan Reksa Dana dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *