Pihak-pihak yang Terlibat dalam Reksa Dana

mekanisme-investasi-reksa-dana
Mekanisme Investasi Reksa Dana
August 19, 2020
hal-hal-yang-mempengaruhi-kinerja-reksa-dana
Hal-hal yang Mempengaruhi Kinerja Reksa Dana
August 28, 2020
Show all

Pihak-pihak yang Terlibat dalam Reksa Dana

pihak-pihak-yang-terlibat-dalam-reksa-dana

Bagaimanakah cara kerja Reksa Dana? Siapa saja pihak yang terlibat dalam Reksa Dana?

Seperti yang kita ketahui bahwa Reksa Dana merupakan suatu wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat (investor) yang selanjutnya dikelola oleh Manajer Investasi dalam portofolio efek.

Pihak-pihak Yang Terlibat Dalam Reksa Dana

  • Kontrak Investasi Kolektif (KIK)

KIK adalah bentuk hukum Reksa Dana, berupa kontrak antara Manajer Investasi sebagai pengelolaportofolio efekdan Bank Kustodian sebagai penitipan efek Reksa Dana, yang mengikat pemegang unit penyertaan Reksa Dana.

  • Manajer Investasi (MI)

Manajer Investasi adalah perusahaan yang telah mendapatkan izinOtoritas Jasa Keuangan sebagai pengelola portofolio efek Reksa Dana.

  • Bank Kustodian (BK)

Bank Kustodian adalah bank umum yang memberikan jasa penitipan efek Reksa Dana, termasuk melakukan administrasi terhadap efek tersebut, seperti pembukuan, perhitungan NAB, dan sebagainya. Dalam menjalankan kegiatan usahanya, Bank Kustodian wajib mendapatkan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan sebagai Bank Kustodian

  • Agen Penjual Efek Reksa Dana APERD)

Agen Penjual Efek Reksa Dana, atau sering disebut dengan singkatan APERD adalah pihak yang melakukan penjualan Reksa Dana berdasarkan kontrak kerja sama dengan Manajer Investasi. APERD bisa berupa bank, perusahaan sekuritas, perusahaan efek yang khusus memasarkan Reksa Dana.

  • Gerai penjualan

Gerai penjualan efek Reksa Danaadalah pihak yang memiliki jaringan yang luas, bekerja sama dengan MI dan/atau APERD untuk melakukan penjualan Reksa Dana.

Itulah ulasan mengenai pihak-pihak yang terlibat dalam Reksa Dana. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *