Reksa Dana Campuran Untuk Tujuan Investasi Kamu

seminar-reksa-dana-bali-26-september-2019
Seminar “Reksa Dana Sebagai Investasi Masa Depan yang Mudah dan Terjangkau” di Bali, 26 September 2019
September 26, 2020
Show all

Reksa Dana Campuran Untuk Tujuan Investasi Kamu

reksa-dana-campuran-untuk-tujuan-investasi-kamu

Reksa Dana campuran bisa dikatakan jenis Reksa Dana yang tidak begitu populer di Indonesia. Karena mayoritas investor lebih tertarik untuk berinvestasi pada Reksa Dana saham, pendapatan tetap atau Reksa Dana pasar uang. Padahal, jenis Reksa Dana campuran termasuk pilihan investasi yang ideal bagi investor yang mudah galau dan bimbang ketika memilih investasi.

Saat berinvestasi, menentukan jenis produk investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Sayangnya, investor terutama investor baru sering kali mengabaikan hal tersebut karena terpancing emosi dalam berinvestasi.

Contohnya, ketika melihat harga saham yang terus naik, kita jadi mudah tergiur untuk meningkatkan porsi investasi di Reksa Dana saham. Padahal, alokasi dana untuk Reksa Dana jenis saham sudah tinggi sehingga hal ini juga akan menambah risiko portofolio investasi kita. Hal ini juga bisa terjadi dalam hal menjual aset karena terpancing emosi dan panik terhadap fluktuasi harga terutama pada efek saham.

Disiplin dan mengambil tindakan yang sesuai dengan tujuan investasi kita adalah penting. Jika kamu termasuk investor yang sering galau dan bimbang memilih jenis Reksa Dana, Reksa Dana campuran bisa jadi pilihan yang tepat.

Reksa Dana campuran melakukan investasi pada efek saham, obligasi, dan/atau instrumen pasar uang masing-masing maksimal 79%, dimana dalam portofolio Reksa Dana campuran tersebut wajib terdapat efek saham dan obligasi.

Pada praktiknya, strategi investasi Reksa Dana campuran cukup beragam. Ada yang porsi sahamnya lebih besar, ada yang porsi obligasinya lebih besar, dan ada pula yang porsi setiap efeknya berimbang. Untuk itu, investor perlu mencermati terlebih dahulu kebijakan investasi yang diterapkan dalam Reksa Dana campuran, agar bisa menyesuaikan dengan profil risiko dan tujuan investasi.  

Reksa Dana Campuran Yang Alokasi Investasinya Lebih Besar Pada Efek Obligasi Dan Instrumen Pasar Uang

Kebijakan investasi yang diterapkan pada Reksa Dana campuran ini adalah lebih banyak berinvestasi pada efek obligasi dan instrumen pasar uang. Reksa Dana ini tetap mengalokasikan dana pada efek saham, namun alokasinya cukup minim. Semisal alokasi pada efek obligasi dan pasar uang hingga 75% dari NAB, dan sisanya 25% ditempatkan pada efek saham.

Jika Anda adalah investor yang mencari potensi pengembalian lebih tinggi dari Reksa Dana pasar uang namun tetap berhati-hati dengan risiko, Anda bisa mencoba Reksa Dana campuran yang menerapkan kebijakan investasi ini.

Reksa Dana Campuran Yang Alokasi Investasinya Berimbang Pada Setiap Efek

Reksa Dana campuran ini umumnya melakukan penempatan dana dengan porsi yang seimbang antara efek saham,  obligasi, instrumen pasar uang. Jika dibandingkan dengan Reksa Dana campuran sebelumnya, Reksa Dana ini memiliki risiko yang lebih tinggi (karena porsi instrumen saham lebih besar) namun juga memberikan potensi pengembalian yang lebih tinggi.

Reksa Dana campuran dengan kebijakan investasi seperti ini bisa menjadi pilihan bagi investor dengan profil risiko sedang atau yang telah memiliki cukup pengalaman.

Reksa Dana Campuran Yang Alokasi Investasinya Lebih Besar Pada Efek Saham

Reksa Dana ini memiliki risiko yang cukup tinggi karena sebagian besar dana ditempatkan pada efek saham. Penempatan pada  saham bisa mencapai 70 persen dari total dana investasi dan sisanya dialokasikan padaefek obligasi dan instrumen pasar uang.

Reksa Dana campurandengan kebijakan investasi seperti ini lebih cocok bagi investor yang banyak pengalaman dan mampu menerima risiko yang cukup tinggi.

Reksa Dana Campuran Yang Alokasi Investasinya Dinamis

Reksa Dana campuran ini dikelola secara dinamis artinya alokasi dan penempatan dana tidak mutlak dan tergantung pada pandangan Manajer Investasi atas kondisi dan fundamental dari masing-masing efek tersebut. Namun masih tetap sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku yaitu maksimal 79% atas masing-masing efek dan/atau instrumen pasar uang.

Itulah beberapa strategi investasi Reksa Dana campuran yang dapat dipilih dan sesuaikan dengan profil risiko dan tujuan investasi kamu. Selamat Berinvestasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *