Obligasi atau Reksa Dana Pendapatan Tetap?

hal-yang-harus-diketahui-saat-berinvestasi-reksa-dana-pendapatan-tetap
Hal Yang Harus Diketahui Saat Berinvestasi Reksa Dana Pendapatan Tetap
September 16, 2020
seminar-reksa-dana-bali-26-september-2019
Seminar “Reksa Dana Sebagai Investasi Masa Depan yang Mudah dan Terjangkau” di Bali, 26 September 2019
September 26, 2020
Show all

Obligasi atau Reksa Dana Pendapatan Tetap?

obligasi-atau-reksa-dana-pendapatan-tetap

Setiap instrumen investasi tentu memiliki kelebihan juga kekurangan masing-masing. Sebagai contoh instrumen Obligasi dan Reksa Dana Pendapatan Tetap. Kedua instrumen ini mirip namun tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa digunakan sebagai patokan untuk investor memilih mana yang lebih baik.

  • Penerbit

Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh negara, BUMN, BUMD, atau bisa juga perusahaan swasta. Jadi, ketika Anda membeli obligasi PT ABC, itu artinya Anda memberikan dana pinjaman kepada PT ABC.

Sedangkan Reksa Dana pendapatan tetap ialah produk investasi yang diterbitkan dan dikelola oleh perusahaan Manajer Investasi, dimana didalamnya terdiri dari minimal 80% efek-efek bersifat utang. Di dalam produk Reksa Dana pendapatan tetap terdapat beragam obligasi, jadi tidak hanya satu. Ketika Anda berinvestasi di Reksa Dana pendapatan Tetap, maka Anda memberikan pinjaman ke berbagai perusahaan dengan sistem mendiversifikasikan risiko.

  • Waktu dan tempat pembelian

Untuk obligasi, semisal ORI, investor ritel atau individu hanya bisa membeli ORI yang diterbitkan langsung oleh pemerintah Republik Indonesia pada saat penawaran perdana secara online atau mitra distribusi. waktu penjualan kembali/pencairannya pun terbatas hanya ada pada waktu-waktu tertentu.

Sementara Reksa Dana pendapatan tetap dapat dibeli dan dijual Kembali kapan pun, melalui manajer investasi atau bisa melalui Agen Penjual Efek Reksa Dana atau gerai penjualan Reksa Dana. Saat ini pun terdapat berbagai pilihan Portal Transaksi Online Reksa Dana yang membuatmu dapat melakukan transaksi Reksa Dana kapan dan dimana saja.

  • Jumlah Investasi Minimum

Untuk bisa investasi di Obligasi Anda membutuhkan dana yang lebih besar. Obligasi Ritel Indonesia (ORI) \ ditawarkan kepada investor ritel/individu WNI dengan dana minimal Rp1 juta.. Sedangkan pada Reksa Dana pendapatan tetap, dengan dana minimal Rp 10rb Anda sudah bisa mulai berinvestasi.

  • Manfaat

Pada investasi obligasi, penerbit akan membayarkan kupon (bunga) secara berkala dan akan melunasi utangnya ketika obligasi jatuh tempo. Angka atau jumlah kuponnya sudah ditentukan di awal, misalnya 6% per tahun namun investor masih dibebankan dengan pajak.

Imbal hasil pada Reksa Dana pendapatan tetap juga tidak jauh beda dengan imbal hasil pada ORI. Hanya saja, investor pada Reksa Dana pendapatan tetap sudah tidak dibebankan pajak. Dan Reksa Dana Pendapatan Tetap menerapkan metode diversifikasi untuk meminimalisir risiko kerugian pada Reksa Dana, dimana diharapkan jika satu efek obligasi pada Reksa Dana Pendapatan Tetap mengalami penurunan harga, masih ada efek obligasi atau efek bersifat utang lainnya yang mengalami peningkatan harga.

  • Tingkat Risiko

Antara Obligasi dengan Reksa Dana pendapatan tetap, keduanya memiliki risiko investasi.Pada investasi Obligasi Pemerintah atau ORI, terdapat jaminan dari pemerintah RI. Jadi, risikonya tergolong rendah. Sedangkan pada Obligasi korporasi, potensi risiko gagal bayarnya lebih besar.

Sementara pada Reksa Dana pendapatan tetap, dana investasi yang masuk ke Reksa Dana akan ditempatkan pada beragam efek obligasi, jadi potensi risikonya dapat diminimalisir (diversifikasi).  Investasi Reksa Dana pendapatan tetap memiliki tingkat risiko yang menengah.

  • Pajak

Untuk investasi Obligasi, ada beban pajak 15% dari kupon yang dibebankan oleh pemerintah kepada investor. Sedangkan pada Reksa Dana pendapatan tetap, investor tidak dikenakan pajak.

Itulah beberapa hal yang menjadi pembeda dan pembanding antara Obligasi dengan Reksa Dana pendapatan tetap. Jadi mana yang lebih sesuai untuk Anda? Selamat berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *