Pilih Mana, Reksa Dana Saham Atau Reksa Dana Pasar Uang?

kapan-dan-bagaimana-mencairkan-reksa-dana
Kapan dan Bagaimana Mencairkan Reksa Dana?
May 27, 2020
informasi-seputar-reksa-dana-pendapatan-tetap
Informasi Seputar Reksa Dana Pendapatan Tetap
June 3, 2020
Show all

Pilih Mana, Reksa Dana Saham Atau Reksa Dana Pasar Uang?

pilih-mana-reksa-dana-saham-atau-reksa-dana-pasar-uang

Reksa Dana saham dan Reksa Dana pasar uang merupakan jenis Reksa Dana yang cukup populer dikalangan masyarakat. Kedua jenis Reksa Dana  ini memiliki kekurangan dan kelebihan yang menjadi daya tarik sendiri. Namun mana yang lebih menarik, Reksa Dana Saham atau Reksa Dana Pasar Uang?

Perbedaan antara Reksa Dana saham dan Reksa Dana pasar uang ialah pada pengelolaan dananya. Investasi Reksa Dana saham difokuskan untuk produk-produk saham. Sedangkan Reksa Dana pasar uang difokuskan untuk membeli  pasar uang misalnya deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia atau SBI, sertifikat deposito maupun obligasi jangka pendek di bawah 1 tahun.

Reksa Dana Saham untuk Investor yang Berani Mengambil Risiko (Agresif)

Reksa Dana saham dikenal sebagai jenis Reksa Dana yang sangat fluktuatif namun memberikan potensi imbal hasil  tinggi. Reksa Dana Saham bisa menjadi pilihan  bagi anda yang profil risiko agresif dan memiliki tujuan investasi jangka Panjang. Tips berinvestasi pada Reksa Dana ini ialah lakukan secara konsisten dan jangka Panjang. Jangan mudah tergiur untuk menarik investasi ketika ada kenaikan harga. Kecuali jika anda mempunyai kebutuhan mendesak yang tidak bisa Anda hindari.

Reksa Dana Pasar Uang untuk Investor yang Menghindari Risiko (Konservatif)

Jika anda merupakan tipe investor yang lebih cenderung menghindari risiko atau biasa disebut konservatif, maka Reksa Dana Pasar Uang bisa menjadi pilihan. Investasi Reksa Dana Pasar Uang pas bagi Anda yang lebih cari aman dalam berinvestasi. Terutama untuk investor pemula, akan lebih bijak jika Anda mencoba jenis investasi dengan risiko rendah, seperti Reksa Dana Pasar Uang ini.

Kelebihan dari jenis Reksa Dana ini ialah tidak terdapat biaya pembelian maupun biaya penarikan (penjualan kembali). Reksa Dana Pasar Uang juga bisa  ditujukan bagi Anda yang bertujuan untuk ‘berjaga-jaga’ yakni untuk dana darurat. Kestabilan yang dimiliki produk Reksa Dana Pasar Uang membuatnya menjadi pilihan menarik untuk dana darurat.

Namun di sisi lain, Anda harus rela jika potensi imbal hasilnya tidak sebesar  Reksa Dana Saham. High risk high return, low risk low return.

Reksa Dana Saham atau Reksa Dana Pasar Uang, Mana yang lebih pas? Untuk menentukan mana yang lebih baik antara Reksa Dana saham atau Reksa Dana Pasar Uang ialah dengan menyesuaikan profil risiko dan tujuan keuangan Anda. Pemilihan jenis investasi tergantung pada investing style-nya karena setiap orang memiliki investing style masing-masing. Jadi, mana yang lebih cocok untuk Anda? Selamat Berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *